6 Manfaat Brown Sugar yang Kalorinya Lebih Rendah dari Gula Pasir. Aman Buat Diet nih!

manfaat brown sugar

Beberapa dari kamu mungkin belum tahu bahwa brown sugar nggak sama dengan gula jawa atau gula aren. Brown sugar merupakan gula yang dihasilkan dari olahan tebu yang sama dengan gula pasir. Bedanya, ada beberapa tahap pengolahan gula pasir yang nggak dilakukan ketika mengolah brown sugar. Rasa manis dari brown sugar pun dihasilkan dari tetesan tebu atau molases yang memiliki kandungan kalsium, magnesium, dan vitamin B. Dibandingan dengan gula pasir, kandungan-kandungan tersebut memiliki beberapa manfaat yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal inilah yang membuat brown sugar diklaim memiliki kandungan yang lebih menyehatkan dari gula pasir.

Advertisement

Hipwee Tips sudah merangkum beberapa manfaat dari brown sugar yang nggak akan kamu dapatkan dari gula pasir. Yuk, langsung saja kita simak ulasannya!

1. Brown sugar memiliki bahan aktif yang berguna untuk mencegah proses penuaan pada kulit

Penuan kulit via hellosehat.com

Jika kamu pecinta skin care, mungkin kamu sudah sering menemui beberapa masker wajah yang terbuat dari brown sugar. Gula halus pada brown sugar dapat kamu pergunakan untuk membuat scrub atau bahan eksfoliator yang aman untuk kulit wajahmu lo. Jika digunakan setiap hari, masker atau scrub dari brown sugar akan membuat kulitmu tampak lebih cerah dan memudarkan flek hitam di wajahmu.

2. Kandungan potasium dalam molases brown sugar dipercaya dapat membantu meradakan nyeri menstruasi

Nyeri menstruasi via terasjabar.id

Kandungan mineral pada brown sugar akan membantu otot-otot dan dinding rahimmu  jadi lebih rileks, sehingga rasa nyeri dan kram di perutmu ketika menstruasi akan segera mereda. Agar kram perutmu bisa segera sembuh, kamu bisa meminum air hangat yang sudah kamu beri brown sugar sebelumnya.

Advertisement
3. Kandungan mineral dan kalsium pada brown sugar sangat  baik untuk memelihara kesehatan gigi dan tulangmu

Kesehatan tulang via fritzified.com

Brown sugar mengandung kalsium dan fosfor yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigimu. Dengan mengonsumsi brown sugar setiap hari, kamu bisa terhindari dari radang sendi, osteoporosis, hingga kanker tulang lo.

4. Antiseptik pada brown sugar dipercaya dapat menyembuhkan luka dan memar yang sedang kamu derita

Mengobati luka via style.tribunnews.com

Antiseptik pada brown sugar memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba yang tinggi sehingga dipercaya dapat menyembuhkan luka dan memar. Kamu bisa membubuhkan sedikit brown sugar pada luka untuk mencegah infeksi yang terjadi pada luka tersebut.

5. Selain untuk menyembuhkan luka, kandungan antiseptik pada brown sugar juga dipercaya dapat membantu meredakan flu

Mengobati flu via style.tribunnews.com

Saat kamu mulai merasa nggak enak badan karena suhu dingin, kamu bisa mengonsumsi brown sugar yang dilarutkan dalam jahe hangat. Ini akan membuat suhu tubuhmu meningkat, dan flu yang kamu derita pun akan cepat reda.

Advertisement

6. Kandungan kalori brown sugar yang lebih rendah dari gula pasir membuat brown sugar dapat dijadikan alternatif untukmu yang sedang program diet

Menurunkan berat badan via hellosehat.com

Kalori pada brown sugar akan membuat pencernaanmu jadi lebih lancar. Jika pencernaan lancar, program dietmu pasti akan berjalan lancar juga bukan? Nah, makanya jika ingin diet, ganti gula pasirmu dengan brown sugar, ya!

Meski kadar gula pada brown sugar hampir sama dengan gula pasir, nyatanya terdapat beberapa kandungan dalam brown sugar yang nggak dimiliki oleh gula pasir. Hal inilah yang kemudian menjadikan brown sugar lebih sehat daripada gula pasir. Buatmu yang ingin hidup lebih sehat, yuk ganti gula pasirmu dengan brown sugar mulai sekarang.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE