Pisang—meskipun bagi kamu sering disepelekan dan hanya dianggap buah sederhana—sebenarnya merupakan salah satu buah yang paling lengkap kandungan gizinya. Bayangin, selain karbohidrat dan serat, buah ini juga kaya akan mineral seperti kalium, kalsiun, fosfor, besi, dan magnesium. Buah ini juga sarat kandungan vitamin C, B kompleks dan zat serotonin yang bagus untuk kelancaran fungsi otak!

Meskipun punya segudang manfaat, nggak bisa dipungkiri makan buah pisang memang nggak kelihatan semenarik buah-buahan lain seperti apel atau anggur. Padahal dengan harga yang relatif murah, kamu bisa mendapatkan banyak kebaikan dari buah pisang. Nah, biar kamu gak ogah-ogahan lagi dalam menyantap pisang, gimana kalau kamu kreasikan menjadi camilan olahan pisang yang kekinian dan menggugah selera?

1. Hanya dengan kulit lumpia dan pisang raja kamu bisa bikin olahan pisang yang istimewa, Banana Spring Roll nama kerennya.

Banana-Spring-Rolls

Renyah di luar, manis dan lembut di dalam! via www.daretodessert.com

Advertisement

Hanya dengan bahan-bahan seadanya kamu bisa kok bikin camilan olahan pisang yang sudah pantas buat jadi menu kafe-kafe. Banana spring roll ini contohnya. Perpaduan kulit lumpia yang renyah dengan manis dan gurihnya isian pisang membuat camilan ini bikin kamu ketagihan. Cara bikinnya luar biasa gampang:

Bahan-bahan yang kamu perlukan:

  • 6 lembar kulit lumpia
  • 3 pisang raja (bisa diganti pisang kepok)
  • susu kental manis/selai coklat/meises
  • satu butir telur kocok
  • keju parut (tidak wajib)
  • satu sekup es krim (tidak wajib)
  • minyak goreng untuk memasaknya
Advertisement

Cara membuatnya:

  • Pertama kupas pisang raja dan belah vertikal menyamping menjadi dua. Oh iya, kalau bisa pilih pisang yang masih belum terlalu matang sehingga teksturnya masih cukup padat ya.
  • Siapkan 6 lembar kulit lumpia, pastikan ukurannya lebih besar daripada ukuran pisangnya ya. Letakkan pisang yang sudah dibelah pada ujung bawah kulit lumpia.
  • Setelah itu taburkan susu kental manis atau selai coklat atau meises (pilih taburan mana pun yang kamu suka) di atas potongan pisang. Kalau kamu pengen tambah gurih, taburi sedikit keju parut di atasnya.
  • Gulung deh pisang tersebut, seperti kalau kamu menggulung lumpia biasa tapi bedanya kali ini isinya pisang. Rekatkan ujung kulit lumpia dengan sapuan telur kocok.
  • Sebelum menggoreng kamu bisa menggulingkan gulungan pisang tersebut ke dalam gula pasir terlebih dahulu, agar ada efek karamel di kulit spring roll-nya nanti. Tapi kamu lewatkan langkah ini juga nggak apa-apa kok.
  • Goreng selama beberapa menit hingga warnanya coklat keemasan. Angkat dan hidangkan bersama saus coklat, gula merah cair atau es krim!

Gampang banget kan? Resep ini cukup untuk 6 porsi, bisa kamu bagi-bagi sama ayah ibu atau buat pacar kamu.

2. Calzone, pizza lipat ngehits dari Itali juga bisa dibikin jadi Banana Nutella Calzone yang mengenyangkan!

Calzone gak hanya isi daging saja, tapi pisang juga bisa!

Calzone gak hanya isi daging saja, tapi pisang juga bisa! via cakecrumbs.me

Kalau kamu pikir calzone cuma bisa berisi bahan-bahan seperti keju, daging asap dan peperoni, kamu salah! Ada juga resep olahan pisang yang bisa digabungkan dengan pizza lipat khas italia ini. Cara membuatnya pun relatif mudah asal kamu punya oven untuk memanggangnya.

Bahan-bahan yang  kamu perlukan: 

  • 250 gram adonan pizza
  • 80 gram selai coklat
  • 1 buah pisang raja atau pisang cavendish
  • 1 sdm butter, lelehkan

Cara membuatnya:

  • Panaskan oven hingga suhu 210 derajat Celcius.
  • Taburi permukaan talenan dengan tepung terigu sebelum kamu mulai menggilas adonan pizzamu. Adonan pizza siap pakai bisa kamu dapatkan di supermarket-supermarket besar.
  • Taburi bagian atas adonan dengan tepung terigu juga kemudian gilas adonan pizza dengan penggilas adonan. Setelah agak tipis angkat dan balik adonan tersebut lalu gilas kembali. Jangan lupa untuk selalu menaburkan tepung terigu ke permukaan talenan dan permukaan adonan sebelum kembali menggilas ya.
  • Ulangi langkah diatas sampai adonan pizza membentuk lingkaran dengan ketebalan 5 mm.
  • Olesi salah satu sisi lingkaran adonan dengan selai Nutella. Setelah itu letakkan pisang yang sudah diiris-iris di atas permukaan yang diolesi Nutella tadi.
  • Lipat adonan menjadi setengah lingkaran dan puntir-puntir tepian yang merupakan pertemuan dari dua tepian adonan tadi hingga menutup.
  • Olesi loyan panggangan dengan mentega, letakkan banana Nutella calzone-mu di atasnya. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan selama kurang lebih 8 menit.

Resep ini cukup buat dicamilin berdua bareng teman atau pacar kamu. Tuh kan, bener Calzone nggak melulu asin rasanya, bisa juga manis dan yummy seperti calzone banana Nutella ini!

3. Untuk sarapan pagi yang lezat dan bergizi, resep Banana Pancake boleh banget lho kamu coba!

banana-pancakes

Banana pancake adalah menu sarapan mudah nan bergizi via oliviajenkins.com.au

Selain bagus buat tubuh dan otak, pisang juga dipercaya cocok buat diet lho guys! Sarapan dengan olahan pisang bisa membantu kamu mengurangi berat badan tanpa kekurangan gizi! Salah satu resep yang bisa kamu coba kreasikan adalah banana pancake berikut ini!

Bahan-bahan yang kamu perlukan:

  • 120 gram tepung terigu
  • 1 sdm gula
  • 2 sdt baking powder
  • 1⁄4 sdt garam
  • 1 butir telur, kocok
  • 240 ml susu cair
  • 2 sdm minyak sayur
  • 2 pisang matang, hancurkan (tapi jangan terlalu halus)

Cara membuatnya:

  • Campurkan tepung, gula, baking powder dan garam dalam satu mangkuk.
  • Dalam mangkuk berbeda campurkan telur, susu, minyak sayur dan pisang yang sudah dihancurkan.
  • Masukkan campuran bahan-bahan kering ke dalam larutan bahan basah tadi, aduk semua jadi satu. Adonannya akan sedikit bertekstur alias nggak halus.
  • Panaskan wajan teflon yang sudah diberi mentega atau sedikit minyak di atas api sedang.
  • Tuangkan adonan ke atas wajan yang sudah panas dengan sedok sayur. Satu sendok sayur untuk satu lembar pancake.
  • Tunggu hingga muncul gelembung-gelembung kecil di permukaan adonan sebelum kamu membaliknya ya. Masak hingga kedua sisinya berwana coklat keemasan lalu angkat.
  • Sajikan selagi hangat. Beri potongan buter di atasnya atau selai kesukaanmu. Dimakan begitu saja juga sudah enak kok.

Menu sarapanmu nggak lagi membosankan ‘kan dengan resep pancake ini? Resep pancake olahan pisang ini cukup untuk menghasilkan 12 lempar pancake!

4. Tubuhmu bakal makin sehat setelah menyantap banana-strawberry smoothies yummy ini!

smoothie-med

Segarkan dirimu dengan banana strawberry smoothies ala resto ini via pdxfoodlove.com

Pisang nggak hanya mengenyangkan tapi juga bisa menyegarkan lho guys! Nggak hanya cocok sebagai penganan, buah kuning favoritnya minions ini juga pas dijadikan minuman! Nggak percaya? Coba kita buat sama-sama dengan resep ini.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 250 gram buah strawberry (kupas kalau kamu mau bijinya hilang)
  • 1 buah pisang cavendish atau pisang ambon
  • 300 ml susu cair dingin (pilih yang low-fat kalau tidak mau terasa eneg)
  • 150 ml yogurt tawar
  • 15 ml madu atau gula cair

Cara membuanya sederhana:

  • Cukup campurkan semua bahan di atas dan blender menjadi satu. Kalau kamu suka dingin tambahkan 5 butir es batu kemudian blender semua bahan hingga halus.

Jadi deh! Super gampang tapi rasanya nggak kalah kaya smoothies di restoran-restoran mentereng! Resep olahan pisang ini bisa menjadi 3 sampai 4 porsi, jadi bisa kamu bagi-bagi dengan yang lain.

5. Biar makin sehat, padukan kebaikan pisang dan yogurt dalam kesegaran Frozen Banana Yogurt Popsicle!

Popsicles_BerryPops_FitFunDelish_2

Banana Yogurt Popsicle ini cocok banget untuk recharge energi ketika cuaca panas via dailyburn.com

Sebentar lagi musim kemarau, di mana cuaca bakal panas-panasnya dan kamu butuh asupan makanan yang gak hanya bergizi tapi juga bikin adem! Jangan khawatir olahan pisang satu ini akan menjawab semua kebutuhanmu: es krim popsicle yang gak hanya manis tapi juga memberi kamu tenaga! Buatnya gampang kok.

Bahan-bahan yang kamu perlukan:

  • 245 gram yogurt rasa vanilla
  • 1 buah pisang cavendish atau pisang ambon
  • 450 gram strawberry (bisa diganti raspberry atau blueberry kalau kamu punya)
  • 120 ml madu atau gula cair
  • stik es krim

Caranya sederhana saja:

  • Haluskan yogurt dan pisang menggunakan food processor atau kalau nggak punya pakai blender pun tak apa, tapi jangan terlalu lama nanti terlalu halus.
  • Rebus strawberry sebentar bersama dengan madu atau gula cair, sekitar 5 menit pada panas sedang. Setelah itu tuang dan peras sarinya melalui saringan. Buang biji-biji yang tersisa dan biarkan puree strawberry itu dingin.
  • Tuangkan campuran pisang dan yogurt ke dalam cetakan-cetakan es krim. Setelah terbagi rata, tuangkan puree buah strawberry ke atas adonan pisang-yogurt yang sudah dituang terlebih dahulu tadi. Kalau kamu mau bisa kamu buat sehingga adonan es ini bercorak dengan cara menggerakkan stick es krim agar warna merah strawberry berpencar. Tapi nggak juga nggak apa-apa kok.
  • Tutup cetakan tersebut dan masukkan stik es krim melalui lubang yang sudah disediakan. Simpan adonan di dalam lemari es selama kurang lebih 6 jam, sampai adonannya membeku dan stik es krimnya tertancap kuat di dalam adonan.
  • Cabut dari cetakan dan nikmati sesuka hati!

Perkawinan yogurt dan pisang dalam resep ini nggak cuma memberimu manfaat dari gizi tapi juga membantu kesehatan pencernaanmu lho! Resep ini cukup untuk membuat 12 potong es popsicle.

6. Jangan lupa kreasikan jajanan olahan pisang kekinian yang sedang ngetren Frozen Choco Dipped Banana.

tumblr_n0zp0y4fWt1qe87fgo4_1280

Frozen banana yang dingin-dingin mak nyuss via coffee-tea-and-sympathy.tumblr.com

Kamu mungkin menyadari bahwa belakangan camilan dingin-dingin legit berbahan dasar olahan pisang ini sedang ngehits banget. Nah, ternyata kamu nggak perlu capek-capek antri buat mencicipi kelezatan Frozen Choco Dipped Banana ini lho! Buat sendiri juga bisa kok.

Bahan-bahan yang kamu perlukan:

  • 4 buah pisang mengkal (belum terlalu matang)
  • 8 stik es krim atau batang tusuk sate.
  • 170 gram coklat masak, potong cacah.
  • Bahan taburan kesukaanmu. Bisa kacang kenari/almond/mede yang dicacah atau permen-permen kecil warna-warni.

Cara membuatnya:

  • Kupas lalu potong pisang-pisang itu melintang menjadi dua. Tancapkan stik es krim atau tusukan sate pada setiap ujung yang dipotong. Letakkan potongan-potongan pisang ini di atas nampan dan tutupi dengan plastic wrap. Masukkan ke dalam freezer selama sekitar 3 jam.
  • Lelehkan coklat masaknya. Kalau kamu nggak punya panci khusus buat melelehkannya kamu bisa menggunakan panci yang diletakkan di atas panci berisi air yang mendidih. Mangkuknya tidak perlu sampai menyentuh air mendidihnya, cukup ada dekat di permukaannya saja. Jangan lupa untuk terus mengaduk-aduk coklatnya agar tidak gosong.
  • Tuangkan coklat yang sudah dilelehkan ke dalam gelas yang dalam. Celupkan semua pisang yang sudah dibekukan ke dalam lelehan coklat tersebut. Setelah itu gulingkan di atas bahan taburan yang diletakkan dalam piring ceper.
  • Letakkan pisang-pisang bersalut coklat itu di atas kertas lilin. Segera hidangkan atau bungkus lagi dengan plastic wrap kalau kamu ingin menyimpannya lagi. Frozen banana ini bisa tahan sampai 2 minggu dalam freezer.

Benar bukan? Camilan olahan pisang nan gaul ini nggak sulit buat kamu masak sendiri di rumah! Selain bergizi juga bisa menaikkan gengsi hehehe.

Bagaimana menurutmu guys, masih ogah makan pisang yang penuh dengan manfaat baik bagi kesehatan ini? Kalau sudah disulap menjadi olahan-olahan pisang yang praktis, modern dan lezat seperti resep-resep di atas, kamu nggak ada alasan lagi buat nggak makan pisang!

Sekarang makan sehat nggak perlu harus mengandalkan buah-buah atau sayur-sayuran mahal lagi ‘kan? Pisang juga bisa membantu mencukupi kebutuhan akan gizi asal kamu nggak pilih-pilih. Selamat mencoba ya teman-teman. Kalau sudah berhasil jangan lupa Hipwee dibagi 😀

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya