Bibir yang sehat dan tampak merona tak hanya akan mempercantik penampilan, tapi juga menunjang aktivitasnya untuk mengecap, makan, dan berbicara. Itulah kenapa bibir menjadi salah satu organ penting yang butuh perawatan rutin setiap harinya.

Nggak harus mahal, perawatan bibir bisa dilakukan dengan cara sederhana dan murah kok. Salah satunya ialah dengan menggunakan bahan alami seperti madu. Kandungan pada madu bisa membantu bibir untuk mengatasi masalah-masalahnya. Nah, kalau kamu rutin mengoleskan madu pada bibir setiap harinya, beberapa manfaat inilah yang akan kamu dapatkan.

1. Masalah bibir kering bisa diatasi jika kamu rajin mengoleskan madu ke permukaannya setiap hari

bibir kering via www.zurnal24.si

Advertisement

Polusi, udara dari AC, dan perubahan cuaca yang cukup ekstrem bisa jadi penyebab bibir kering. Nah, biar bibirmu nggak makin kering terlebih saat pakai perona bibir, mending oleskan madu terlebih dahulu untuk perawatannya.

2. Mengoleskan madu juga bisa mengobati bibir berdarah akibat pecah-pecah juga lo!

bibir pecah-pecah via www.gulalives.co

Dalam kondisi seperti ini, mengoleskan madu secara langsung saja nggak cukup. Kamu perlu memanaskan madunya dulu sebelum dioleskan ke bibir. Proses pemanasan madu bisa membuat nutrisinya lebih mudah terserap ke lapisan bawah kulit. Oleskan madunya setelah suhunya hangat-hangat kuku, ya!

3. Kamu yang warna bibirnya gelap, rajin-rajinlah mengoleskan madu supaya bibirmu kembali memerah perlahan

bibir gelap via www.cosmetikkita.com

Cara ini dianggap manjur karena kandungan alami dalam madu bisa mengangkat sel kulit mati pada bibir. Kamu hanya perlu mengoleskan madu ini pada bibir tiap menjelang tidur atau di pagi hari sebelum beraktivitas.

4. Sariawan yang muncul di bibir juga bisa kamu sembuhkan dengan mengoleskan madu

sariwan di bibir via hellosehat.com

Advertisement

Selain bikin kamu susah makan, sariawan di bibir juga bikin seseorang jadi malas ngomong. Lha wong perih. Tapi tenang, untuk menghilangkan rasa perihnya, kamu bisa mengoleskan madu pada bagian bibir yang sariawan. Di awal-awal memang agak clekit-clekit, tapi cara ini cukup manjur kok!

5. Gunakan masker madu untuk menyamarkan lipatan bibir yang sering membuatmu nggak percaya diri

lipatan bibir via www.image.ie

Memang sepele sih, tapi lipatan pada bibir bisa kadang bikin lipstik jadi cepat retak dan hilang. Makanya, oleskan bibir setiap hari dengan madu agar lipatan ini bisa pelan-pelan tersamarkan dan merata kembali.

6. Madu juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bakteri dari makanan yang menempel pada bibir

anti bakterial via seruni.id

Sisa makanan yang menempel pada bibir biasanya bikin bibir jadi rentan gatal. Atau, getah dari buah atau sayuran tertentu ada juga yang bikin bibir jadi iritasi dan meradang. Nah, untuk mengatasinya, cobalah oleskan madu. Kandungan antibakteri pada madu juga bisa menyembuhkan luka pada bibirmu.

Saat diolesi madu, usahakan untuk nggak menjilatnya selama beberapa saat, ya. Biarkan dulu agar madu meresap hingga melembapkan bibirmu. Madu juga bisa kamu gunakan untuk menggantikan lip balm, pun lebih alami, kan?

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya