7 Cara Membersihkan Karang Gigi secara Alami, Lumayan Bantu Sebelum Scalling

cara membersihkan karang gigi

Salah satu masalah gigi yang paling sering disepelekan ialah karang gigi. Munculnya karang gigi bisa disebabkan oleh sisa makanan yang tertinggal dalam gusi. Supaya gigi tetap bersih dan sehat, pastikan kamu tahu cara tepat membersihkan karang gigi, ya. Kalau nggak dibersihkan, karang gigi ini akan menumpuk dan menimbulkan beberapa penyakit seperti radang gusi hingga infeksi.

Advertisement

Sebelum datang ke dokter untuk menghilangkan karang gigi dengan scaling, kamu bisa coba melakukan perawatan sendiri di rumah. Dengan cara-cara yang mudah ini, niscaya karang gigimu bakalan rontok sedikit demi sedikit. Yuk, ketahui 7 cara membersihkan karang gigi secara alami di bawah ini!

1. Menyikat gigi secara teratur masuk dalam daftar pertama sebagai salah satu cara menghilangkan karang gigi

cara menghilangkan karang gigi

sikat gigi | Credit by www.corsodyl.co.uk

Para ahli menganjurkan setiap orang untuk menyikat gigi sebanyak dua kali sehari: pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Supaya benar-benar bersih, sikatlah gigimu selama dua menit. Cara ini hanya akan berhasil jika karang gigimu masih kinyis-kinyis, artinya belum mengeras banget.

2. Setelah makan, jangan lupa untuk selalu membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi atau dental floss

pakai dental flosh | Credit by www.pulselive.co.ke

Benang gigi efektif untuk membersihkan sela-sela dan bagian terdalam gigi yang sulit dijangkau oleh bulu sikat. Rutin membersihkan gigi dengan benang gigi termasuk cara yang tepat untuk membersihkan karang gigi. Di sisi lain, cara tersebut juga dapat mengurangi risiko penyakit gusi dan bau mulut. Idealnya, membersihkan gigi dengan benang gigi kamu lakukan setelah gosok gigi, ya!

Advertisement

3. Gunakan pasta gigi yang mengandung flouride untuk mencegah timbulnya karang gigi

cara membersihkan karang gigi

pasta gigi dengan flouride | Credit by www.thoughtco.com

Selain fluoride, pasta gigi yang mengandung pyrophosphates, zinc citrate, dan triklosan juga mampu membantu menghilangkan karang dan noda kekuningan pada gigi. Agar makin efektif, kamu bisa berkumur menggunakan obat kumur juga.

4. Sesekali cobalah bersihkan gigimu menggunakan kulit jeruk

pakai kulit jeruk | Credit by nl.pinterest.com

Cara untuk membersihkan karang gigi secara alami adalah menggunakan kulit jeruk. Kandungan asam pada kulit jeruk bisa bantu mencegah timbulnya karang gigi. Selain digosokkan pada gigi selama dua sampai tiga menit, kamu pun bisa membuat pasta kulit jeruk yang dicampur dengan pasta gigi.

5. Asam pada jus lemon mampu membantu menghancurkan plak dan memutihkan kembali gigimu

cara menghilangkan karang gigi

pakai lemon | Credit by www.quora.com

Meski diperbolehkan, namun jangan gunakan cara ini berlebihan, sebab asam pada jus lemon bisa menyebabkan erosi pada gigi. Sebelum sikat gigi, celupkan sikat gigi pada larutan jus lemon, kemudian sikat gigimu secara perlahan selama satu menit.

Advertisement

6. Baking soda dipercaya bisa menghilangkan karang gigi yang sudah parah dan mengeras lo!

pakai baking soda | Credit by medium.com

Selain bisa membersihkan karang gigi, baking soda juga bisa digunakan untuk memutihkan gigi. Ambil sejumput baking soda, lalu buatlah menjadi pasta. Setelah itu gosok gigimu dengan pasta ini selama dua menit.

7. Baiknya hindari kebiasaan merokok untuk mengurangi kemunculan karang gigi

cara membersihkan karang gigi

hentikan kebiasaan merokok | Credit by dailyhealthnews.org

Cara terbaik untuk membersihkan karang gigi ialah menghindari kebiasaan merokok. Kandungan bahan kimia dalam rokok bisa memicu pembentukan karang gigi yang semakin banyak. Bahkan, orang yang merokok cenderung memiliki karang gigi yang lebih pekat daripada yang nggak merokok. Nah, kalau mau gigimu sehat dan bersih, hentikan kebiasaan merokok ini, ya!

Itu dia tujuh cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan karang gigi. Selain melakukan cara-cara di atas, kamu juga dianjurkan untuk nggak makan sembarangan. Sebab, ada beberapa makanan tertentu yang menimbulkan plak dan karang gigi. Jika cara-cara di atas masih kurang ampuh, ini saatnya kamu untuk berkunjung ke dokter dan melakukan scaling.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE