5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dari yang Kemerahan Sampai yang Sudah Mulai Menghitam

Cara menghilangkan bekas jerawat

Kalau mengempiskan jerawat memang relatif mudah, cukup dioleskan obat totol saja kadang sudah bisa membaik. Sayangnya, meski berhasil kempis, kadang ada beberapa jerawat yang malah berbekas, bisa memerah atau bahkan menghitam. Penyebabnya beragam, seperti tak pemakaian produk yang nggak cocok atau kebiasaan menyentuh dan memencet jerawat. Padahal bekas jerawat cenderung lebih sulit dihilangkan dan bisa mengganggu penampilan. Makanya, tak sedikit orang yang mencari tahu bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat.

Advertisement

Ternyata, bekas jerawat itu tak cuma ada di wajah, tapi di punggung juga lo! Meski sama-sama bekas jerawat, cara menghilangkannya berbeda. Sebab, struktur kulit wajah dan punggung juga tak sama. Ketimbang disamarkan dengan make-up, cobalah cara menghilangkan bekas jerawat berikut biar kamu tak perlu repot-repot lagi menutupinya. Di sini, Hipwee Tips juga mengulas bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam pada remaja juga lo!

1. Lakukan langkah-langkah berikut sebagai cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam

bekas jerawat hitam via www.mamamia.com.au

Biasanya, bekas jerawat hitam ada di sekitar area pipi. Penyebab paling umum ialah kebiasaan menempelkan ponsel saat menelepon. Tapi tak perlu khawatir, ada beberapa cara menghilangkan bekas jerawat hitam yang bisa dicoba.

  • Pertama, pakai skincare yang mengandung AHA atau Alpha Hydroxy Acid agar lapisan kulit luar yang menghitam akibat jerawat bisa mengelupas.
  • Jangan lupa lengkapi dengan memakai serum yang mengandung retinoid karena bisa mempercepat regenerasi dan mengembalikan tekstur kulit akibat jerawat maupun sebum.
  • Atau, kamu bisa pakai produk skincare berbasis vitamin C yang mengandung antioksidan. Ya, berkat kandungnya vitamin C bisa mengembalikan kecerahan wajah setelah mengalami kerusakan akibat radikal bebas. Bahkan, vitamin C juga bisa meminimalisir pigmentasi kulit penyebab flek hitam.
  • Tak lupa, gunakan tabir surya apalagi jika kamu harus beraktivitas di luar ruangan. Biar bekas jerawatmu memudar, gunakan sunscreen SPF minimal 30 dan aplikasikan berulang setiap empat jam sekali.
Advertisement

2. Ketahui juga cara menghilangkan bekas jerawat merah yang meradang

bekas jerawat merah via www.justinboey.com

Selain memakai sunscreen untuk melindungi bekas jerawat dari sinar matahari agar tak meradang, kamu bisa melakukan beberapa perawatan berikut sebagai cara menghilangkan bekas jerawat merah di pipi.

  • Lakukan eksfoliasi wajah secara manual supaya sel kulit mati yang menyumbat penyembuhan jerawat biar terangkat. Tapi, baiknya kurangi dulu penggunaan produk eksfoliasi berbahan kimia untuk meminimalisir peradangan. Kamu bisa mengeksfoliasi wajah dengan menggunakan waslap yang dibasuh dengan air hangat.
  • Sementara, gunakan skincare yang bersifat soothing dan calming agar kemerahan pada kulit wajah bisa diminimalisir. Skincare yang bisa kamu pakai baiknya mengandung Centella asiatica, green tea, lidah buaya, dan allatoin.
  • Sebisa mungkin hindari hal yang bisa membuat kulit makin iritasi, seperti memencet jerawat atau komedo di area yang lagi bermasalah, menggunakan pembersih wajah dengan pH tinggi, serta nggak memakai toner yang mengandung astringen.

3. Cara menghilangkan bekas jerawat dalam semalam memang hampir mustahil. Tapi bisa dipercepat jika kamu melakukan beberapa perawatan kecantikan berikut ini

Advertisement

perawatan di dokter via www.cderma.id

Tenang, cara menghilangkan bekas jerawat Alodokter ini terbilang aman selama kamu berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mencobanya.

  • Untuk menghilangkan kontur area bekas jerawat, kamu bisa menggunakan perawatan laser. Ada dua jenis perawatan laser yang bisa dipakai, yakni ablatif dan non ablatif. Perawatan ablatif dilakukan dengan ‘menembakkan’ laser pada bekas jerawat sehingga permukaan kulit  lebih halus. Sedangkan laser non-ablatif bisa bantu  mengaktifkan produksi kolagen tanpa mengganggu permukaan kulit di sekitarnya.
  • Dermabrasi boleh dilakukan jika kamu ingin mengangkat lapisan kulit teratas supaya bekas jerawatnya memudar. Tapi, setelah melakukan perawatan ini, kulit wajah akan berubah jadi kemerahan dan bengkak, namun lambat laun pasti akan membaik kok.
  • Kalau mau perawatan yang agak ringan, kamu bisa mencoba chemical peeling. Perawatan ini bisa mengurangi bekas jerawat dan hiperpigmentasi. Setelah melakukan perawatan ini, biasanya kulit jadi lebih halus dan warnanya pun merata.
  • Ada juga perawatan IPL atau Intense Pulse Light yang memanfaatkan cahaya lampu xenon berintensitas tinggi untuk memudarkan bekas jerawatmu. Selain bekas jerawat, metode ini juga bisa mengurangi flek hitam, kerutan, serta garis halus atau tanda penuaan lainnya lo!

4. Selain di wajah, kamu juga mesti tahu bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat di punggung

bekas jerawat di punggung via www.medicalnewstoday.com

Meski nggak kelihatan, bekas jerawat di punggung kadang juga mengganggu lo! Selain jadi nggak percaya diri saat pakai baju yang agak terbuka, kamu pun bisa saja mengalami iritasi. Tapi tenang, ada kok beberapa cara menghilangkan bekas jerawat di punggung yang bisa kamu coba.

  • Meski sepele, memakai pakaian yang kering dan bersih ternyata bisa mengurangi bekas jerawat di punggung lo! Ini dilakukan supaya tak ada kotoran yang menempel di punggung dan bikin area ini jadi muncul jerawat lagi.
  • Cobalah gunakan produk yang mengandung Benzoil peroksida agar bekas jerawat di punggung sedikit memudar. Bahan aktif ini bisa kamu temukan di sabun mandi kok. Agar lebih efektif, pilihlah yang kadarnya 5,3 persen dan saat dipakai, diamkan dulu selama dua sampai lima menit sebelum dibilas.
  • Hindari dulu produk yang berbahan dasar minyak karena bisa menyumbat pori-pori dan malah bikin jerawat muncul lagi. Baiknya, cari produk berbahan dasar air dan berlabel non-komedogenik.
  • Kalau bekas jerawat di punggung tak kunjung membaik, coba atasi bekas jerawat di punggungmu dengan obat oles atau minum. Biasanya, dokter akan meresepkan antibiotik oles atau obat jerawat seperti Tetrasiklin, Minosiklin, Dekosisiklin, dan Eritromisin untuk bantu menyamarkan bekas jerawat di punggungmu.

5. Meski butuh waktu lebih lama, tapi nggak ada salahnya jika kamu mencoba cara menghilangkan bekas jerawat secara alami

pakai cara alami via www.herzindagi.com

Selain menggunakan skincare dan perawatan di klinik kecantikan, cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan-bahan alami juga cukup sering jadi pilihan. Meski begitu, kamu tak boleh asal pakai bahan yang ada supaya nggak mengalami peradangan lain. Berikut beberapa bahan alami yang aman dipakai.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan madu bisa dipraktikkan oleh pemilik kulit sensitif

Bersihkan wajah dan bilas dengan menggunakan air hangat agar pori-pori terbuka. Kemudian, oleskan madu murni ke wajah dan diamkan selama 30 menit. Jika sudah, bersihkan kembali dengan air hangat lalu bilas dengan air dingin agar pori-pori tertutup kembali.

Kalau mau sekalian melembapkan, coba cara menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya

Ambil daun lidah buaya, lalu potong menjadi beberapa bagian dan kupas kulitnya. Keluarkan gel dan haluskan supaya bisa lebih mudah dioleskan ke wajah. Diamkan gel di wajah selama 10 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan kentang akan lebih maksimal jika dilakukan sebanyak tiga kali dalam seminggu

Iris kentang tipis-tipis dan tempel ke area wajah yang punya bekas jerawat. Diamkan selama 10 menit kemudian cuci dengan air bersih.

Menghilangkan bekas jerawat memang lebih susah ketimbang mengempiskannya. Meski begitu, beberapa cara menghilangkan bekas jerawat di atas bisa kamu coba untuk bantu membuatnya jadi memudar. Jadi nggak perlu lagi menutupinya dengan kosmetik-kosmetikan. Selamat mencoba dan semoga berhasil di kamu, ya!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE