Iduladha bagi orang Islam merupakan salah satu hari raya yang datangnya cuma setahun sekali saja. Di momen hari raya ini, biasanya dilanjutkan dengan melakukan kurban, yaitu menyembelih hewan untuk kemudian dibagikan secara merata untuk mereka yang membutuhkan. Hewan-hewan yang digunakan untuk berkurban tersebut biasanya berupa kambing dan sapi.

Meskipun berkurban memiliki banyak keutamaan dan tentunya pahala yang tinggi, tapi nggak semua orang mampu untuk melakukan salah satu rangkaian ibadah umat Islam ini. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi, salah satunya adalah keterbatasan biaya. Kita semua tahu bahwa harga kambing dan sapi itu sendiri juga nggak murah. Tapi dengan mengikuti tips ini, kalian bisa lo menabung dan mempersiapkan hewan khususnya kambing untuk berkurban dalam satu tahun ke depan. Bisa dicicil sejak sekarang!

1. Dengan mengumpulkan 10 ribu saja per hari, kamu sudah bisa beli satu ekor kambing dalam setahun

nabung 10 ribu per hari via www.ekafikry.com

Advertisement

Kalau memang udah niat, harusnya cara ini gampang banget lo untuk dilakukan, bahkan sekalipun kamu belum memiliki penghasilan tetap. Sisihkan sebagian uangmu sebesar 10 ribu setiap harinya selama setahun penuh. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan uang sebanyak Rp3.650.000,00 di akhir tabungan. Uang segitu sudah cukup kok untuk membeli seekor kambing berukuran dewasa, bahkan masih ada sisa uang yang dapat kamu gunakan untuk keperluan lainnya.

2. Kamu juga bisa menggunakan jasa pihak ketiga untuk membantu menabung kurban kambing

menggunakan jasa pihak ketiga via www.straitstimes.com

Menabung bagi sebagian orang memang susah untuk dilakukan. Bukan masalah nggak ada uangnya, tapi keinginan untuk menggunakan uang tabungannya yang lebih besar daripada niat menabungnya.

Nah, opsi satu ini adalah pilihan tepat buat kamu yang nggak bisa konsisten menabung tapi tetap ingin berkurban tahun depan. Saat ini, nggak susah kok mencari pihak ketiga atau lembaga khusus untuk membantu menabung hewan kurban. Mereka juga biasanya sudah memiliki paket tersendiri seperti jangka waktu dan pilihan hewan yang nantinya akan digunakan untuk berkurban.

3. Ikut arisan kurban? Bisa juga lo!

ikut arisan kurban via www.heibogor.com

Advertisement

Opsi ketiga yang bisa kamu lakukan adalah mengikuti arisan hewan kurban. Lebih baik lagi jika kalian melakukannya dengan orang-orang terdekat, misalnya sanak saudara atau sahabat. Selain untuk menghindari resiko penipuan, kamu pun bisa menentukan sendiri berapa jumlah yang harus dibayar setiap periodenya dan waktu untuk mengundinya.

Oh ya, sebelum melakukan arisan ini jangan lupa untuk menghindari hal-hal yang berbau hutang dan riba ya, jangan sampai niat baik untuk berkurban nantinya malah mendapat kesulitan.

4. Bersabar sedikit sambil belajar memelihara kambing indukan dari kecil hingga siap dipotong

pelihara kambing indukan via snollygoster.me

Opsi terakhir yang satu ini tergolong unik namun tetap direkomendasikan untuk kamu terapkan. Dengan membeli kambing yang masih berusia muda, kamu bisa sambil belajar bagaimana merawat dan memeliharanya sehingga nanti ketika udah cukup usia, kalian bisa mengkurbankannya.

Ada banyak keuntungan jika kamu memelihara sendiri, di antaranya adalah kamu bisa mengetahui secara pasti bagaimana kesehatan kambingmu. Dan yang nggak kalah penting, kamu bisa memberi makan dengan maksimal agar kambungmu tumbuh dengan daging yang cukup. Mantap banget kan?

Nah, berikut tadi adalah beberapa trik menabung yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan niat berkurban di tahun depan. Nggak susah kan? Yuk semangat berkurban!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya