Jeruk merupakan salah satu buah yang mudah ditemukan karena selalu berbuah sepanjang musim. Selain enak dimakan langsung buahnya, jeruk juga kerap dibuat jus ataupun esens untuk campuran makanan maupun minuman berasa. Kandungan nutrisi terutama vitamin C-nya yang tinggi juga membuat jeruk banyak disukai. Namun, kebanyakan orang langsung membuang kulit jeruk usai mengupasnya. Padahal kulit jeruk punya segudang manfaat yang nggak banyak diketahui. Salah satunya adalah sebagai bahan pengharum ruangan alami.

Beberapa khasiat di bawah ini bisa jadi pertimbangan kenapa sebaiknya kamu nggak buru-buru membuang kulit jeruk sembarangan.

1. Kulit jeruk ampuh memutihkan gigi yang menguning sekaligus menyegarkan nafas yang kurang sedap

Memutihkan gigi via thekrazycouponlady.com

Advertisement

Tahukah kamu kalau kulit jeruk mengandung senyawa yang disebut D-Limonene? Nah, kandungan dalam kulit jeruk ini dapat membantu mengurangi warna kuning pada gigi yang disebabkan oleh berbagai hal. Caranya mudah, cukup gosokkan bagian dalam kulit jeruk pada gigi yang menguning selama 2-3 menit, lalu bilas. Lakukan cara ini rutin dua kali sehari, maka gigi kamu akan berangsur-angsur memutih.

Sedangkan untuk menghilangkan bau mulut, kamu cukup mengunyah kulit jeruk layaknya permen karet selama beberapa saat, lalu kamu boleh buang setelahnya.

2. Buatmu yang punya sakit mag, kulit jeruk mampu menurunkan asam lambung dan memperbaiki masalah pencernaan lainnya

Redakan asam lambung via www.wikihow.com

Kulit jeruk mengandung banyak serat yang bermanfaat untuk mencegah sindrom iritasi usus, termasuk kembung dan sembelit. D-limonene dalam kulit jeruk juga mampu meredakan asam lambung, menjaga gerakan usus tetap normal, serta meningkatkan fungsi hati.

Advertisement

Caranya, campurkan kulit jeruk dan sedikit garam dalam air, lalu rebus selama 20 menit. Minum ramuan ini dalam keadaan hangat saat kamu merasa mual karena asam lambung. Kamu juga bisa menyeduh teh yang dikombinasikan dengan ekstrak kulit jeruk untuk menenangkan sistem pencernaan.

3. Kulit jeruk yang ditumbuk halus bisa digunakan sebagai scrub, toner atau masker untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit

Buat maskeran via makeupandbeauty.com

  • Jemur kulit jeruk hingga kering, lalu blender hingga menjadi bubuk.
  • Untuk scrubkamu bisa langsung aplikasikan bubuk kulit jeruk ini pada kulit sebagai exfoliator.
  • Untuk toner: masukkan kulit jeruk ke dalam panci berisi air, masak dalam api kecil sampai mendidih. Lalu diamkan semalaman, saring airnya dan simpan di lemari es sebelum kamu gunakan sebagai toner.
  • Untuk masker: campurkan 1 sdm bubuk kulit jeruk, 1 sdm oatmeal, dan madu secukupnya. Aduk hingga rata, lalu oleskan pada wajah atau tubuh dan diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat kemudian basuh kembali dengan air dingin untuk menutup pori.

4. Bubuk kulit jeruk juga memperbaiki sistem pernapasan, meringankan batuk, juga asma

Melegakan pernapasan via theherbykitchen.wordpress.com

Kulit jeruk mengandung vitamin C dan A yang merupakan sumber antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan, mencegah flu, demam, dan berbagai infeksi dalam tubuh. Caranya mudah, keringkan kulit jeruk, masukan beberapa lembar kulit jeruk kering dalam 1 cangkir air panas, lalu tutup dan diamkan selama 10 menit. Keluarkan kulit jeruk dari dalam cangkir lalu tambah beberapa sendok madu. Minumlah setiap pagi sebelum beraktivitas.

5. Buatmu yang sedang menurunkan berat badan, gantilah kopi atau teh yang kamu konsumsi dengan teh kulit jeruk

Menurunkan berat badan via www.gustotv.com

Kulit jeruk telah dipercaya banyak pakar kesehatan karena kemampuannya yang dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga membakar kalori lebih banyak dan membantu menurunkan berat badan. Caranya, seduh bubuk kulit jeruk kering dalam air hangat yang ditambah madu lalu minumlah 2 cangkir per hari secara rutin. Ramuan ini juga ampuh mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh lho!

6. Nggak hanya berkhasiat untuk wajah, kulit jeruk juga bermanfaat menumpas ketombe dan bikin rambut halus mengilap

Bebas ketombe via www.lifehack.org

Untuk menghilangkan ketombe, kamu bisa menumbuk kulit jeruk lalu beri sedikit air, dan biarkan semalaman. Keesokan harinya, gunakan sebagai sampo. Atau, gunakan rebusan kulit jeruk atau bubuk kulit jeruk yang ditambahkan dengan sedikit madu lalu diseduh air hangat sebagai kondisioner alami. Oleskan pada rambut, pijat perlahan dan diamkan sejenak. Setelah itu, bilas rambut dengan air dingin. Perawatan ini bikin rambut terasa lebih halus dan mengilap.

7. Mengatasi insomnia nggak harus mengonsumsi obat-obatan, minyak esensial dari kulit jeruk juga bisa kamu andalkan

Mengatasi insomnia via economistathome.com

Minyak esensial dari kulit jeruk adalah obat penenang alami sehingga dapat digunakan untuk menenangkan saraf dan membantu proses tidur. Gunakan kulit jeruk yang dimasukkan ke dalam bak mandi berisi air hangat pada saat mandi sore atau sebelum tidur malam atau kamu bisa merebusnya di dalam panci bersama beberapa butir kayu manis dan kapulaga. Lalu pindahkan pada baskom kecil dan taruh di samping tempat tidurmu. Aroma yang keluar dari air rebusan tadi bisa menenangkan suasana hati dan mengusir insomnia.

8. Wangi kulit jeruk yang menenangkan itu juga bisa digunakan sebagai pengharum ruangan alami

Lilin aromaterapi via www.youtube.com

Caranya mudah kok! Potong jeruk menjadi dua, ambil jeruk menggunakan sendok atau garpu, jangan sampai lapisan putih di kulit jeruk ikut terangkat, ya. Setelah itu tuangkan minyak zaitun atau minyak sayur pada kulit jeruk tersebut. Celupkan sumbu, biarkan selama 45 menit dan nyalakan api. Ruanganmu bakal wangi dan segar berhari-hari!

9. Ternyata kulit jeruk juga bisa dijadikan sebagai bahan pembersih buatan lho!

Pembersih rumah via www.thekitchn.com

Mudah saja, cukup rendam kulit jeruk di dalam cuka serta diamkan selama satu sampai dua minggu. Kemudian, campur air dengan perbandingan 50 : 50 lalu masukkan cairan pembersih ini dalam botol spray. Kamu bisa gunakan pembersih alami dari kulit jeruk ini untuk membersihkan kaca, porselen, juga perabot rumah. Nggak cuma bersih mengilap, perabot rumahmu juga jadi wangi beraroma kulit jeruk.

10. Terakhir, konsumsi kulit jeruk secara langsung maupun diseduh juga ampuh cegah kanker kulit dan paru-paru

Ampuh perangi kanker kulit dan paru-paru via www.shopnodana.com

Kandungan flavonoid dalam kulit buah jeruk mampu mendukung kinerja vitamin C untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker. Sebuah studi ilmiah telah membuktikan bahwa kulit buah yang memiliki aroma sedap ini mampu mengurangi jumlah karsinoma sel skuamosa, yakni penyebab kanker kulit yang paling utama. Selain itu, mereka yang mengonsumsi kulit jeruk dengan teratur juga lebih sedikit risiko menderita kanker paru-paru dibanding mereka yang hanya makan daging jeruknya saja.

Gimana? Masih rela buang kulit jeruk yang manfaatnya luar biasa ini?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya