5 Keuntungan Memasak dengan Air Kelapa. Gurih dan Empuk!

Jangan langsung diseruput habis, coba buat masak juga

Air kelapa muda memang terkenal sangat bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan elektrolit yang terdapat di air kelapa terbukti mampu mengganti cairan tubuh yang hilang. Bahkan, mengonsumsi air kelapa muda juga bisa mencegah penyakit stroke, batu ginjal, serta bisa mencegah penuaan.

Advertisement

Selain menyegarkan dan bermanfaat bagi kesehatan, air kelapa muda juga bisa berguna sebagai bahan tambahan masakan, lo, SoHip! Masakan yang ditambah air kelapa akan memberikan rasa dan aroma yang lezat. Hmm.. kok bisa, ya?

1. Memberikan rasa manis yang ringan

air kelapa untuk masakan

Chef yang sedang memotong bebek panggang | Foto oleh Kheng Tang dari Pexels

SoHip tahu kan kalau air kelapa muda punya rasa manis alami? Meski rasa manis tersebut ringan, tetapi bisa bikin masakanmu jadi kaya rasa, lo! Contohnya, ketika memasak bebek goreng kremes. Kamu bisa mengganti air ungkep dengan air kelapa muda. Rasa manis dari air kelapa muda akan terserap ke dalam daging bebek. Dijamin rasa yang dihasilkan akan lebih manis yang berbeda dari biasanya.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan air kelapa muda di bumbu adonan kremes. Hal ini dapat membuat kremes buatanmu terasa lebih manis.

Advertisement

2. Tambahan rasa gurih yang pas

Selain memberikan rasa manis, menambahkan air kelapa dalam masakanmu juga akan memberikan sensasi gurih yang pas. Air kelapa muda digunakan sebagai pengganti air untuk memeras santan. Ketika kamu memasak nasi uduk, nasi kuning, atau opor ayam. kamu bisa mengganti air yang digunakan untuk memeras santan dengan air kelapa muda. Kamu pasti akan terkejut dengan sensasi rasa yang dihasilkan? Jauh lebih sedap dengan rasa manis yang ringan dan rasa gurih yang pas.

3. Meningkatkan aroma masakan

air kelapa muda pada masakan

Puding dengan jeruk dan stroberi | Creadit: Pixabay

Tidak hanya memberikan rasa manis dan gurih saja, air kelapa juga mampu meningkatkan ketajaman aroma masakan. Masakan apa pun yang menggunakan air kelapa dijamin akan menghasilkan aroma yang lebih wangi.

Advertisement

Contohnya ketika kamu ingin membuat puding, cobalah ganti air biasa yang kamu gunakan untuk memasak puding dengan air kelapa. Aroma dan rasa puding akan lebih wangi dan menggoda untuk disantap.

4. Menghilangkan bau amis dan prengus

Selain menambah rasa dan aroma masakan, air kelapa juga berguna untuk menghilangkan bau amis dari daging, loh! Bau amis atau prengus yang dihasilkan daging tentu sangat menganggu kita ketika akan mengolah masakan. Untuk menghilangkan bau amis pada ikan, cukup cuci atau rendam ikan dengan air kelapa selama 2 menit. Sedangkan untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing, kamu hanya cukup merendam daging dengan air kelapa muda selama 30 menit.

5. Mengempukkan daging

Daging merah segar

Daging merah segar | Foto oleh Emre Vonal dari Pexels via www.pexels.com

Selain melumuri daging dengan daun singkong, ternyata merendam daging dengan air kelapa juga bisa berguna untuk mengempukkan daging. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu merendam daging dengan air kelapa muda selama 15-30 menit. Daging yang tadinya alot akan berubah menjadi lebih empuk dan mudah dimasak.

Bagaimana SoHip? Tertarik untuk menambahkan air kelapa pada masakanmu supaya lebih lezat? Yuk, jangan ragu dan segera coba!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE