Penjelasan Tentang Memar yang Muncul Tiba-Tiba. Katanya Dijilat Setan, Emang Iya?

memar tiba-tiba

Beberapa masyarakat di Indonesia ada yang masih percaya dengan mitos-mitos yang berbau gaib, padahal zamannya sudah digital lo. Salah satu fenomena yang sampai sekarang masih dianggap mistis adalah memar yang tiba-tiba muncul di kulit tanpa sebab. Bahkan masih ada yang beranggapan bahwa fenomena ini terjadi karena dijilat setan. Duh, ngerinya!

Advertisement

Setelah ditelusuri lebih lanjut, ada penjelasan medis yang menyebabkan munculnya memar di kulit secara tiba-tiba. Biar kamu nggak lagi bilang ‘katanya-katanya’ lagi, mending dibaca dulu deh penjelasan Hipwee Tips berikut.

Jangan parno dulu, ada beberapa penyebab kulit bisa memar secara tiba-tiba. Yang pasti bukan karena dijilat setan lo, ya!

pecahnya pembuluh darah via hellosehat.com

Memar tiba-tiba ini biasanya muncul di area paha, bokong, atau lengan atas. Dalam dunia medis, kondisi semacam ini disebut dengan istilah purpura simplex ternyata umum terjadi. Memar ini terjadi akibat pecahnya pembuluh darah yang menyebabkan darah menggenang tepat di bawah kulit. Meski begitu, penyebab pecahnya pembuluh darah ini dan bagaimana terjadinya belum diketahui secara pasti.

Tapi kamu juga perlu waspada, memar yang muncul tiba-tiba juga bisa menandakan kondisi kesehatan yang serius

kondisi kesehatan serius via www.halodoc.com

Biasanya, memar tiba-tiba ini terjadi pada penderita hemofilia dan trombositopenia. Hemofilia sendiri merupakan penyakit turunan langka yang menyebabkan darah kesulitan membeku karena kekurangan jenis protein tertentu. Sementara itu, trombositopenia adalah suatu gangguan darah yang menyebabkan tubuh kekurangan trombosit atau keping darah.

Advertisement

Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya anemia, infeksi virus, konsumsi alkohol berlebihan, leukimia, obat-obatan kemoterapi, kehamilan, dan faktor keturunan.

Selain kondisi kesehatan serius, beberapa jenis obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan memar yang muncul tiba-tiba

karena obat-obatan tertentu via santazembaha.com

Jika kamu nggak punya riwayat penyakit seperti yang disebutkan di atas, memar tiba-tiba juga bisa muncul saat kamu tengah mengonsumsi obat-obatnya tertentu. Misalnya, obat berjenis aspirin,warfarin, clopidogrel, dan prasurgel, yang termasuk golongan pengencer darah sehingga bisa meningkatkan volume peredaran darah. Darah yang mengalir deras bisa menggembungkan pembuluh darah sehingga pecah dan timbul memar.

Meski begitu, kamu nggak perlu khawatir jika tiba-tiba muncul memar ditubuhmu. Umumnya nggak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya kok. Tapi, kalau ini disebabkan oleh obat-obatan, ya!

Proses memudarnya via bobo.grid.id

Advertisement

Jika kamu mengonsumsi obat-obatan di atas, nggak perlu khawatir dan buru-buru ke dokter saat menemukan memar ditubuhmu. Namun, jika memar tiba-tiba ini sering muncul, barulah kamu perlu memeriksakannya ke dokter, takutnya salah satu penyakit di ataslah yang jadi penyebabnya.

Jadi, kalau kamu mengalami memar yang muncul tiba-tiba seperti ini, nggak perlu panik dan menerka bahwa kamu telah disentuh atau dijilat setan karena kondisi ini ada penjelasan medisnya. Jika terus terjadi dari waktu ke waktu, baiknya segera periksakan kondisimu ke dokter agar bisa terdeteksi masalahnya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE