10 Manfaat Lain Buah Lemon untuk Bersihkan Perabotan Rumah dan Pakaian

Nggak cuma segar dijadikan minuman, lemon juga bisa meringankan beban bersih-bersihmu, lo!

Lemon dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C yang dipercaya untuk menjaga daya tahan tubuh. Kandungan asam sitrat dapat mendorong regenerasi kulit. Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan dan perawatan kulit, asam sitrat juga bermanfaat untuk membantu membersihkan peralatan dan perabotan rumah tangga, pakaian, hingga membasmi serangga secara alami sehingga area rumah akan terlihat bersih.

Advertisement

Sudah dapat dipastikan bahwa buah lemon bisa membantu pekerjaan rumah menjadi lebih mudah. Yuk, simak manfaat lain buah lemon untuk membersihkan rumah!

1. Menghilangkan bau tak sedap di lemari es dan kotak pasir kucing

manfaat lain lemon

Wanita yang memedang lemon di depan kulkas | Foto oleh Kevin Malik dari Pexels

Banyaknya bahan makanan yang disimpan di dalam lemari es dapat mengakibatkan lemari es tersebut bau. Untuk menghilangkan bau tak sedap itu, kamu bisa memanfaatkan jus lemon sebagai cairan untuk membersihkan lemari es. Nantinya lemari es milikmu akan kembali bersih dan segar.

Selain untuk membersihkan lemari es, bagi kamu yang memelihara kucing di rumah, untuk menetralkan bau tak sedap di kotak pasir kucing, kamu bisa meletakkan beberapa irisan lemon di dekat kotak pasir kucing.

Advertisement

2. Membersihkan bingkai jendela

manfaat lain lemon

Seorang laki-laki yang sedang membersihkan jendela | Foto oleh MART PRODUCTION dari Pexels

Seringkali debu yang tertempel di bingkai jendela luput dari pengelihatan kita ketika sedang bersih-bersih. Terkadang pula kita abai sebab jarang terlihat oleh orang lain. Meskipun tidak terlihat orang lain, kamu juga harus tetap menjaga kebersihan bingkai jendela, ya agar sirkulasi udara berjalan dengan baik dan pergantian udara juga sehat.

Kamu bisa menggunakan campuran air dengan air lemon dan baking soda untuk mengelap dan membersihkan jendela dan bingkai jendela. Untuk bagian yang sulit dibersihkan dengan lap, kamu bisa menggunakan sikat gigi untuk membersihkan area tersebut.

3. Menghilangkan lemak dan minyak membandel pada cucian piring kotor

manfaat lain lemon

Tumpukkan piring kotor yang penuh minyak dan noda lemak | Foto oleh Wallace Chuck dari Pexels

Advertisement

Tumpukan piring dan peralatan masak yang kotor tentu membuat kita pusing bagaimana cara menghilangkan lemak dan minyak yang menempel agar kembali bersih mengilap tanpa noda lemak dan minyak. Tidak perlu khawatir sebab lemak dan minyak membandel dapat kamu atasi dengan memanfaatkan air perasan lemon.

Perasan lemon dinilai sangat efektif untuk menghilangkan minyak di piring kotor. Caranya, kamu hanya perlu memeras lemon ke bagian piring yang kotor, berlemak, dan berminyak. Kemudian diamkan selama beberapa menit, dan bilas hingga bersih dengan air mengalir.

4. Membersihkan dan mengatasi wastafel tersumbat

Wastafel tersumbat tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk menghilangkan endapan mineral penyebab wastafel tersumbat, kamu bisa menggosokkan lemon di tempat saluran pembuangan pada wastafel tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan sisa lemon yang ada untuk membersihkan seluruh bagian wastafel mulai dari keran hingga permukaan. Dijamin wastafel rumahmu akan kembali berkilau seperti baru.

5. Menghilangkan noda karat

Noda karat yang muncul di beberapa perabotan rumah tangga terkadang membuat kita risih untuk menggunakannya. Bahkan jadi kurang enak untuk dipandang. Tenang dan jangan panik, sebab kamu bisa menggunakan perasan air lemon untuk mengurangi noda karat di perabotan rumahmu, lo!

Cara membersihkannya pun juga mudah, kamu hanya perlu meletakkan perabotan yang berkarat di bawah sinar matahari. Kemudian tuangkan perasan air lemon dan diamkan hingga mengering. Jika cara ini rutin kamu lakukan, maka noda karat akan menghilang dan perabotan rumah tanggamu kembali cantik.

6. Menjaga kebersihan microwave

Sisa minyak dan makanan yang menempel di bagian dalam microwave tentu cukup sulit dibersihkan. Hal ini yang kemudian membuat microwave  menjadi kotor.

Campuran air dengan perasan potongan buah lemon ternyata bisa menjadi salah satu cara untuk mengangkat sisa-sisa minyak dan makanan yang menempel di microwave. Cara membersihkannya sangat mudah, kamu hanya perlu memanaskan campuran air dan perasan lemon di dalam microwave hingga terlihat beruap selama lima belas menit. Setelah itu, barulah kamu buka dan bersihkan microwave dengan kain bersih. Noda minyak dan sisa makanan langsung terangkat dan microwave kembali bersih.

7. Membersihkan talenan kayu dari bau tak sedap

manfaat lain lemon

Lemon bisa membersihkan bau tak sedap di talenan kayu | Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Bau dijamin hilang dalam sekejap!

Kamu yang sering memasak tentu pernah mengalami hal seperti ini. Ya, bau talenan kayu yang tak sedap. Saking seringnya digunakan untuk memotong bahan makanan, membuat talenan kayu menjadi bau.

Untungnya, ada cara mudah untuk menghilangkan bau tersebut, yakni dengan memanfaatkan garam dan lemon. Kamu hanya perlu menaburkan garam pada permukaan talenan kemudian gosokkan irisan lemon pada permukaan talenan selama dua hingga tiga menit. Kemudian, rendam talenan kayu dengan air panas yang dicampur sisa sari lemon selama lima menit. Setelah itu, angkat kemudian bilas dan keringkan.

8. Menghilangkan noda di pakaian

Noda yang menempel pada pakaian akan merusak penampilan. Agar noda pakaianmu cepat hilang, kamu bisa menggosokkan potongan lemon yang telah ditaburi garam ke bagian pakaian yang terkena noda sebelum kamu mencucinya.

9. Mencerahkan pakaian tanpa pemutih

manfaat lain lemon

Jemuran putih | Foto dari Skitterphoto oleh Paxels

Selain bermanfaat untuk menghilangkan noda di pakaian, lemon juga bisa digunakan untuk mencerahkan dan memutihkan pakaian tanpa pemutih, lo!

Untuk mendapatkan pakaian putih seperti baru, kamu bisa menambahkan seperempat cangkir perasan lemon ketika kamu membilas pakaian putihmu. Kemudian jemur di bawah sinar matahari dan lihatlah hasilnya setelah kering. Pakaianmu akan terlihat seperti baru meski telah digunakan berulang kali.

10. Mengusir serangga di dalam rumah

Kehadiran serangga seperti semut, kutu, ngegat, dan kecoa di dalam rumah tentu sangat mengganggu di penghuni rumah. Meskipun sudah banyak bahan kimia pembasmi serangga, kamu dianjurkan untuk menggunakan bahan alami untuk mengusir serangga. Salah satu yang bisa kamu manfaatkan adalah lemon. Aroma lemon yang kuat dan tidak disukai serangga tentu membuat mereka akan pergi dari rumahmu.

Kamu bisa meletakkan kulit lemon kering yang dibalut dengan kain berpori sebagai pengganti kapur barus untuk menghilangkan serangga dan membuat wangi lemarimu. Selain itu, kamu bisa menyemprotkan perasan air lemon di celah antara peralatan dan perabotan rumah tanggamu dan dinding untuk mengusir serangga.

So, jika kamu ingin dimudahkan dalam pekerjaan rumah, jangan lupa gunakan buah lemon ketika kamu sedang beberes perabotan rumah atau sedang mencuci pakaian sekalipun. Dijamin hasilnya memuaskan dan meringankan bebanmu.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE