5 Manfaat Kucing bagi Manusia. Baik untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

Manfaat kucing bagi manusia

Kucing menjadi salah satu peliharaan yang menggemaskan. Kebiasaan untuk memelihara  kucing sendiri bukan tanpa alasan. Selain untuk teman main, ternyata memelihara kucing juga punya manfaat bagi kesehatan seseorang lo, baik tubuh maupun mental.

Advertisement

Emang apa aja sih manfaat memelihara si hewan berbulu ini?

1. Berinteraksi dengan kucing bisa membantu kita menghilangkan stres dan terhindar dari depresi

Kucing membantu kita menghilangkan stress/Credit: Unsplash @malek_dridi

Kucing menjadi hewan yang sering dipelihara oleh manusia. Memelihara kucing sendiri adalah aktivitas yang cukup menyenangkan. Kita bisa bermain dengan hewan tersebut dan merasa terhibur karenanya. Atas alasan tersebut, manfaat kucing bagi kesehatan yang pertama adalah berkaitan dengan mental kita.

Banyak orang percaya kalau memelihara kucing bisa membantu menghilangkan stres. Ketika memelihara kucing, seseorang akan menghabiskan waktu dengan peliharaannya tersebut. Pada momen itulah kita mengeluarkan hormon oksitoksin dari otak. Hormon tersebut berfungsi untuk menciptakan rasa tenang dan rileks sehingga kita nggak mudah stres dan terserang depresi.

Advertisement

2. Kucing bisa meningkatkan kekebalan tubuh seseorang dan menghindarkan kita dari alergi

Kucing lagi tidur/Credit: Unsplash

Selain baik untuk kesehatan mental kita, memelihara kucing juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh lo. Manfaat ini sudah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan National Institutes of Health.

Dalam penenitian tersebut diketahui bahwa anak berusia di bawah satu tahun memiliki kemungkinan kecil untuk terpapar alergi dan penyakit-penyakit lain jika sering berinteraksi dengan kucing. Secara singkat, kucing dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menjauhkan alergi yang dapat menyerang tubuh kita.

3. Ketenangan yang diberikan kucing bisa mencegah penyakit jantung dan meminimalisir kita terkena penyakit stroke

Advertisement

Kucing bisa menghindarkan kita dari penyakit jantung/Credit: Unsplash @jarispics

Kucing bagi manusia adalah hewan yang sangat berguna dan menyenangkan untuk dipelihara. Membelai dan mengelus kucing ternyata memiliki efek menenangkan dan positif. Karena ketenangan yang diberikan oleh kucing, kecemasan dan tingkat stres kita menurun. Atas alasan itu pula, kita memiliki risiko serangan jantung 30 persen lebih kecil dibanding mereka yang nggak memelihara kucing.

Selain mencegah penyakit jantung, keberadaan kucing di rumah juga bisa meminimalisir stroke. Tingkah lucu kucing bisa membuat kita lebih nyaman di dalam rumah dan kehilangan tekanan.

4. Memelihara kucing adalah bentuk menjaga lingkungan dan upaya untuk terhindar dari kesepian

Kucing mengharuskan kita menjaga kebersihan lingkungan/Credit: Unsplash @serejaris

Manfaat memelihara kucing juga bisa membuat kita lebih bahagia. Selain itu, memelihara kucing adalah salah satu bentuk untuk menjaga lingkungan sekitar agar lebih asri dan juga lestari. Memelihara kucing mengharuskan kita untuk menjaga lingkungan tetap bersih. Rumah akan lebih tertata mengingat kucing punya kebiasaan buang air sembarangan jika nggak diperhatikan.

Selain itu, kucing juga bisa membantu kita untuk terhindar dari kesepian. Hal ini mungkin terdengar sepele namun kesepian adalah hal yang cukup berbahaya dan dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh kita. Kucing mampu menghalau rasa kesepian sebagai teman bicara dan teman bermain. Kucing bisa memberikan kita rasa memberi dan menerima cinta. Alhasil kita akan merasa lebih bahagia dalam kehidupan.

5. Memelihara kucing bisa membantu kita mengendalikan emosi dan lebih peduli terhadap sesama

Kucing membantu mengendalikan emosi/Credit: Unsplash @kerber

Kucing dipercaya bisa membantu kita mengetahui sifat dan kepribadian. Menurut survei, orang yang memelihara kucing umumnya adalah mereka yang cerdas dan pekerja keras. Kucing sendiri jadi pilihan orang-orang sibuk mengingat hewan ini tidak harus selalu diperhatikan manusia setiap saat. Berbeda dengan anjing yang senantiasa harus disentuh dan diajak bermain.

Terakhir, memelihara kucing juga bisa membuat seseorang untuk lebih peduli terhadap sesama dan membantu kita untuk mengendalikan emosi.

Nah, itu dia beberapa manfaat memelihara kucing bagi kesehatan. Gimana menurut kalian SoHip? Apakah kalian memelihara kucing di rumah? Atau kalian berencana untuk memelihara anak kucing setelah tahu manfaat-manfaatnya?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE