5 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

GERD atau yang kerap dikenal dengan penyakit asam lambung ini disebabkan oleh melemahnya sfingter yang terletak di kerongkongan bagian bawah. Biasanya gejala yang umum terjadi ketika asam lambung naik adalah rasa asam di mulut yang dibarengi dengan sensasi panas terbakar di dada dan ulu hati. Bahkan sensasi terbakar membuat penderita GERD akan kesulitan ketika menelan makanan.

Advertisement

Penderita GERD dituntut untuk menjaga pola makannya, sebab beberapa makanan tertentu dapat memicu naiknya asam lambung. Oleh karena itu, terdapat beberapa makanan yang harus dihindari bagi penderita GERD.

1. Makanan berminyak

makanan yang harus dihindari penderita asam lambung

Makanan berminyak wajib dihindari agar tidak kambuh | Foto oleh Daria Shevtsova dari Pexels

Makanan berminyak dapat membuat asam lambung bergerak kembali ke kerongkongan

Mengonsumsi makanan yang berminyak dan berlemak dapat mengakibatkan sfingter esofagus bawah tidak berfungsi dengan baik. Menurut Natalie Rizzo, seorang ahli diet mengatakan bahwa hal tersebut dapat mengakibatkan asam lambung bergerak kembali ke kerongkongan.

Advertisement

2. Cokelat

makanan yang harus dihindari penderita asam lambung

Penderita GERD dilarang makan coklat | Foto oleh Kaboompics .com dari Pexels

Meskipun cokelat baik untuk membantu menenangkan pikiran, tetapi cokelat tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita GERD

Mengonsumsi cokelat dapat membantu untuk membangkitkan semangat dan mengurangi stres. Tetapi, tidak semua orang terutama penderita GERD dibolehkan untuk mengonsumsi cokelat, sebab kandungan methylxanthine dalam cokelat dapat memicu naiknya asam lambung.

3. Makanan pedas

makanan yang harus dihindari penderita asam lambung

Makanan pedas tidak disarankan untuk penderita asam lambung | Foto oleh Artem Beliaikin dari Pexels

Advertisement

Makan makanan pedas secara berlebihan dapat mengakibatkan naiknya asam lambung.

Penderita GERD memang disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan pedas, sebab makanan pedas dapat mengakibatkan naiknya asam lambung. Selain itu, mengonsumsi makanan pedas dalam jumlah yang terlalu banyak juga dapat berpengaruh terhadap saluran pencernaan. Hal ini kemudian menyebabkan makanan pedas membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna oleh sistem pencernaan dan berujung pada naiknya asam lambung.

4. Mint

makanan yang harus dihindari penderita asam lambung

Hindari makanan yang ada mint-nya | Foto oleh Lukas dari Pexels

Hindari makanan yang mengandung mint ya jika ingin GERD-mu tidak kambuh~

Seperti yang diketahui, mint banyak terkandung dalam produk penyegar napas. Jika kamu tidak ingin GERD-mu kambuh, maka hindari, ya~

Selain itu, mint juga harus dihindari penderita GERD sebab mint mampu memberikan efek rileks pada jaringan otot sfingter esofagus yang akan membuat naiknya asam lambung ke kerongkongan.

5. Tomat

makanan yang harus dihindari penderita asam lambung

Rasa asam pada tomat bisa picu asam lambung | Foto oleh PhotoMIX Company dari Pexels

Asam sitrat dan malat dalam tomat memicu naiknya asam lambung.

Rasa asam yang diberikan oleh tomat dapat memperburuk gejala GERD. Kandungan asam sitrat dan asam malat dapat memproduksi terlalu banyak asam di dalam perut yang menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan.

Bagi penderita GERD, yuk sama-sama peduli dengan diri sendiri dan menghindari beberapa makanan yang asam, pedas, berminyak, bahkan manis seperti cokelat agar penyakit GERD tidak kambuh lagi.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE