Trik Terlelap dalam 2 Menit Ala Tentara. Solusi Buat Kamu yang Sebal Sama Insomnia

Rahasia tidur cepat ala militer

Tidur adalah kebutuhan dasar pola hidup manusia. Setiap orang butuh tidur untuk me-refresh tubuh dan pikiran. Tidur memang bisa ditahan tapi nggak bisa digantikan. Kalau lapar bisa kamu ganjal dengan banyak minum atau ngemil, tapi kalau mengantuk obat satu-satunya hanya memejamkan mata dan terlelap tidur.

Advertisement

Meski tergolong kebutuhan, ada bagi sebagian orang yang justru tersiksa saat membicarakan tidur. Ini terjadi bagi mereka yang memiliki gangguan tidur atau insomnia. Bagi mereka, bisa tidur dengan cepat adalah kemewahan. Sebab biasanya, meski sudah merem dalam posisi sesantai-santainya atau senyaman-nyamannya tetap saja mereka nggak bisa tidur. Kamu tahu ‘kan gimana rasanya, kzl banget pasti? Apalagi kalau ada tuntutan bangun pagi untuk kuliah atau kerja. Nah kali ini Hipwee Tips punya solusi mengatasi insomnia yang bisa kamu coba.

Kabar gembira untuk kamu semua! Cara tidur ala tentara katanya bisa membantumu cepat terlelap lo

Tidur tentara via www.armytimes.com

Kabarnya, teknik rahasia yang dimiliki jajaran tentara AS bisa membantu siapa pun terlelap dalam waktu dua menit. Rahasia tidur tentara telah tertuang dalam buku berjudul Relax and Win: Championship Performance yang dirilis tahun 1981.

Teknik ini dibuat agar para tentara nggak membuat kesalahan saat perang akibat kurang tidur. Teknik ini telah teruji dan dibuktikan oleh sekolah pra penerbangan angkatan laut AS. Dalam 6 minggu latihan, 96% siswa mampu tertidur kurang dari dua menit –meski sebelumnya minum kopi atau mendengar suara senapan seperti di medan perang sekalipun. Melansir The Independent, beginilah caranya.

Advertisement

Kunci awal memulai teknik tidur cepat adalah dengan membuat otot-otot wajah rileks, termasuk lidah, rahang dan otot-otot di sekitar mata

Rilekskan otot wajah via www.health.mil

Menjelang tidur, kondisikan wajahmu serileks mungkin. Anggap aja wajah merupakan pusat emosimu. Pejamkan mata dan atur pernapasan. Rasakanlah ototmu merenggang saat inhale dan exhale. Hindari mengerutkan dahi dan menyipitkan mata. Jaga pernapasan sembari merasakan pipi, mulut, rahang dan lidah rileks.

Kondisikan bahu serileks mungkin, diikuti dengan bagian atas dan bawah lengan

Lemaskan bahu via quiznhe.com

Sebelum tidur, ‘jatuhkan’ bahu semaksimal mungkin. Begitu pula dengan bagian atas dan bawah lengan, jatuhkan satu sisi secara bergantian. Saat berbaring, kondisikan bahu dan lenganmu seperti lemas nggak berdaya –seakan nggak ada otot yang menempel. Lalu tarik napas dalam dan embuskan perlahan, hilangkan semua ketegangan.

Embuskan napas, rilekskan dada. Sekarang gantian bagian kaki yang  mesti dilemaskan

Lemaskan otot-otot kaki via twitter.com

Ketika kamu sudah mengamankan wajah dan tubuh bagian atas, selanjutnya adalah tubuh bagain bawah. Kondisikan kaki serileks mungkin. Atur pernapasan, rasakan paha, betis, pergelangan kaki, telapak kaki, hilangkan energi dan ketegangan yang terkungkung di sana. Bikin otot-otot tersebut terasa lemas.

Advertisement

Agar teknik ini berhasil kamu harus menjernihkan pikiranmu selama 10 detik. bayangkan suasana yang indah

Bayangkan kamu sedang berada di suasana yang indah via www.youtube.com

Ketika semua badanmu sudah rileks, berikutnya adalah masalah sugesti. Gunakan waktu 10 detik untuk menjernihkan pikiran. Jangan memikirkan sesuatu yang berat-berat. Bayangkan suasana yang indah saja. Para tentara dianjurkan membayangkan dirinya berbaring di atas kano di sebuah danau yang tenang dan langit biru cerah. Atau berbaring di sebuah hammock hitam di dalam ruangan gelap.

Kalau kamu mungkin bisa menggantinya dengan berbaring di tepi pantai, menengadah langit penuh bintang, mendengar dan merasa sepoi angin. Atau apapun asalkan yang membawa ketenangan. Selanjutnya katakan pada dirimu sendiri, ‘Jangan berpikir, jangan berpikir, jangan berpikir’ selama sekitar 10 detik.

Prinsipnya untuk tidur kita membutuhkan ketenangan. Maka menjauhkan ponsel sebelum tidur juga membantumu sembuh dari insomnia

Jauhkan ponsel via www.youtube.com

“Untuk bisa tidur kita memerlukan tiga hal, yaitu kamar tidur yang kondusif untuk tidur, tubuh yang santai, dan yang paling penting adalah pikiran yang tenang,” penuturan pakar tidur, Dr Neil Stanley

Hayo ngaku siapa di sini yang sebelum tidur memegang gawai? Kalau kamu ingin sembuh dari insomnia maka kebiasaan ini mesti kamu kurangi. Melansir Tirto.id, Kebiasaan main gawai menjelang tidur memang kelihatannya asyik, tapi sebenarnya banyak dampak buruknya.

Riset Griffith University and Murdoch University, mengungkapkan kebiasaan tersebut berdampak buruk pada kualitas dan kuantitas tidur. Chattingan sama pacar, mengunggah foto di Instagram, atau menonton Youtube membuat pikiranmu bekerja. Ini jelas berlainan dengan prinsip ketenangan tidur ala tentara.

Nah sekarang bisa kamu sudah tahu kan gimana cara tentara bisa tidur cepat. Coba deh kamu lakukan sendiri untuk membantumu sembuh dari insomnia yang menyebalkan itu. Semoga berhasil, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

CLOSE