Siapa sih yang nggak kesal dan sedih menghadapi wajah berjerawat yang seakan tak kunjung berakhir? Sekalinya berakhir, eh malah meninggalkan bekas luka yang susah hilang dan bikin makin nggak percaya diri. Selain nggak enak dilihat, bopeng atau bekas jerawat di wajah bikin cenderung membuatmu jadi kusam dan tampak lebih tua. Macam-macam cara dan produk sudah dicoba dan kadang hasilnya bikin kamu putus asa. Eits, jangan patah semangat dulu karena ternyata ada kok cara-cara efektif buat menghilangkan bekas bopeng di wajah!

Muka bopeng bikin nggak pede banget! via produkherbaloriginal.blogspot.co.id

Hipwee Tips kali ini telah merangkum 4 pilihan perawatan selain teknik laser dan peeling yang bisa kamu lakukan untuk menghaluskan kulit dan meratakan bopeng di wajahmu. Yuk, simak sampai habis!

1. Vampire Facial atau Facial Vampir, solusi bopeng wajah yang membandel. Agak ekstrim sih…

Kelihatan horor abis nggak sih? via www.usmagazine.com

Advertisement

Bisa membayangkan wajahmu diinjeksi darah sendiri sebagai rangkaian perawatan kulit? Prosedur Platelet-rich plasma (PRP) facial atau lebih dikenal sebagai vampire facial  ini beberapa waktu lalu sempat dipopulerkan selebriti fenomenal, Kim Kardashian. Sekilas perawatan ini terlihat horor ya, tapi sebenarnya nggak semenyeramkan itu kok.

Platelet-rich plasma (PRP) facial adalah teknik facial yang dilakukan dengan mengambil darah dari area lenganmu, memisahkan platelet (plasma darah)nya dengan alat khusus, lalu menginjeksikannya kembali ke dalam seluruh kulit wajahmu menggunakan teknik microneedling atau penusukan dengan jarum mikro.

Platelet-rich plasma (PRP) merupakan plasma darah yang kaya akan platelet, mengandung berbagai macam faktor pertumbuhan (growth factor) dan sitokin yang dapat menstimulasi proses penyembuhan tulang, soft tissue dan ampuh mengatasi masalah penuaan kulit. Microneedling juga menstimulasi kulit untuk dapat beregenarasi dengan cepat.

Platelet diinjeksikan ke kulit untuk merangsang pertumbuhan kolagen via temancantik.com

Advertisement

Facial ini sangat populer karena dipercaya dapat mengatasi kerutan di wajah dan mengatasi masalah kulit bopeng dengan hasil instan dan signifikan. Karena menggunakan darah sendiri, konon teknik ini relatif aman dan menjanjikan. Buat kamu yang punya bujet lebih dan punya nyali, facial bisa kamu coba dan ingat untuk melakukannya di klinik yang terpercaya ya!

2. Derma Roller, terapi dengan jarum yang merangsang regenarasi kulit dan konon dapat membantu meratakan bopeng kulit dan memudarkannya secara permanen!

Prosedurnya nggak sesakit yang dibayangkan kok via scottishbeautyexpert.com

Dermaroller merupakan perawatan kulit dengan menggunakan roller kecil yang memiliki jarum-jarum berukuran sangat kecil (mikro). Roller ini kemudian akan dijalankan di atas permukaan wajah atau bagian tertentu yang perlu ‘diperbaiki’, seperti bekas jerawat dan bopeng cukup dalam. Jarum-jarum kecil ini nantinya akan melukai kulit dan kemudian akan merangsang produksi kolagen dan regenerasi kulit. ‘Luka’ ini juga akan menjadi jalan masuk bagi serum ke kulit.

Intinya sih perawatan ini merupakan teknik ‘melukai kulit’ agar merangsang kulit untuk memperbaiki dirinya sendiri.

Buat kamu yang bertanya-tanya, proses perawatan facial ini hanya memakan waktu satu jam saja dan efek sampingnya adalah timbulnya bercak kemerahan pada kulit, namun hal ini hanya berlangsung selama beberapa hari saja kok. Untuk mendapatkan kulit yang kembali mulus dari bekas jerawat, bekas cacar, atau operasi, biasanya dibutuhkan perawatan Dermaroller sebanyak 4 hingga 6 kali perawatan. Konon banyak yang merasakan bekas jerawat atau luka di wajahnya jadi lebih rata dan memudar setelah mencoba teknik facial ini, lho.

Cara kerja dermaroller via mym-microneedle-skincare.com

Kini ada banyak peralatan derma roller yang bisa kamu beli sendiri di pasaran dan harganya pun beragam, yang pasti waspadalah dengan produk yang terlalu murah dan nggak meyakinkan ya. Kalau kamu ragu, lebih baik langsung ke klinik terpercaya saja ya, yang sudah terjamin kesterilannya dan penanganan pasca perawatannya agar nggak terjadi hal-hal yang nggak diinginkan 🙂

3. Mikrodermabrasi adalah tindakan pengelupasan kulit yang merangsang produksi sel-sel kulit baru sehingga kulit mulus dan halus bukan lagi impian~

Mikrodermabrasi nggak sama dengan chemical peeling biasa via champs-elysees.co.nz

Ingin mendapatkan kulit cerah, mulus sekaligus bebas dari kerutan dan bekas jerawat yang membandel? Teknik facial mikrodermabrasi juga bisa kamu coba, lho. Perawatan kecantikan mikrodermabrasi membutuhkan alat khusus, bahkan untuk beberapa jenis kulit ada yang menggunakan kristal halus. Umumnya pengerjaan dari facial mikrodermabrasi ini nggak membutuhkan waktu yang lama dan hasilnya pun dapat dilihat secara instan. Hmm, menggiurkan ya?

Mikrodermabrasi merupakan tindakan sejenis pengelupasan yang memanfaatkan kristal-kristal mikro untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan kemudian merangsang produksi sel-sel kulit baru. Praktik mikrodermabrasi mendorong produksi kolagen sehingga sangat diminati untuk menghilang bopeng dan kerutan-kerutan halus di wajah.

Cara kerja mikrodermabrasi via www.thejogblog.co.za

Nah, buat kamu yang penasaran sama facial ini, ternyata ada hal-hal yang wajib kamu perhatikan lho. Yang pertama, facial ini sebaiknya nggak dilakukan saat kamu sedang berjerawat apalagi pas lagi meradang. Facial ini juga sebaiknya nggak dilakukan pada pasien yang menderita eksim, rosacea dan hiperpigmentasi. Pasca perawatan, kamu juga dilarang untuk berenang dan menggunakan produk-produk yang memiliki kandungan pemutih karena mikrodermabrasi akan membuat kulitmu sangat sensitif selama beberapa hari. Tertarik mencoba?

4. Mesotherapy, teknik facial yang menginjeksi vitamin dan serum khusus ke kulit sesuai dengan permasalahannya

Ada juga kok mesotherapy tanpa menggunakan jarum via larissa.co.id

Teknik facial lainnya yang bisa jadi tambahan referensimu adalah mesotherapy. Mesotherapy adalah teknik memasukan serum khusus  dan vitamin kedalam lapisan kulit menggunakan jarum khusus berukuran kecil, dengan menggunakan alat Meso Gun U225 Autoback atau MTS Roller. Mesotherapy biasanya digunakan untuk menyembuhkan jenis bekas jerawat berupa noda hitam dan bekas jerawat berlubang. Nggak cuma bermanfaat menghilangkan bekas jerawat, mesotherapy juga konon dapat membantu mencerahkan kulit wajah, lho.

Cara kerja mesotherapy untuk bekas jerawat berupa noda hitam dan bekas jerawat berlubang nggak sama. Untuk menghilangkan noda hitam, mesotherapy dilakukan dengan menginjeksi vitamin dan serum ke dalam lapisan bawah kulit menggunakan alat Autoback atau Meso Gun U225 dan jarum khusus berukuran kecil dengan kedalaman sekitar 1-2 mm. Sedangkan untuk menghilangkan bekas jerawat yang berlubang, alat yang digunakan biasanya adalah MTS Roller dan digunakan secara manual untuk menginjeksi vitamin dan serum khusus ke dalam lapisan bawah kulit untuk meratakan kulit yang berlubang.

Kamu bisa melakukan terapi ini di banyak klinik kecantikan via kaltim.prokal.co

Meski teknik ini melibatkan penggunan jarum, kamu nggak perlu khawatir karena biasanya sebelum memasukan serum dan vitamin ke lapisan kulit wajah, terlebih dahulu wajahmu akan diolesi krim anestesi sehingga kamu nggak merasakan sakit saat perawatan dilakukan. Bahkan ada kok klinik yang dapat melakukan mesotherapy tanpa penggunaan jarum. Oya perawatan ini sudah banyak disediakan klinik-klinik kecantikan dan harganya relatif lebih terjangkau daripada perawatan yang Hipwee jabarkan sebelumnya ya. Untuk perawatan ini, hasilnya biasanya akan terasa setelah beberapa hari, jadi nggak akan terasa secara instan.

Nah, buat kamu yang sekarang lagi pusing dan hampir putus asa karena bekas jerawat yang susah hilang meski sudah mencoba cara-cara alami, beragam perawatan ini bisa jadi referensi kamu ya. Beberapa di antaranya memang butuh dana yang lumayan, jadi sementara nabung kamu bisa bersabar dulu demi bisa melakukan perawatan yang maksimal. Semoga informasi kali ini bermanfaat ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya