Makanan yang Membantu Kurangi Mata Panda

Lingkaran hitam di area mata sebenarnya wajar-wajar saja dan banyak ditemui. Tapi, bagi sebagian orang, mata panda ini mengganggu penampilan banget! Kamu bisa terlihat nggak fresh, capek, dan lebih tua. Jadi harus ditutup pakai concealer setiap hari, deh. Ribet banget, kan?

Advertisement

Mata panda muncul bukan cuma karena kurang tidur doang, loh. Sering marah dan bad mood, diet yang salah, stres, alkohol, rokok, dan polusi juga jadi faktor penyebabnya. Kalau kamu merasa sudah tidur cukup dan mengatur perasaanmu dan mata pandamu masih ada, mungkin kamu harus mulai konsumsi ini!

1. Tomat

Tomat

Beberapa buah tomat segar | Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels via www.pexels.com

Fun fact! Tomat kaya akan vitamin C, vitamin K, dan potasium yang membantu menyehatkan kulitmu, loh. Selain itu, terdapat antioksidan, terutama likopen, yang membantu melindungi pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi ke mata. Kalau kamu rajin makan tomat, pastinya kulit di sekitar area mata kamu kelihatan lebih sehat dan segar.

2. Timun

Timun

Timun dapat membantu mencerahkan mata panda | Foto oleh Angele J dari Pexels via www.pexels.com

Kandungan air yang tinggi dalam timun dapat membantu merehidrasi dan melembapkan kulit. Produksi kolagenmu juga akan meningkat dan warna kulitmu jadi merata sempurna. Timun juga mengandung vitamin K, A, E, dan C yang meningkatkan koagulasi, elastisitas pembuluh darah, dan pembekuan darah. Saatnya say bye-bye ke mata panda!

Advertisement

3. Semua sayuran hijau

makanan dikukus paling sehat

Sayur-sayuran hijau dan buah alpukat | Foto oleh Daria Shevtsova dari Pexels

Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli memperbaiki tekstur kulit dengan meningkatkan sirkulasi darah. Ini karena mereka mengandung vitamin K yang berperan penting dalam meningkatkan sirkulasi darah untuk mengurangi perubahan warna dan bengkak.

4. Semangka

Semangka

Potongan semangka yang mengandung banyak air | Foto oleh Any Lane dari Pexels via www.pexels.com

Semangka kaya akan antioksidan, termasuk beta karoten, yang mendukung kesehatan mata. Seperti timun, buah ini mengandung 92% air yang membantu menghidrasi tubuh. Ini juga mengandung vitamin B1, B6, dan C serta potasium dan magnesium. Buat kamu yang nggak suka makan sayur, mungkin semangka bisa jadi alternatif yang super segar dan enak!

5. Jeruk

Irisan jeruk

Irisan jeruk berbaris rapi | Foto oleh Jessica Lewis Creative via www.pexels.com

Jeruk kaya akan vitamin C dan A, yang keduanya membantu meningkatkan kolagen dan menangkal radikal bebas dari kulit. Seperti yang kita ketahui, paparan radikal bebas dalam jangka panjang berpotensi menyebabkan perubahan warna kulit.

Advertisement

6. Pepaya

Pepaya

Buah pepaya dengan beri di atasnya | Foto oleh alleksana dari Pexels via www.pexels.com

Pepaya kaya akan vitamin A yang membantu menghilangkan lingkaran hitam dan bermanfaat untuk anti penuaan. Selain itu, di dalamnya juga mengandung magnesium dan vitamin C yang berfungsi membersihkan kulit dan menghilangkan lingkaran hitam.

7. Semua makanan yang kaya vitamin E

Brokoli

Irisan brokoli segar yang sehat | Foto oleh Polina Tankilevitch dari Pexels via www.pexels.com

Makanan kaya vitamin E membantu melawan enzim yang merusak elastisitas kulit dan radikal bebas yang menyebabkan keriput dan penuaan. Mereka juga membantu menghilangkan mata pandamu. Makanan seperti almond, kacang tanah, biji bunga matahari, bayam, dan brokoli merupakan sumber vitamin E yang baik.

Nah itu tadi adalah beberapa makanan yang bisa membantu kurangi mata panda. Buat kamu yang punya mata panda, silakan dicoba ya~

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE