7 Makanan yang Mengandung Vitamin C sebagai Pengganti Suplemen Harian

Makanan yang mengandung vitamin C

Daya tahan tubuh yang baik bisa meningkatkan produktivitas sekaligus kesehatan. Apalagi di masa pandemi saat ini, daya tahan tubuh harus ditingkatkan terus agar dapat menghalau virus berbahaya. Salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C sebagai salah satu antioksidan yang mampu menangkal berbagai bahaya radikal bebas, si perusak sel dalam tubuh.

Advertisement

Masalahnya, dosis vitamin C dari suplemen yang masuk ke tubuh ada hitungannya, alih-alih sehat, mengonsumsi suplemen vitamin C berkepanjangan juga ada jeleknya. Nah, agar vitamin C dalam tubuh dapat terpenuhi dengan baik, salah satunya bisa dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Tak hanya jeruk, berikut makanan yang mengandung vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuhmu.

1. Jambu biji merupakan buah dengan kandungan vitamin C paling tinggi dan dapat mencegah anemia

jambu biji | Photo by Rajesh S Balouria from Pexels

Dilansir dari penelitian Departemen Pertanian Amerika Serikat, kandungan vitamin C dalam jambu biji adalah 228,3 mg per 100 gram. Jumlah tersebut lebih banyak 3-6 kali lipat dibandingkan jeruk dan 10 kali lebih banyak dari pepaya, lo. Kandungan vitamin C yang tinggi pada jambu biji tak hanya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, tetapi juga mampu mengobati sariawan dan gusi bengkak. Selain itu, jambu biji juga dapat mencegah anemia karena memiliki kandungan vitamin C yang membantu penyerapan zat besi.

Untuk mendapatkan kandungan vitamin C yang sempurna, kamu bisa mengonsumsi buah tropis ini saat menjelang matang. Hal itu lebih baik dibandingkan memakannya sebelum matang atau sudah terlalu matang.

Advertisement

2. Selain untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kandungan vitamin C dalam brokoli mampu mencegah keriput lo!

brokoli | Photo by Zamani Sahudi from Pexels

Brokoli memiliki kandungan vitamin C sebesar 89,2 mg dalam setiap 100 gram konsumsi. Brokoli sebagai sayuran yang mengandung vitamin C juga dapat menjaga kesehatan jantung karena memiliki banyak serat dan kalium. Antioksidan dalam vitamin C pada brokoli diketahui dapat memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan polusi dan sinar matahari. Bahkan, manfaat vitamin C pada brokoli juga bisa mencegah keriput. Agar kandungan vitamin C dalam brokoli bisa diserap tubuh secara maksimal, kamu bisa mengolahnya dengan dikukus daripada merebusnya secara langsung.

3. Stroberi, buah merah kaya akan kandungan vitamin C dan B9 yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil

stroberi | Photo by Any Lane from Pexels

Stroberi memiliki cita rasa manis dan segar dengan jumlah kandungan vitamin C sekitar 58,8 mg per 100 gram. Buah stroberi termasuk makanan mengandung vitamin C yang baik untuk ibu hamil dan janinnya karena kaya akan serat, asam folat, magnesium, dan kalsium. Tak hanya baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kandungan asam folat dalam stoberi penting bagi ibu hamil karena dapat mencegah risiko cacat pada janin. Buah ini bisa dikonsumsi secara langsung sebagai camilan sehat, lo.

4. Kentang, pengganti nasi yang tinggi nutrisi

kentang | Photo by Antara Verma from Pexels

Kentang dikenal sebagai salah satu sumber karbohidrat yang tinggi serat dan baik untuk pencernaan. Dilansir dari Data Komposisi Pangan Indonesia (DKPI), kentang memiliki kandungan vitamin C sebanyak 21 mg disetiap 100 gram-nya. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, jenis umbi-umbian ini juga mampu mencegah pertumbuhan sel kanker hati dan usus. Kentang mampu memberikan banyak manfaat ketika diolah dengan cara dikukus atau digoreng dengan suhu tak lebih dari 120 ℃. Pasalnya, mengolah kentang hingga suhu tersebut dapat menghasilkan senyawa acrylamide yang dapat meningkatkan risiko masalah reproduksi dan kanker.

Advertisement

5. Pepaya, buah tinggi kandungan vitamin C yang juga bisa dikonsumsi biji buahnya

pepaya | Photo by alleksana from Pexels

Pepaya adalah buah yang mengandung vitamin C dengan kandungan sekitar 90 mg dalam setengah buahnya. Selain itu, buah pepaya juga mengandung vitamin E, serat, kalsium, vitamin K, vitamin A, vitamin B1, B3, B5, folat, magnesium, dan potasium. Kandungan vitamin C dalam buah pepaya mampu meningkatkan daya ingat, lo. Selain daging buahnya, biji pepaya dapat dimakan dan bermanfaat dalam konsumsi jumlah terbatas, salah satunya untuk melindungi fungsi ginjal.

6. Tomat, baik dikonsumsi tanpa harus dimasak untuk mendapatkan manfaat kandungan vitamin C yang tinggi

tomat | Photo by Jess Ho from Pexels

Tomat memiliki rasa asam dengan kandungan air yang cukup banyak. Sayuran berwarna oranye ini seringkali dijadikan campuran pasta, jus ataupun sup. Buah ini mengandung vitamin C sebesar 20 mg dengan dua jenis, yaitu tomat merah dan tomat hijau. Tomat merah memiliki kandungan vitamin lebih banyak dibandingkan yang berwarna hijau. Uniknya, kandungan vitamin C dalam tomat akan cenderung menyusut saat dimasak. Namun, kandungan likopennya justru akan meningkat. Hal itu baik untuk tubuh karena dapat mencegah kanker prostat, pankreas, hingga kanker leher rahim.

7. Buah mangga kaya kandungan vitamin C yang dapat membantu pembentukan sel darah putih untuk melawan penyakit

mangga | Photo by Ravi Kant from Pexels

Mangga termasuk buah yang mudah ditemukan di Indonesia dan termasuk makanan yang mengandung vitamin C tinggi. Dalam satu buah mangga, kamu bisa mendapatkan 75 mg vitamin C setara dengan 67 persen angka kecukupan gizi (AKG) yang kamu butuhkan, lo. Nutrisi pendukung imunitas yang terkandung dalam buah mangga nggak cuma vitamin C, ada pula vitamin A, vitamin E, folat, vitamin K, dan sejumlah jenis vitamin B. Buah ini baik untuk kekebalan tubuh, kesehatan mata, dan memperlancar saluran pencernaan.

Dilansir dari website Kemeterian Kesehatan RI, konsumsi vitamin C yang dianjurkan oleh praktisi nutrisi per harinya adalah 45 miligram sehari untuk orang dewasa. Namun, hal itu tetap dapat berubah karena pengaruh gaya hidup, tingkatan usia, dan kebutuhan vitamin C masing-masing individu. Oleh praktisi gizi sepakat, bahwa batas dosis per hari tubuh untuk mengonsumsi vitamin C dapat ditoleransi hingga 2000 miligram per hari.

Itu dia 7 makanan yang mengandung vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tak hanya vitamin C, makanan tersebut juga memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan organ tubuhmu, lo!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE