6 Manfaat Mandi dengan Air Garam untuk Kesehatan. Pegal-pegal Hilang!

Manfaat mandi dengan air garam

Mandi bukan sekadar kegiatan untuk membersihkan tubuh dari keringat dan kotoran. Namun, juga bermanfaat untuk menjaga dan mengatasi berbagai masalah kesehatan. Apalagi jika mandi dengan air hangat yang dicampur dengan garam. Selain membuat tubuh segar dan rileks, manfaat mandi dengan air garam ternyata baik untuk kesehatan tubuh.

Advertisement

Melansir dari Healtline, garam yang baik digunakan untuk mandi adalah garam laut murni, bukan garam dapur. Hal ini karena garam laut belum mengalami penambahan zat lain dan perubahan tekstur, sehingga kandungan mineral utamanya masih lengkap. Nggak heran jika manfaat mandi dengan air hangat dan garam bisa mengatasi berbagai permasalahan kulit, otot, dan kesehatan lainnya. Berikut manfaat mandi dengan air garam yang telah Hipwee rangkum, yuk simak!

1. Manfaat mandi dengan air garam untuk kebersihan dan kesehatan kulit, serta bisa mengatasi biduran atau gatal akibat alergi

Garam himalaya | Credit by Magone on depositphoto

Garam mengandung zat antibakteri yang bisa membersihkan kulit secara tuntas. Melansir dari Healthline, dokter kulit di Spring Street Dermatology merekomendasikan mandi air garam pada pasien yang memiliki permasalahan kulit kering hingga bersisik. Sebab, larutan air garam mampu menghidrasi kulit dengan baik. Selain itu zat antiinflamasinya juga dapat mempercepat penyembuhan iritasi akibat jerawat atau luka lainnya di permukaan kulit.

Sementara itu bagi masyarakat tradisional, manfaat mandi dengan air garam juga ampuh untuk mengatasi biduran atau menghilangkan gatal pada kulit akibat alergi. Hal ini karena kandungan mineralnya yang cukup lengkap mampu mengatasi alergi pada kulit. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, coba mandi air garam himalaya yang memiliki kandungan cukup baik untuk kulit.

Advertisement

2. Mandi dengan air garam bisa mengurangi otot tegang akibat stres, kelelahan dan aktivitas berat

Berendam dengan larutan garam | Credit by Citaalliance on depositphoto

Saat mengalami stres dan kelelahan fisik nggak jarang otot terasa pegal-pegal. Hal ini bisa diatasi dengan mandi air hangat yang dicampur garam. Kandungan bromida pada garam mampu mengurangi otot tegang dan nyeri sendi. Selain itu garam juga bisa memperlancar sirkulasi otot sehingga mampu mengatasi kaku akibat kram.

Jika mengalami otot tegang yang luar biasa, cobalah berendam dengan air hangat dan garam selama 10 menit sembari dipijat bagian yang kaku. Manfaat mandi dengan air garam untuk otot ini sangat efektif membantu memulihkan tubuh yang kelelahan.

3. Manfaat mandi dengan air garam untuk pengobatan rematik dan mengurangi kaku pada persendian

Mengobati rematik dan nyeri sendi| Credit by AndrewLozovy on depositphoto

Salah satu manfaat mandi dengan air garam untuk kesehatan adalah mengobati rematik. Bahkan, air garam yang hangat juga dijadikan bahan terapeutik untuk mengatasi permasalahan otot dan sendi. Menurut tinjauan sistematis dalam jurnal Seminars in Arthritis and Rheumatisms, manfaat mandi dengan air garam mampu mengobati penyakit rematik, termasuk artrisin reumatoid, radang sendi psoriatis, spondilitis ankilosa, dan osteoartritis pada lutut.

Advertisement

4. Mandi dengan air garam sebelum tidur bisa membuat tubuh rileks dan mengatasi insomnia. Bisa jadi solusi baut kamu yang sulit tidur nyenyak!

Mengatasi insomia | Credit by photograpee.eu on depositphoto

Kandungan magnesium yang tinggi pada garam jenis epsom dipercaya dapat merangsang seseorang untuk segera tidur. Hal ini karena magnesium dapat membantu tubuh memproduksi hormon yang menimbulkan rasa kantuk, yakni melatonin. Selain itu, magnesium pada garam yang larut dalam air hangat lebih mudah diserap kulit dan akan membuat tubuh menjadi lebih rileks dan mudah tidur. Sehingga manfaat mandi dengan air garam cukup efektif untuk mengatasi insomnia.

Buat kamu yang sering mengalami gangguan tidur lain seperti sulit nyenyak, coba deh mandi air hangat dicampur garam sejam sebelum tidur. Mandinya nggak perlu lama-lama cukup sepuluh menit. Setelah itu langsung pergi tidur, dan rasakan manfaatnya.

5. Berendam di air garam bisa membantu detoksifikasi racun dalam tubuh

Berendam | Credit by Tamwong on depositphoto

Apakah kamu sudah pernah mendengar tentang mandi detoks? Umumnya, mandi detoks digunakan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh melalui pori-pori kulit. Biasanya, mandi detoks menggunakan garam epsom atau garam Inggris. Mineral yang terkandung dalam garam tersebut dipercaya dapat membantu mengeluarkan racun, mengatasi sembelit dan membantu penurunan berat badan.

Caranya, cukup larutkan garam epsom ke dalam air hangat sesuai dosis, kemudian gunakan air untuk berendam selama 15-30 menit.

6. Dari sisi spiritual, air garam dipercaya bisa menghilangkan energi negatif

Garam laut murni | Credit by Ajafoto on depositphoto

Manfaat mandi dengan air garam menurut spiritual dipercaya bisa menghilangkan energi negatif dalam tubuh. Sehingga, tubuh lebih siap untuk mendapat kekuatan-kekuatan dalam ilmu yang dipelajari. Sebenarnya jika ditinjau dari sisi kesehatan atau ilmu medis, hal ini berkaitan dengan manfaat positif air garam untuk tubuh. Seperti yang sudah Hipwee jelaskan di atas, bahwa manfaat mandi dengan air garam bisa mengatasi berbagai permasalahan kulit dan kesehatan tubuh.

Melasir dari Gaia, manfaat mandi dengan air garam bisa mengurangi energi negatif dalam tubuh, termasuk kelehan fisik dan pikiran yang membebani mental. Sehingga, nggak heran jika mandi dengan air garam dipercaya bisa menghilangkan energi negatif secara spiritual. Apalagi, ion positif yang bisa dihasilkan dari larutan garam bisa menenangkan tubuh dan meredakan stres atau tekanan dari lingkungan.

Nah, itulah 6 manfaat mandi dengan air garam untuk kesehatan. Supaya manfaatnya lebih terasa, jangan lupa gunakan garam laut murni, atau coba cari garam khusus untuk mandi. Manfaat yang lengkap untuk kulit dan tubuh ini juga bisa kamu jadikan untuk self pampering lo! Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE