7 Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur untuk Diet Hingga Kecantikan

Manfaat minum air putih sebelum tidur

Minum air putih sangat penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh kita setiap harinya. Jika tubuh kekurangan cairan, berbagai gangguan kesehatan bisa terjadi. Maka dari itu, kita mengenal anjuran minimal minum air putih setidaknya 2 liter atau 8 gelas per hari. Mengapa harus sebanyak itu? Tentu saja karena cairan yang kita konsumsi tersebut akan hilang saat kita bernapas, berkeringat, dan saat buang air besar.

Advertisement

Beberapa ahli kesehatan menganjurkan untuk meminum air putih sebelum tidur. Hal itu dipercaya bisa membuat tidur nyenyak dan lebih nyaman. Air putih yang dianjurkan untuk diminum sebelum tidur ini adalah air hangat yang tidak terlalu panas. Namun, bukan berarti manfaat minum air putih dingin sebelum tidur tidak ada, hanya saja akan lebih maksimal jika air yang kita konsumsi dalam keadaan hangat.

1. Manfaat minum air putih sebelum tidur untuk diet: bisa alihkan rasa laparmu

Air putih untuk diet | Photo by Steve Johnson on Unsplash

Untuk kamu yang sedang menjalankan program diet, membiasakan minum air putih sebelum tidur akan membuat diet lebih berhasil. Bagaimana bisa? Karena rasa lapar seringkali muncul di malam hari mendekati waktu tidur. Jika kamu mengalihkan rasa lapar itu dengan minum air putih, maka kamu akan terhindar dari konsumsi makanan yang tak sehat. Selain itu, manfaat minum air putih hangat sebelum tidur malam juga bisa menurunkan berat badan karena makanan dalam tubuh akan dicerna lebih cepat.

Berapa gelas minum air putih sebelum tidur? Kamu cukup mengonsumsi satu sampai dua gelas air.

Advertisement

2. Manfaat minum air putih sebelum tidur untuk kecantikan: menjaga kelembapan kulit

Air putih untuk kecantikan | Photo by Adrienn from Pexels

Air putih sangat bermanfaat untuk kecantikan, khususnya kulit kita. Oleh karena sebagian besar dari struktur kulit kita terdiri atas air, kita perlu menjaga kelembapannya dengan cara meminum air, salah satunya saat sebelum tidur. Air penting untuk memberikan nutrisi penting pada sel-sel kulit dan melengkapi kebutuhan jaringan kulit. Kebiasaan meminum air, salah satunya sebelum tidur, bisa menunda munculnya tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus.

3. Minum air putih sebelum tidur bisa menjaga tubuh terhidrasi dengan baik, kamu jadi nggak kehausan di malam hari~

Bermanfaat untuk menghidrasi tubuh | Photo by Daria Shevtsova from Pexels

Manfaat minum air putih panas, namun cenderung hangat sebelum tidur tentu saja akan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Hal ini akan membantu kamu terhindar dari rasa haus di malam hari yang memicu untuk bangun. Tidak hanya sebelum tidur, manfaat minum air putih setelah bangun tidur juga bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang saat tidur.

4. Minum air putih sebelum tidur bisa melancarkan sirkulasi darah sehingga mencegah penyakit kardiovaskular lo!

Bantu lancarkan aliran darah | Photo by manu schwendener on Unsplash

Manfaat minum air putih hangat sebelum tidur juga mampu memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh. Dilansir dari SehatQ, sirkulasi darah yang meningkat signifikan ke struktur otot bisa meningkatkan oksigen ke jaringan tubuh. Ketika sirkulasi darah lancar, maka organ tubuh pun akan bekerja dengan baik. Dengan begitu, tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya, seperti jantung, atau penyakit kardiovaskular lainnya.

Advertisement

5. Konsumsi air putih sebelum tidur bisa melancarkan pencernaan. Buat kamu yang sering mengalami sembelit, ini solusinya

Bisa lancarkan pencernaan | Photo by Daria Shevtsova from Pexels

Siapa yang mengalami masalah susah buang air besar? Kamu  bisa menggunakan cra alami dengan meminum air putih hangat sebelum tidur. Dilansir dari Halodoc, air putih hangat mampu melancarkan pencernaan karena bisa membantu melarutkan dan memecah partikel makanan. Oleh karena itu, pergerakan usus pun menjadi lancar dan masalah sembelit pun akan teratasi.

6. Sering sakit kepala setelah bangun tidur? Bisa jadi kamu kekurangan cairan. Solusinya, biasakan konsumsi air putih sebelum tidur

Membantu atasi sakit kepala | Photo by Sammy Williams on Unsplash

Salah satu penyebab terjadinya sakit kepala ialah kurangnya cairan tubuh. Jika kita tidak meminum air putih sebelum tidur, keesokan harinya kita akan terbangun dalam kondisi haus. Kurangnya cairan itu bisa membuat kepala terasa sakit. Maka dari itu, untuk mencegah sakit kepala di pagi hari, kita bisa membiasakan minum air putih saat sebelum dan bangun tidur. Manfaat minum air putih sebelum tidur dan bangun tidur akan terasa saat kita terbiasa melakukannya.

7. Sering lelah berkepanjangan? Mungkin kamu perlu membiasakan minum air putih sebelum tidur untuk memperbaiki suasana hatimu

Air putih untuk membantu regenerasi sel Photo by engin akyurt on Unsplash

Setelah beraktivitas harian, tubuh dan pikiran terkadang kekurangan asupan cairan sehingga berpengaruh pada suasana hati yang buruk. Untuk itu, agar suasana hati menjadi lebih baik, kamu bisa meminum air hangat sebelum tidur. Minum air hangat bisa memperbaiki mood dan meredakan stres, sehingga tidurmu akan lebih nyenyak.

Ternyata banyak sekali manfaat minum air putih sebelum tidur, ya. Tapi perlu kamu perhatikan, hindari meminum air putih terlalu dekat dengan waktu tidur supaya tidak mengganggu tidurmu. Kamu bisa meminum 1-2 gelas air putih dalam jangka waktu kurang lebih dua jam sebelum waktu tidurmu. Jadi, apakah setelah ini kamu akan membiasakan minum air sebelum tidur ini, SoHip? Jangan khawatir, minum air putih sebelum tidur nggak bikin gemuk, kok!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE