8 Gerakan Simpel Ini Ampuh Mengurangi Nyeri PMS-mu. Bye-bye Kram Perut!

“Udah minum air kunyit sama jamu masih aja nyeri nih…”

Advertisement

Bagi wanita, mengalami nyeri saat PMS (Pre Menstruation Syndrome) memang sangat mengganggu bahkan menyiksa. Tak hanya nyeri saja, kram perut dan pegal-pegal di punggung juga sering dialami pada saat “kedatangan tamu” sebulan sekali ini. Namun, kebanyakan dari kaum wanita kurang peka dengan rasa nyeri yang sudah seharusnya diatasi bukannya didiamkan saja.

Nah, agar rasa nyeri saat PMS atau menstruasimu bisa teratasi dengan segera, Hipwee akan membagikan beberapa gerakan simpel pereda rasa nyeri yang bisa membuat PMS dan menstruasimu berubah menjadi happy.

1. Pose downward facing dog dari Yoga mampu meredakan nyeri haid serta insomnia akutmu. Cukup angkat badanmu dalam posisi semi telungkup

lurus dan regangkan semua bagian tubuh

lurus dan regangkan semua bagian tubuh via 1health.ids

Gerakan rutin dan simpel yang biasa dilakukan dalam yoga ini biasa disebut dengan downward-facing dog. Mempraktikkannya pun tak sulit, cukup mulai dengan posisi tengkurap, angkat tubuh perlahan, atur nafas, luruskan kaki, tangan dan tubuh bagian belakang serta lakukanlah gerakan menarik supaya otot-otot yang kaku dapat tertarik demi nyeri yang berangsur hilang.

Advertisement

Dengan melakukannya rutin selama 30 detik saat menstruasi, nyeri-nyeri menyakitkan terutama pada bagian punggung akan reda secara perlahan. Sssst, gerakan ini juga bisa meredakan insomnia atau sakit kepala akutmu, lho.

2. Meluruskan kaki dan meregangkan punggung juga ampuh mengobati nyeri. Lakukan rutin dengan alas yang nyaman.

hingga menyentuh tumit ya

hingga menyentuh tumit ya via 1health.ids

Untuk gerakan yang satu ini, mungkin sudah tak asing lagi bagi kalian karena sudah menjadi bagian dari gerakan pemanasan saat olah raga di sekolah. Namun, kendala paling umum adalah sulitnya meluruskan serta menyentuh jari kaki yang memang terasa sakit jika dipaksakan.

Tapi tak usah kuatir, dengan menyiapkan alas yang nyaman, kamu bisa praktikkan perlahan serta mengatur nafas panjang yang dilanjutkan dengan meluruskan kaki agar tak terjadi cidera. Lalu, tekuk satu kaki, tahan selama 10-20 detik hingga bibir menyentuh lutut dan jari tangan menyentuh tumit.

Advertisement

3. Tak hanya meredakan rasa nyeri, gerakan jongkok mampu melancarkan pernafasan serta menstimulasi organ-organ pada rongga di tubuhmu.

jongkok yuk

jongkok yuk via 1health.id

Dalam yoga, gerakan ini juga biasa dipakai pada pose duduk saat yoga berlangsung. Meski agak sulit, kamu bisa membiasakan diri dengan gerakan jongkok biasa dan dilanjutkan dengan memutar bagian tubuh atas serta tangan yang berada di punggung. Tarik perlahan seperti saat kamu ‘ngulet’ supaya lebih terasa manfaatnya. Dengan memutar bagian tubuh atas ini, rongga dadamu akan lapang dan secara otomatis melancarkan pernafasanmu.

4. Tanpa perlu beranjak dari kasur, gerakan mengangkat satu kaki ini bisa melenturkan bagian tumit hingga paha atasmu.

luruskan kaki dan angkat

luruskan kaki dan angkat via 1health.id

Karena sebagian besar nyeri haid itu disebabkan oleh otot-otot paha, punggung dan kaki yang kaku, gerakan yang satu ini akan menyelamatkanmu. Ini langkah mudahnya :

  • Ambil posisi terlentang senyaman mungkin
  • Angkat satu kaki, sentuh jari kaki
  • Angkat kepalamu perlahan, mulailah melenturkan seluruh bagian tubuh terutama kaki dan punggung
  • Tahan selama 1 menit dan ulangi dengan kaki satunya.

Kalau sudah lentur, dijamin deh nyeri haidmu akan berkurang.

5. Pose setengah kayang tak selamanya menyakitkan. Meski sedikit sulit, mempraktikkannya sebentar bisa mengusir rasa nyeri yang mengganggu.

setengah kayang

setengah kayang via 1health.id

Gerakan yang biasa disebut dengan setengah kayang ini memang agak sulit untuk dipraktikkan. Selain susah menyeimbangkan tubuh, mendongakkan kepala juga kadang menyakitkan buat sebagian orang. Tapi nggak apa-apa selama kamu tetap berhati-hati, kok. Mulailah dengan menekuk kedua kaki dan luruskan tubuhmu, lalu perlahan jatuhkan tubuhmu dengan posisi kepala mendongak serta tangan yang menyentuh tumit. Tahan pose ini selama 30-60 detik supaya lebih terasa manfaatnya.

PS : jika dilakukan dengan benar dan rutin, gerakan ini akan menghilangkan rasa nyeri saat haid karena fokus pada otot-otot yang biasanya kaku saat datang bulan.

6. Gerakan ringan yang paling mudah dan bisa kamu lakukan di manapun adalah, memijat perlahan perut bagian bawah secara perlahan.

pijit-pijit perut perlahan

pijit-pijit perut perlahan via mamaway.co.id

Salah satu cara meredakan nyeri haid yang satu ini memang takkan banyak menyita waktumu. Cukup gunakan tangan dan jari-jarimu untuk memijat perut, terutama bagian bawah pusar yang biasanya menjadi pusat sirkulasi saat haid berlangsung. Pijatlah perlahan dengan gerakan memutar dari atas ke bawah, lakukan berulang-ulang sesuai kemampuanmu. Jika diperlukan, kamu bisa memakai minyak atau lotion supaya lebih mudah memijatnya.

7. Berbaring sambil meletakkan bantal di bawah lutut juga tak kalah praktisnya. Sambil bersantai pun kamu bisa meredakan nyeri haid yang menyiksa.

manfaatkan bantalmu yang empuk

manfaatkan bantalmu yang empuk via ij-live-sg-livejournal.com

Tidak ada salahnya kamu memanfaatkan waktu santai yang berharga dengan melakukan gerakan mudah ini. Cukup siapkan 1-2 bantal empuk, lalu letakkan di bawah lutut pada posisi berbaringmu. Tahan 30-60 detik sambil mengatur nafas agar sirkulasi oksigen dalam tubuhmu menjadi bagus dan seimbang. Tuh, sambil tiduran aja bisa bikin nyeri haid kabur!

Dengan melakukan semua gerakan di atas secara rutin, yakin deh kalau nyeri PMS atau haidmu akan segera teratasi. Good luck!

Kredit Featured Images: http://www.sassy-yogi.com/2014/02/27/yoga-guide-yoga-for-menstrual-cramps/

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang makmum yang taat :)

6 Comments

  1. Yuk ketahui berbagai manfaat Baper (Bantal Pereda Nyeri) untuk sobat semua. Berikut ini manfaatnya:

    1. Meningkatkan Aliran Darah

    Baper (Bantal Pereda Nyeri) menyediakan panas yang bekerja dengan menambah energi di organ tersebut, meningkatkan metabolisme semua jenis sel. Penerapan Baper secara sementara meningkatkan sirkulasi darah ke bagian tubuh yang sakit atau nyeri.

    Penggunaan Baper membantu melebarkan pembuluh darah di jaringan organ yang terluka, yang meningkatkan aliran oksigen dan nutrisi ke otot Anda yang luka sehingga membantu otot segera sembuh.

    Peningkatan aliran darah juga mempercepat pembuangan racun dari daerah tersebut. Baper memperbaiki aliran darah ke organ yang luka atau sakit sehingga semua sisa metabolisme yang berbahaya yang terkumpul di daerah itu segera terbuang.

    2. Relaksasi otot dan tendon

    Kejang otot dapat menciptakan berbagai sensasi mulai dari rasa tidak nyaman hingga sakit. Tapi sobat semua jangan khawatir, menggunakan Baper dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat kejang otot atau kram. Dengan menggunakan Baper, Anda dapat membuat otot-otot yang kejang atau kram menjadi rileks.

    Panas dapat mengurangi kejang otot dengan mengurangi ketegangan di titik-titik pemicu kejang atau kram, meningkatkan kemampuan tendon otot untuk rileks dan meregang. Itu terjadi karena panas mengurangi kekenyalan kolagen di otot tersebut.

    Kolagen merupakan protein yang paling banyak terdapat di tubuh. Kolagen ditemukan di tulang, tulang rawan, tendon, ligamen, kulit, dan kelopak penutup otot. Penggunaan Baper dapat mengurangi kekenyalan kolagen, melunakkan otot dan tendon sehingga otot dapat meregang lebih mudah.

    Jika Baper digunakan setiap hari, otot dan tendon akan rileks dan siap meregang kapan saja. Mekanisme ini terjadi saat panas digunakan pada otot yang kram dan juga dapt mengurangi sakit kaku di persendian.

    3. Meningkatkan Jangkauan Gerak

    Menggunakan Baper dapat membuat otot rileks sehingga melemaskan otot yang kaku dan memperbaiki mobilitas persendian. Terapi panas meningkatkan sirkulasi darah dan kemampuan meregang jaringan penghubung yang bekerja saat olahraga peregangan, membantu memperbaiki dan mengoptimalkan fleksibilitas dan jangkauan gerak persendian Anda.

    Menggunakan Baper pada bagian organ yang sakit akan membantu meregangkan jaringan lunak Anda, termasuk otot, jaringan penghubung dan semua jaringan pelekat atau jaringan yang mungkin luka.

    4. Mengurangi Peradangan

    Menggunakan Baper dapat mengurangi peradangan, termasuk peradangan dari berbagai jenis arthritis atau radang sendi, encok, rematik, dan dari kerusakan di jaringan Anda yang terkait kondisi traumatik kronis atau sub-akut dari otot dan persendian utama Anda.

    5. Mengurangi Sensasi Sakit dan Nyeri

    Panas menstimulsi sensor penerima di kulit. Artinya, menggunakan Baper akan mengurangi pengiriman sinyal sakit ke otak dan turut mempercepat proses penyembuhan. Ini Artinya Anda tidak perlu merasakan rasa sakit yang sesungguhnya, seperti jika Anda tidak menggunakan Baper.

    Sensasi panas juga menghalangi rasa tidak nyaman dengan mengambil beberapa bandwidth (saluran) yang biasa digunakan sinyal sakit ke otak. Ini artinya, otak akan lebih fokus pada rasa panas itu dibandingkan rasa sakit yang dikirim ke otak oleh sensor syaraf. Dalam bahasa yang lebih ilmiah, Anda sedang memberi “kontra-iritan” pada bagian tubuh yang sakit.

    Sebagai tambahan, tubuh memiliki pembunuh rasa sakit alami yang disebut endorphin. Hormon ini dapat dilepas oleh tebih dan dapat mengurangi rasa sakit. Menggunakan Baper mendorong pelepasan endorphin.

    Baper dapat Anda hadiahkan untuk keluarga dan teman-teman Anda. Tunjukkan rasa sayang Anda pada kerabat dan teman-teman dengan memberi hadiah Baper.

    Baper, jajan awet yang bermanfaat untuk kesehatan dapat Anda miliki hanya dengan Rp75.000. (HARGA PROMO).

    Silakan menghubungi HP: 082122309911 BBM:25E981DE.
    http://www.rumputgandum.com

  2. Trimakasih, sangat membantu�

CLOSE