7 Trik Membaca Lancar Tanpa Mengantuk Biar Bisa Target Seminggu Selesai

Mengatasi ngantuk saat membaca

Penulis favoritmu baru saja menerbitkan bukunya kembali! Sebagai pengangum beratnya, kamu langsung membeli buku barunya di hari pertama. Dan kamu pun berencana akan membaca bukunya di malam itu juga.

Advertisement

Pada malam harinya, usai membersihkan diri, tak lupa kamu mengambil buku barumu di atas meja. Kamu melompat ke kasurmu dan mulai menyelimuti diri dengan halaman pertama yang kamu buka. Kamu akan memulai petualangan baru!

Namun, baru saja lima lembar bukumu dibaca, kantuk mulai menyerang dan tanpa disadari kamu sudah bangun keesokan harinya.

Hal tersebut pasti pernah dialami semua orang. Pasti bikin kesel juga, kan? Sebenarnya ada trik yang bisa diterapkan supaya kita nggak ngantuk selama baca? Yuk, simak!

Advertisement

1. Perhatikan pencahayaan

pencahayaan penting via thebite.aisb.ro

Pencahayaan memang penting banget! Selain supaya menghindari kamu ngantuk, membaca di tempat terang juga mencegah kamu dari sakit mata.

2. Atur posisi duduk

posisi duduk via www.realsimple.com

Posisi duduk juga menentukan kamu bakal ngantuk apa nggak waktu baca. Kamu juga bisa menaruh air minum di sebelah buku, kali aja kalau kamu mulai ngantuk, kamu bisa atasi ngantukmu itu dengan minum air.

3. Fokuskan dirimu

fokus! via www.rd.com

Advertisement

Salah satu faktor lain yang menyebabkan kamu mengantuk adalah karena kamu nggak ngerti sama bacaannya. Banyak faktor kenapa kamu bisa nggak ngerti. Pertama, emang bacaannya berat sehingga kamu haru berkali-kali membaca. Kedua, kamu kepikiran sama masalah lainnya.

Nah, kalau udah tau kayak gini, coba atur kefokusan kamu lagi. Ayo, pahami terus tentang apa yang lagi kamu baca.

4. Bergeraklah!

sambil jalan-jalan via manhattanlasikcenter.com

Kamu masih memaksa untuk membaca sebelum tidur? Nggak apa-apa juga. Tapi pastikan untuk bergerak atau setidaknya meminum kopi sebelum membaca. Atau kamu juga bisa coba untuk baca buku sambil berdiri atau jalan mondar-mandir, dijamin ngantuknya pasti hilang.

5. Perhatikan temperatur ruanganmu

temperatur via thesleepdistrict.com

Tahukah kamu? Semakin hangat ruanganmu semakin kamu ingin tidur, lo! Kamu bisa menyalakan pendingin ruangan atau kamu bisa mencoba untuk membuka jendela kamarmu, agar udara panas masuk ke dalam.

6. Membaca di luar ruangan

keluar ruangan via www.verywellmind.com

Kenapa tidak? Bukannya justru dengan membaca di luar ruangan bisa membebaskan pikiranmu? Coba yuk!

7. Membaca bersama teman

Membaca buku bersama teman via unsplash.com

Ajak sahabatmu untuk membaca buku kalian masing-masing! Cari tempat favorit kalian dan bacalah.

Gimana? Kira-kira bakal tetep ngantuk nggak ya setelah mencoba beberapa cara di atas? Tapi dari semua hal-hal itu, yang penting hanya satu, kesadaran bahwa membaca itu penting. Kalau udah begitu, pasti nggak akan merasa ngantuk lagi saat baca buku.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE