Apakah kamu adalah salah satu orang yang menyepelekan mandi? Misalnya jika kamu sudah terburu-buru karena telat bangun atau tubuh terasa sangat lelah sepulang beraktivitas, kamu mungkin suka melewatkannya. Kadang kamu memang tetap mandi, tapi a la kadarnya saja dan jauh dari tata cara mandi yang baik dan benar. Hayoo, benar nggak?

Masih berkaitan dengan mandi, Anggun C Sasmi ternyata punya kebiasaan mandi unik, yakni tanpa menggunakan sabun. Bukan karena mengejar waktu atau sudah mengantuk, tapi Anggun sendiri yang memang enggan memakainya. Penyanyi terkenal yang lama tinggal di Perancis ini melakukannya karena merasa tubuhnya tidak kotor, sehingga cukup seminggu sekali saja gunakan sabun. Ketika mandi pun dia cukup menggosok-gosok kulit dengan air agar debu-debu dan keringat yang menempel menghilang.

Advertisement

Nah, kalau kamu mau coba mengikuti Anggun dengan mandi tanpa sabun, simak 5 cara berikut ini yuk!

1. Terlalu sering pakai sabun bisa membuat bakteri baik menghilang. Padahal, tubuhmu memerlukannya agar terbebas dari jerawat dan gangguan kesehatan kulit

bakteri baik bisa menghilang

bakteri baik bisa menghilang via www.wisegeek.com

Menggunakan sabun antiseptik terlalu sering dapat menyebabkan bateri-bakteri baik pada tubuh menghilang. Jika bakteri tersebut tak ada lagi, maka kulitmu berpotensi untuk timbul jerawat dan terkena berbagai jenis gangguan kesehatan lainnya. Untuk itu, gunakan sabun seperlunya saja saat tubuh terasa sangat kotor dan pada area tertentu. Seperti bagian ketiak, belakang paha, dan selangkangan. Area lainnya cukup dibilas dengan air saja.

2. Sebisa mungkin gunakan air hangat sambil gosok-gosok tubuh dengan handuk kecil agar kotoran jahat nggak ada yang menempel

pakai handuk kecil

pakai handuk kecil via id.pinterest.com

Air hangat memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Dengan menggosok-gosokkan badan menggunakan air hangat dan handuk kecil, maka kotoran-kotoran jahat yang menempel dapat segera menghilang. Selain itu, kamu akan merasa lebih tenang mandi dengan air hangat, apalagi jika berendam. Asal jangan terlalu lama ya.

3. Untuk menghilangkan aroma tak sedap dari tubuh bisa pakai baking soda dan gosok-gosokan di area paling banyak debu

pada area kaki yang paling banyak debu

pada area kaki yang paling banyak debu via guff.com

Advertisement

Jika enggan pakai sabun, kamu dapat memanfaatkan baking soda yang dicampur dengan air mandi maupun ditaburi pada handuk kecil. Tuangkan secukupnya, lalu gosok-gosok dengan handuk pada anggota tubuh di area yang paling banyak debu seperti kaki. Bukan hanya bersih saja, tapi aroma tak sedap pun nggak akan lama bersemanyam di tubuh.

4. Jika enggan gunakan sampo, kamu juga dapat gunakan baking soda untuk membersihkan kepala

sebagai shampo

sebagai shampo via www.stylecraze.com

Baking soda ternyata juga dapat kamu manfaatkan untuk membersihkan kulit kepala. Manfaatnya yang baik sebagai pengganti shampo bisa kamu gunakan ketika lagi mau berhemat. Kamu dapat menuangkan baking soda secukupnya pada air keramas. Dengan begitu, kotoran-kotoran jahat dan minyak yang menempel di rambut maupun kulit kepala bisa dinetralisir segera.

5. Bilas dengan air bersih adalah cara terakhir. Ini baik bagi kebersihan tubuh

bilas dengan air pancuran

bilas dengan air pancuran via www.bostonworkersalliance.org

Setelah mandi, kamu dapat membilas tubuh menggunakan air bersih. Cara ini adalah cara terbaik agar kebersihan dan kesehatan tubuh terjaga. Apalagi jika air bilasannya menggunakan air pancuran – yang kebersihannya lebih bagus dibanding air dalam bak mandi.

Tubuhmu dapat terjaga kesehatannya walau mandi tanpa menggunakan sabun. Begitupun dengan aroma tak sedap yang dapat diantisipasi dengan memperbanyak minum air mineral. Dari kebiasaan mandi Anggun C Sasmi, kamu jadi bisa mengikuti cara mandi yang nggak selalu pakai bahan-bahan kimia. Bagaimana, berminat?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya