5 Cara Mengembalikan Sinyal 4G yang Mendadak Hilang. Plus Efektif untuk Perkuat Jaringan

Mengembalikan sinyal 4G yang hilang

Kekuatan sinyal jadi salah satu hal yang paling menentukan kegiatan berselancar di internet. Makanya, banyak orang menggadang-gadangkan sinyal 4G supaya nggak ngadat waktu lagi browsing atau streaming. Sayangnya, kontrol sinyal ini agak sulit dilakukan. Akibatnya sinyal 4G bisa saja mendadak hilang dan berganti jadi H ataupun E. Biasanya, kondisi ini akan menyerang ponsel yang memiliki bugs di ROM-nya.

Advertisement

Kendati demikian, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan sinyal 4G yang mendadak hilang. Jadi, begini caranya~

1. Sebelum diutak-atik, refresh dulu jaringan dengan me-restart ponsel

me-restart ponsel via 1039maxfm.com

Cara ini cukup umum dilakukan untuk mengecek kestabilan sinyal. Jika masih belum berhasil, coba pindahkan jaringan ke mode pesawat selama sesaat. Atau, kamu bisa me-refresh jaringan dengan memindahkan pengaturan koneksi ke 3G dulu.

2. Kalau mau lebih praktis, coba unduh aplikasi penguat sinyal

unduh aplikasi penguat sinyal via www.youtube.com

Sebenarnya nggak perlu nunggu hilang dulu sinyal 4G-nya, mending unduh aplikasi segera jika sekiranya kamu mau pergi ke tempat yang jaringannya susah. Aplikasi yang bisa kamu unduh di Play Store ini akan membantumu menentukan jangkauan sinyal 4G di titik tertentu.

Advertisement

3. Mengubah pengaturan l0kasi di ponsel juga efektif untuk mengambalikan sinyal 4G

ubah lokasi via ios.gadgethacks.com

Meski cara ini nggak berlaku untuk semua ponsel, namun kamu bisa mempertimbangkan untuk mencobanya. Biar nggak keliru, begini cara mengubahnya, ya!

  • Masuk ke menu Setting kemudian pilih Additional Setting. Pilih Local
  • Ubah lokasi Indonesia menjadi Singapura, Malaysia, atau Bangkok
  • Hidupkan mode pesawat selama beberapa saat
  • Restart ponsel dan matikan mode pesawatnya. Tunggu hingga sinyal kembali dan secara otomatis jaringan 4G akan muncul di layar ponsel

4. Coba lakukan dial up internet untuk mengembalikan jaringan 4G yang hilang

Matikan dulu ponsel selama beberapa saat, kemudian lakukan dial up dengan mengikuti beberapa langkah ini. Sayangnya, cara ini hanya berlaku untuk beberapa ponsel dan kartu tertentu.

  • Di papan tombol telpon coba ketik *#*#4636#*#*
  • Kemudian masuk ke menu Setting dan ubah pengaturan sim card
  • Pilih dan ubah menu Set Preferred Network Type menjadi LTE only
  • Restert kembali ponsel dan tunggu hingga sinyal 4G muncul

5. Kalau masih nggak mempan, mending lakukan fastboot ponsel saja

fast boot via www.youtube.com

Fastboot ini bekerja untuk dengan mengembalikan ROM seperti saat pertama kali kamu membeli ponsel. Sebenarnya, istilah fastboot ini sama saja kok dengan flashing. Tapi baiknya, jangan lakukan cara ini jika kamu nggak lagi benar-benar terdesak. Takutnya malah ada data yang hilang.

Jika cara-cara di atas masih nggak berhasil, sepertinya kamu perlu mengganti sim card-nya. Daripada keliru, mending tanyakan ke temanmu, mana kartu yang memiliki sinyal kuat di area tempat tinggalmu. Selamat mencoba!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE