5 Cara Memanfaatkan Susu yang Hampir Basi dan Belum Mengental. Diolah Jadi Custard Pun Bisa!

Memanfaatkan susu basi

Sebenarnya, susu nggak boleh disimpan terlalu lama. Apalagi jika hanya diletakkan di atas meja begitu saja. Meski sudah ada tanggal kedaluwarsanya, susu yang sudah dibuka dari kemasannya berpotensi cepat rusak dan basi. Nggak cuma warna dan teksturnya, biasanya kalau sudah basi, rasa susu pun akan berubah jadi sedikit asam.

Advertisement

Nggak sama dengan makanan lain yang mesti langsung dibuang setelah basi, susu masih bisa dimanfaatkan menjadi sesuatu yang berguna. Penasaran buat apa saja? Cek ulasan Hipwee Tips berikut ini, ya!

1. Susu yang hampir atau sudah basi bisa diolah menjadi krim kustar yang bisa digunakan untuk isian kue susu, olesan roti tawar, atau cocolan makan biskuit

krim kustar via www.yenersway.com

  • Panaskan susu dengan suhu rendah. Setelah mendidih, angkat lalu tunggu sampai dingin.
  • Tambahkan dua kuning telur dan gula sesuai selera. Lalu panaskan lagi di atas kompor sambil di aduk.
  • Kukus campuran krim selama lima menit supaya teksturnya jadi lebih kental.

2. Susu yang hampir basi justru jadi bahan paling tepat untuk membuat yoghurt rumahan

yoghurt via veenaazmanov.com

Selain karena rasanya, susu basi juga bisa bikin bakteri lebih cepat jadi saat membuat yoghurt. Harap perhatikan proses pemanasan karena sangat memengaruhi hasil yoghurt nanti.

Advertisement
  • Panaskan panci yang sudah berisi susu, tunggu hingga mulai muncul bintik-bintik.
  • Matikan kompor, kemudian pindahkan di tempat yang ada tutupnya. Diamkan hingga uap mulai hilang.
  • Tambahkan yoghurt tanpa rasa, aduk rata, lalu tutup wadahnya dengan kain.
  • Diamkan selama 12 jam di tempat yang punya suhu stabil.

3. Dengan tambahan beberapa bahan, kamu pun bisa membuat cottage cheese pakai susu ini

Jika belum mengental dan berbau, susu yang hampir basi masih bisa dipakai untuk membuat cottage cheese, mengutip laman Healthline. Namun, agar hasil cottage cheese lebih enak, pastikan kamu memakai susu pasteurisasi ya, bukan UHT.

  • Didihkan susu di atas panci, kemudian masukkan beberapa sendok cuka dapur. Aduk hingga menjadi gumpalan, lalu matikan api dan angkat.
  • Saring susu menggunakan serbet bersih. Ikat kain dan peras air yang terisi. Biarkan kain yang berisi gumpalan susu atau cottage cheese hampir jadi di atas mangkuk selama satu jam.
  • Buka ikatannya, kemudian pindahkan di wadah kedap udara.
Advertisement

4. Meski hampir basi, susu tetap bisa digunakan untuk membuat adonan pancake, waffle, maupun biskuit

adonan pancake via www.hariantrendingtopik.com

Melansir laman Tree Hugger, karena memiliki tingkat keasaman yang sama, susu hampir basi bisa digunakan sebagai pengganti yoghurt atau buttermilk untuk membuat pancake maupun waffle. Tapi gunakanlah susu yang sebelumnya disimpan dalam kulkas agar lebih steril dan bersih. Pastikan juga kamu nggak menggunakannya terlalu banyak supaya adonan nggak terlalu asam.

5. Kalau mulai cukup bau, gunakan susu basi untuk menyiram tanaman

siram tenaman via www.65ymas.com

Kandungan kalsium di dalam susu bisa bikin tanaman cepat tubuh dan jadi lebih subur. Susu basinya bisa kamu campur dengan sedikit air agar jadi lebih banyak. Pupuk dari susu basi ini paling efektif jika digunakan untuk sayuran rumahan seperti tomat dan cabai.

Jangan buru-buru dibuang, ternyata susu basi bisa kok kamu pakai lagi, asalkan belum terlalu bau dan mengental. Di samping itu, kamu perlu memastikan bahwa susu yang digunakan memang aman dan sebelumnya disimpan dengan baik di kulkas. Daripada terlanjur dibuat macam-macam, nanti malah sakit perut lo!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE