7 Cara Mengatasi Smartphone yang Gampang Panas Saat Dipakai. Awas, Bisa Rusak Bahkan Meledak

Mengatasi HP panas

Nggak cuma untuk menelepon atau berkirim pesan singkat, ponsel pintar juga sering digunakan untuk bermain game dan menonton film. Sayangnya, keseringan memakai ponsel untuk melakukan kedua aktivitas tadi bisa membuatnya cepat panas, sehingga kinerjanya menurun dan jadi cepat rusak pula.

Advertisement

Nah, agar tetap nyaman ketika memakai ponsel untuk streaming film atau main game, coba lakukan beberapa hal berikut biar nggak cepat panas. Sekalian untuk mencegah ledakan juga lo!

1. Untuk meminimalisir panas ponsel, lepaskan case belakangnya saat dipakai

lepas case via baomoi.com

Setiap badan smartphone dilengkapi dengan butiran besi halus yang berguna untuk melepas panas di dalamnya. Kalau bagian ini tertutup case, panas jadi mengendap dan bikin ponsel jadi overheat. Kalau sekiranya kamu bakal pakai ponsel dalam waktu yang cukup lama, lebih baik lepas dulu case-nya.

2. Mengurangi tingkat kecerahan juga bisa bikin ponsel nggak cepat panas

mengurangi kecerahan via lemoot.com

Layar dengan tingkat kecerahan yang rendah bisa meredam panas ponsel dan bikin baterainya jadi lebih awet. Selain bekerja lebih ringan, kecerahan rendah juga bisa membuat matamu lebih sehat karena nggak banyak sinar radiasi yang memantul ke mata.

3. Jika memang niat mau main game atau streaming, mending kurangi multitasking

kurangi multitasking via www.gottabemobile.com

Kebanyakan membuka aplikasi bisa bikin suhu ponsel naik. Hal ini terjadi karena ponsel harus melakukan banyak pekerjaan sekaligus. Apalagi jika yang kamu buka adalah aplikasi berat seperti game online dan YouTube. Nah, daripada ponselmu jadi cepat panas, mending tutup aplikasi ini sebelum dipakai main game.

4. Kurangi volume jika kamu berniat ingin main game online di ponsel

kurangi volume via android.gadgethacks.com

Suara yang terlalu nyaring bisa membuat ponsel bekerja lebih berat. Kamu bisa mengubah setting volume ini di pangaturan game atau langsung pencet saja tombol di ponselmu.

5. Rutinlah membersihkan file sampah agar nggak ponselmu nggak cepat panas

bersihkan sampah via www.gadgetsloud.com

File sampah, cache, dan cookies yang menumpuk bisa membuat ponsel mudah mengalami overheat. Nggak cuma fisiknya yang terasa panas, tapi juga berdampak pada RAM dalam ponselmu lo! Kamu bisa membersihkannya dengan mengunduh aplikasi Clean Master yang ada di Play Store.

Advertisement

6. Kamu juga disarankan untuk mengunduh aplikasi pendingin

aplikasi pendingin via game7722.nonamesadlenes70.live

Meski nggak sepenuhnya langsung mendinginkan, namun aplikasi ini bisa bantu menurunkan suhu ponsel. Kamu bisa mengunduh beberapa aplikasi seperti Cooler Master atau Device Cooler yang tersedia di Play Store.

7. Kurang-kurangi pakai ponsel sambil di-charger, ya!

jangan sambil dicharger via www.hoax-slayer.net

Selain merusak kabel, pakai ponsel sambil dicas juga bisa bikin ponsel cepat panas. Apalagi yang kamu pakai bukan charger asli atau bawaan. Aliran listriknya bisa bikin mesin makin panas dan ponsel jadi lelet ketika dipakai.

Untuk menghindari hal yang nggak diinginkan, mending batasi juga penggunaan ponselmu. Istirahatkan ponsel setidaknya 15 hingga 30 menit setelah dipakai agar kembali dingin. Simpan juga ponselmu di tempat yang ventilasinya baik agar udaranya nggak bikin ponsel bekerja lebih keras.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE