7 Model Lemari Pakaian Minimalis yang Pas untuk Mengisi Kamar Sempit. Lumayan Sisa Celah Dikit

Lemari pakaian

Punya kamar yang ukurannya sempit itu kadang membingungkan. Terutama saat memilih perabot yang tepat untuk dimasukkan ke dalamnya. Salah satu perabot yang hampir nggak mungkin ditiadakan adalah lemari pakaian. Belum lagi jika kasur atau tempat tidur yang ada di kamarmu ukurannya sudah makan tempat duluan. Mau nggak mau kamu mesti cermat memilih model lemari yang sesuai dengan ukuran kamar tidur yang terbatas. Tak hanya soal ukurannya saja yang proporsional, secara fungsi juga harus maksimal sebagai tempat penyimpanan.

Advertisement

Lalu bagaimana cara mengakali pemilihan lemari pakaian agar nggak asal dijejal begitu saja di kamar sempit? Beberapa tips memilih lemari berikut ini bisa menjadi solusi ruang penyimpanan untuk luas kamar tidur yang terbatas. Tak hanya itu, terdapat juga beberapa model lemari pakaian minimalis yang cocok diterapkan di kamar tidur sempit.

Trik memilih lemari pakaian untuk kamar sempit

1. Ukur dulu berapa luas kamar yang tersedia

ukur sisa kamar tidur via www.flickr.com

Ketahui dulu seberapa luas ruang kosong yang tersedia di kamarmu, terutama setelah ditempati kasur. Ukur ruang kosong ini sebagai patokanmu untuk menentukan lebar lemari pakaian. Kalau bisa sih, ukuran kasurnya jangan yang terlalu besar biar nggak banyak makan tempat, ya!

Advertisement

2. Perhitungkan banyaknya penghuni kamar

penghuni kamar via www.dialteg.com

Jika kamar ditempati oleh dua orang penghuni, kamu bisa memilih lemari pakaian dengan sekat atau pintu terpisah untuk memudahkanmu mencari pakaian agar nggak tercampur dengan yang lain. Pilih lemari pakaian yang terdapat ruang khusus untuk menggantungkan kemeja atau jas. Usahakan ada minimal dua laci yang digunakan untuk menyimpan aksesori pakaian agar biar tercecer.

Advertisement

3. Pilih desain yang minimalis

lemari baju minimalis via www.dreamstime.com

Desain lemari pakaian minimalis cocok diterapkan pada kamar tidur yang luasnya terbatas. Tak hanya hemat tempat, desain lemari pakaian minimalis juga memberi estetika tersendiri pada kamar tidur. Pilih lemari pakaian yang bentuknya ramping dan tingginya dimaksimalkan dengan tinggi ruangan. Tren saat ini yang berkembang di dunia furnitur adalah lemari dengan desain pintu minimalis yang tanpa gagang pintu.

4. Gunakan warna-warna netral dan terang

lemari baju warna terang via www.wallpaperflare.com

Warna lemari pakaian yang sama dengan warna dekorasi ruangan akan memperluas pandangan. Pilih warna netral seperti putih, krem, kuning gading, abu-abu muda, dan warna-warna yang mengandung unsur natural seperti warna kayu yang mudah dipadankan dengan furnitur dan dekorasi ruangan lainnya.

5. Lemari pakaian dengan unsur kaca

lemari dengan cermin via www.fittedwardrobesideas.com

Selain dari segi warna, kamu juga bisa memilih lemari yang memiliki unsur kaca. Trik jitu ini memberikan ilusi kamar yang tampak luas. Selain itu, kamu juga nggak perlu menyiapkan ruang lagi untuk menaruh kaca karena sudah sekaligus dengan lemari pakaian.

6. Perhatikan penempatannya

penempatan harus pas via decorpad.wordpress.com

Jangan menaruh lemari pakaian pada pojok ruangan karena justru akan tampak lebih sempit. Kalau ada kamar mandi di dalam kamar tidurmu, solusinya adalah jangan taruh lemari pakaian pada dinding dekat dengan kamar mandi. Kalau memang terlalu sempit, maka taruh lemari pakaian dengan memberi jarak pada dinding yang dekat dengan kamar mandi. Cara ini juga efektif untuk menghindari pertumbuhan jamur.

Model lemari pakaian yang bisa diterapkan di dalam kamar tidur sempit

1. Lemari pakaian minimalis yang menyatu dengan dinding

menyatu dengan dinding via arcadiadesain.com

Desain lemari pakaian minimalis yang menyatu dengan dinding menghasilkan ruang penyimpanan yang cukup besar sekaligus menjaga kerapian dan keseimbangan tata ruang. Desain lemari pakaian seperti ini dibuat secara khusus dengan memberikan dimensi ruang pada dinding. Modelnya pun bervariasi, bisa menyatu dengan meja kerja atau menyatu dengan tempat tidur. Simpel, multifungsi, dan tentunya nggak makan tempat.

2. lemari pakaian 2 pintu model geser

lemari 2 pintu model geser via www.philandmama.com

Berbeda dengan lemari konvensional pada umumnya, lemari pakaian 2 pintu dengan model geser nggak mengharuskanmu untuk menyisakan sedikit ruang di sebelah kanan dan kiri lemari agar pintunya dapat dibuka. Desain lemari minimalis dengan pintu geser sekarang menjadi populer karena terkesan elegan, praktis, namun fungsional karena bisa menghemat ruang.

3. Lemari pakaian kaca atau cermin

lemari cermin via www.amazon.co.uk

Memasang cermin di suatu ruangan sempit dapat membuat ruangan terasa lebih luas. Dengan memilih desain lemari pakaian kaca yang terdapat pada pintunya, kamu bisa langsung mendapatkan dua keuntungan dalam satu waktu. Pertama, desain lemari pakaian kaca ini bisa memberikan kesan modern. Yang kedua, cermin minimalis pada desain lemari ini juga bisa berfungsi sebagai area berdandan yang ringkas.

4. Lemari pakaian plastik

lemari plastik via id.carousell.com

Untuk meminimalisir bujet, menggunakan lemari pakaian plastik untuk diterapkan di kamar sempit tentu lebih ekonomis. Perawatan lemari pakaian bahan plastik juga lebih mudah, meski dari segi keawetan, lemari dengan bahan plastik ini nggak dapat diandalkan. Secara tampilan, bahan plastik juga nggak elegan jika dipandang. Namun berkat materialnya yang ringan, lemari plastik justru lebih mudah dipindah ke mana-mana. Bentuknya yang cenderung ramping dan nggak neko-neko juga bisa banget disesuaikan dengan luas ruangan.

5. Lemari pakaian anak pada ranjang multifungsi

gabung dengan kasur via id.pinterest.com

Selain melekat pada dinding, lemari pakaian juga bisa disatukan dengan ranjang atau tempat tidur. Lemari pakaian seperti ini cocok diterapkan untuk anak-anak. Lemari pakaian ranjang multifungsi merupakan furnitur yang nggak hanya ringkas tapi juga bisa menghemat ruang. Desain lemari ini umumnya hanya terdiri atas laci-laci penyimpanan saja tanpa tempat menggantung pakaian, sehingga masih diperlukan ruang penyimpanan lain untuk merapikan barang-barang lainnya.

6. Lemari pakaian dengan banyak laci penyimpanan

laci yang banyak via www.designcafe.com

Kalau kamu nggak punya cukup ruang untuk menggantung pakaian di lemari, gunakan lemari pakaian dengan banyak laci. Pilih lemari pakaian yang ramping dan tinggi yang dilengkapi laci-laci penyimpanan di bagian bawahnya. Dengan begini, lemari kecil pun bisa memiliki banyak ruang penyimpanan. Beberapa laci yang terdapat pada lemari pakaian ini bisa digunakan untuk menyimpan baju-baju kecil dan tipis, atau tas dan aksesori lainnya.

7. Lemari pakaian rak terbuka atau tanpa pintu

tanpa pintu via www.pinterest.ru

Memilih desain lemari yang menggunakan rak terbuka bisa menghindari kesan sumpek pada kamar tidur sempit. Baju-baju yang dibiarkan menggantung juga bisa membuat desain lemari konsep rak terbuka berperan sebagai elemen dekorasi kamar. Kamu juga bisa dengan mudah membuat lemari pakaian rak terbuka sendiri, kamu hanya perlu membeli rak, tempat gantungan baju, dan boks kain. Tapi kalau kamu masih ragu dengan desain lemari terbuka karena takut baju-bajumu mudah rusak dan kotor, desain lemari tanpa pintu atau menggunakan tirai bisa jadi alternatif.

Selain beberapa desain lemari pakaian di atas, memilih lemari pakaian untuk ditempatkan di kamar sempit akan dapat dilakukan jika kamu mempertimbangkan junlag pakaian maupun aksesori yang dimiliki. Pikirkan apakah cukup jika semuanya dimasukkan ke dalam lemari bajumu? Jika jumlah pakaian terlalu banyak, kamu bisa seleksi pakaian mana yang sering dipakai untuk dimasukkan ke dalam lemari baju. Sisanya, bisa disimpan di keranjang atau kotak yang tertutup dan diletakkan di luar kamar. Atau, malah sekalian kamu donasikan saja. Semoga bermanfaat, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE