8 Motif Keramik Teras Rumah yang Estetik, Berasa di Penginapan Cozy

Keramik teras

Teras merupakan wajah bagi sang pemilik rumah. Karenanya, penting untuk mendekorasi teras supaya cantik dan nyaman. Salah satu hal penting yang tak boleh terlewat saat mendekorasi teras ialah memilih motif untuk keramik teras. Meski sering diabaikan, nyatanya keramik lantai teras depan dapat menambah estetika ‘wajah’ rumah, meskipun motif dan desainnya nggak kelihatan seperti rumah mewah yang sering muncul dalam televisi.

Advertisement

Ada banyak motif yang bisa dipilih, mulai dari yang polosan hingga bergambar atau berpola pun semuanya ada. Kalau kamu sendiri, sukanya keramik teras rumah yang seperti apa? Jika belum ada gambaran, model keramik di bawah ini bisa dijadikan referensi yang tepat untukmu!

1. Keramik teras warna hitam sering digunakan di rumah yang lantainya diinjak alias nggak lepas sandal. Alasannya sih supaya kalau kotor nggak kelihatan

keramik teras

keramik teras warna hitam | credit: berkshire

Pada lantai teras bertema all black ini kamu bisa menggunakan keramik kasar yang terbuat dari marmer atau batuan alami  lainnya. Kesan simpel dan sejuk akan makin terasa jika kamu mau mengombinasikannya dengan batuan atau karpet rumput sintetis yang ditempatkan di sekelilingnya. Karena warnanya gelap, motif ini juga cocok digunakan sebagai keramik untuk garasi.

2. Gunakan keramik teras motif batu palimanan jika kamu menginginkan tampilan yang lebih natural dan menenangkan

keramik teras motif batuan | credit: roasterbangunan

Selain digunakan di kamar mandi, motif batu palimanan ternyata juga cocok dipakai sebagai keramik depan rumah. Berkat penggunaan keramik ini, area teras rumah jadi terkesan lebih natural dan alami, sehingga bikin betah berlama-lama. Untuk mempercantik tampilan terasnya, kamu bisa menempatkan kursi teras bermaterial kayu supaya unsur hangatnya makin terasa. Wah, cocok nih jadi tempat minum teh sore hari.

Advertisement

3. Penggunaan keramik teras motif kayu dapat memberi kesan hangat di area depan rumah

keramik teras kayu | credit: recognizealeader

Jika dilihat dari warnanya, sekilas motif kayu ini mirip dengan batu alam, tapi berbeda tekstur dan guratannya. Meski begitu, keduanya sering disandingkan untuk menghiasi teras depan rumah supaya tampak lebih natural. Baru-baru ini keramik motif kayu juga mulai dilirik untuk dijadikan lantai dasar kamar tidur. Katanya sih bikin nuansa kamar jadi lebih tenang dan hangat.

4. Supaya tampilan keramik warna hitam di rumahmu nggak monoton, coba padukan dengan warna lain biar konsepnya jadi monokrom seperti ini

keramik teras

keramik teras monokrom | credit: londonmosaic

Keramik teras motif monokrom ini dapat membuat tampilan ‘wajah’ rumah jadi sedikit berbeda. Karena cenderung unik, biasanya tamu-tamu akan memuji area terasmu atau berfoto-foto di sana. Apalagi jika kamu menaruh beberapa tanaman hias cantik di sekelilingnya. Mendadak jadi spot selfie malahan.

5. Untuk desain rumah yang agak jadul bisa menggunakan motif keramik klasik atau lawasan seperti ini

Advertisement

keramik rumah lawasan | credit: dekorrumah

Rumah berdesain klasik tentu tidak cocok jika keramik terasnya menggunakan motif modern. Makanya, kalau memang desain rumahmu sederhana dan terkesan jadul, lebih baik gunakan keramik teras minimalis berdesain lawasan dengan warna agak kecokelatan. Penggunaan warna ini dapat membuat rumah terkesan lebih hangat dan tampilannya pun menarik untuk dilihat.

Untuk menambah kesan klasik, padukan dengan cat tembok berwarna senada tapi dibuat seolah bergradasi. Bentuk dan ukurannya bisa disesuaikan dengan luas teras rumah.

6. Keramik teras minimalis nggak melulu harus putih.  Dipadukan dengan warna terang seperti ini juga oke kok~

keramik teras berwarna | credit: Casa Indonesia

Keramik motif oktagon ini dapat membuat tampilan teras jadi lebih cantik dan terkesan elegan. Warna birunya pun membuat suasana terasa lebih dingin dan nyaman, apalagi jika dipadukan dengan tanaman hijau cantik di sekelilingnya. Untuk mempertegas motifnya, hindari penggunaan dekorasi dinding agar keramik teras ini bisa jadi focal point-nya.

7. Jenis keramik teras rumah minimalis dengan motif vintage ternyata masih banyak diminati. Biasanya motif ini digunakan pada rumah mungil yang kecil terasnya

keramik teras vintage | credit: Proxybit

Motif yang sempat hits beberapa tahun lalu ini ternyata masih banyak dicari. Katanya karena warnanya ‘seru’ dan unik desainnya. Biasanya motif ini disandingkan dengan dekorasi teras berwarna cerah lainnya, misalnya kuning, biru, atau bahkan merah muda.

8. Untuk tampilan teras yang lebih unik, kamu dapat memadukan dua jenis keramik sekaligus. Misalnya, satu polosan dan satunya lagi heksagonal

keramik teras

perpaduan dua motif keramik | credit: Ide Rumah Idaman

Rata-rata, perbedaan motif ini digunakan sebagai pembatas area teras. Sekalipun tak mengganggu tampilannya, baiknya kamu tetap menggunakan dua jenis keramik yang warnanya senada. Dengan begini, teras tetap bisa tampak serasi meski motif keramiknya berlawanan. Trik ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengakali harga keramik yang relatif mahal lo! Jadi, beli yang murah sebagian, satunya lagi bisa agak mahalan.

Itu dia 8 referensi keramik teras yang bisa kamu pakai di rumah. Walau kesannya nggak penting, ternyata keramik teras bisa menambah daya tarik hunian. Sebelum membeli, baiknya pikirkan juga motif keramik teras yang diinginkan karena akan memengaruhi dekorasi lainnya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE