5 Manfaat Masker Spirulina Selain Usir Jerawat. Klorofilnya Bikin Kulit Kencang dan Awet Muda

Manfaat masker spirulina

Siapa yang familier dengan masker spirulina? Masker kehijauan ini kabarnya punya kandungan alami untuk menyehatkan kulit wajah, bahkan banyak yang mereview kalau kandungan masker ini ampuh banget untuk memudarkan bekas jerawat. Sebagus itukah masker spirulina hingga pernah hype beberapa waktu lalu?

Advertisement

Spirulina sudah lama dikenal sebagai suplemen yang kaya manfaat untuk tubuh. Terbuat dari cyanobacteria atau biasa disebut ganggang biru hijau yang berhabitat di air tawar maupun laut, membuat spirulina dijuluki super food karena kandungan nutrisi berupa vitamin dan proteinnya yang tinggi. Spirulina dipilih sebagai kandungan masker wajah yang biasanya diolah dalam bentuk bubuk. Nah, berikut manfaat masker spirulina dan cara pemakaiannya yang benar biar hasilnya efektif. Yuk disimak!

1. Manfaat masker spirulina untuk tubuh memang sudah nggak diragukan, kandungan klorofilnya berfungsi untuk mendetoksifikasi kulit hingga mengangkat sel kulit mati

bubuk masker spirulina I Photo by Anaïs CROUZET via pixabay.com

Salah satu alasan paling menonjol untuk menggunakan masker spirulina sebagai perawatan wajah ialah kandungan klorofil di dalamnya. Klorofil kaya akan magnesium dan mineral yang membuat pergantian sel kulit mati di wajah jadi lebih cepat. Bahan alaminya juga jadi agen pembersih paling manjur untuk menghilangkan logam berat dan racun pada kulit. Manfaat masker spirulina dicampur madu bahkan bisa membuat kulit lebih lembut dan berperan sebagai anti bakteri pemicu timbulnya jerawat.

Salah satu yang paling booming pada masanya ialah produk dari Tiens. Manfaat masker spirulina Tiens bahkan diklaim mampu mengencangkan kulit hingga memudarkan noda bekas jerawat lo!

Advertisement

2. Masker spirulina dapat mencegah penuaan karena kandungan antioksidannya yang tinggi

minyak zaitun untuk menghilangkan uban secara alami I Photo by Monfocus via pixabay.com

Manfaat masker spirulina dicampur minyak zaitun ternyata bisa memberikan dua fungsi sekaligus, yakni untuk melindungi kulit dari radikal bebas dan memberikan kelembapan yang bisa bertahan seharian. Masker spirulina dapat menetralkan racun penyebab penuaan dini, kandungan tirosinnya bisa memperlambat penuaan sel-sel kulit.

Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat campurkan air mawar sebagai pelarut masker. Manfaat masker spirulina dicampur air mawar tersebut dapat memberikan efek hidrasi dan membersihkan kulit hingga ke pori-pori.

3. Mengandung profil asam amino yang baik untuk kolagen, masker spirulina juga berfungsi mengencangkan tampilan kulit yang kendur, terutama di bagian bawah mata

Advertisement

ilustrasi menyentuh wajah I Photo by http://cos.h-cdn.co/ via cos.h-cdn.co

Salah satu kelebihan dari masker alami ini mengandung beberapa karotenoid seperti astaxanthin, antioksidan yang ditemukan dalam ganggang dan telah diteliti secara luas kemampuannya untuk membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan tanda penuaan. Kandungan profil asam amino bahkan sangat baik untuk memproduksi kolagen di kulit wajah.

Pilihlah masker spirulina yang sudah terbukti ampuh dan bersertifikat BPOM seperti jenis HPAI. Beberapa manfaat masker spirulina HPAI yang berasal dari Malaysia ini mengklaim bisa memudarkan bekas jerawat karena mengandung gamma linolenic yang beperan menekan peradangan pada kulit.

4. Selain mengontrol sebum, kandungan masker spirulina juga bisa mengatasi pigmentasi kulit

manfaat masker spirulina I Photo by kevin laminto via unsplash.com

Manfaat masker spirulina untuk wajah berjerawat bukan isapan jempol belaka, beberapa kandungan pada spirulina seperti gamma linolenic acid (GLA) bisa membantu tubuh melawan peradangan seperti jerawat. Menggunakan masker ini juga mampu menghentikan pertumbuhan bakteri dan membersihkan sebum dari kulit wajah kamu. Masker ini juga cocok untuk segala jenis kulit karena nggak membuat wajah jadi terlalu kering. Jadi jangan khawatir lagi untuk mencobanya ya~

5. Masker ini juga ampuh untuk mencerahkan wajah serta melindungi kulit dari radikal bebas. Bye-bye deh wajah kusam~

manfaat masker spirulina I Photo by klikdokter via www.klikdokter.com

Kandungan vitamin A, C dan E dalam spirulina dapat mengurangi kerutan, noda flek di wajah, hingga mencerahkan kulit. Selain itu, nutrisi berupa asam lemak esensial omega 6 dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan membran sel yang sehat termasuk kulit wajah. Nutrisi ini membuat kulitmu tampak lebih cerah, terhidrasi dan awet muda.

Perhatikan cara memakai masker spirulina yang benar biar hasilnya maksimal dan minim efek sampingnya

ilustrasi penggunaan masker I Photo by bridgesward via pixabay.com

Berikut tahapan penggunaan masker spirulina:

  1. Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan facial cleanser yang lembut.
  2. Campurkan bubuk masker dengan air hingga teksturnya kental, aduk sampai tidak ada yang menggumpal.
  3. Baurkan pada wajah dan leher menggunakan jari atau spatula.
  4. Tunggu hingga 15 menit sampai masker mengering, setelahnya dibilas dengan air hangat.

Untuk hasil yang maksimal, gunakan 2-3 kali dalam seminggu. Jika masih bertanya bolehkah pakai masker spirulina setiap hari? jawabannya nggak ya, SoHip, karena bisa bikin wajah kamu jadi kering dan iritasi. Pastikan juga kalau produk yang digunakan asli bukan yang palsu. Untuk membedakannya, kamu bisa lihat dari warna produk, biasanya yang asli lebih hijau pekat agak kebiruan, sedangkan yang palsu lebih kehitaman. Dari aroma, tekstur bubuk dan harga tentunya juga berbeda. Selalu waspada ya, supaya terhindar dari bahaya masker spirulina.

Itu dia manfaat masker spirulina yang perlu kamu tahu sebelum mencobanya. Pastikan untuk selalu teliti dalam membeli ya biar hasil yang didapat maksimal. Selamat mencoba~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE