6 Cara Mengobati Cantengan Sebelum Bernanah dan Jadi Infeksi. Biar Lekas Pulih dan Nggak Risi

Mengobati cantengan

Salah satu gangguan yang kerap menimpa kuku kaki ialah cantengan. Meski nampak seperti luka kecil, cantengan tetap terasa menyakitkan. Bikin jari kaki jadi nyeri dan nyut-nyutan, apalagi kalau dipakai jalan. Salah satu penyebab cantengan sendiri ialah kebiasaan memakai sepatu yang kesempitan dan kependekan memotong kuku.

Jika cantenganmu belum begitu parah, beberapa cara berikut bisa membantumu mengatasinya.

1. Sebelum kuku mengalami infeksi, kamu bisa merendamnya ke dalam air hangat

rendam kaki via www.healthline.com

Advertisement

Untuk menghindari infeksi, kamu bisa menambahkan sedikit garam pada air rendaman. Lakukan setidaknya tiga sampai empat kali sehari agar cantenganmu cepat sembuh.

2. Selain air hangat, kamu juga bisa merendam kuku yang catengan dalam larutan cuka apel

pakai cuka apel via healthylivingidea.com

Cuka apel mengandung zat antiseptik dan antiradang yang bisa bantu meredakan cantengan. Tambahkan seperempat gelas cuka apel ke dalam air hangat, kemudian rendam kakimu dalam larutan tersebut selama 20 menit.

3. Ketika cantengan, usahakan untuk membalut jari kakimu yang sakit dengan perban

balut dengan kasa via www.medicalnewstoday.com

Ini dilakukan untuk mencegah kotoran masuk ke dalam kuku. Kotoran dari luar bisa bikin kuku jadi infeksi dan cantengan jadi lama sembuhnya. Bantalan ekstra ini juga bisa bikin kuku nggak lecet ketika memakai sepatu atau sandal yang permukaannya keras.

4. Gunakanya tea tree oil untuk melunakkan kuku tebal yang cantengan

olesi dengan minyak via everydayroots.com

Advertisement

Selain melunakkan kuku, tea tree oil juga bisa mencegah terjadinya infeksi yang disebabkan oleh jamur. Kamu bisa mengoleskan minyak ini pada kukumu yang cantengan, tapi baiknya pelan-pelan supaya nggak terasa sakit.

5. Kalau kamu kuat menahan nyerinya, pakailah dental floss untuk membersihkan area kuku yang infeksi

pakai benang gigi via www.youtube.com

Fungsi benang gigi ini sebenarnya sama seperti kapas, yakni untuk memisahkan kuku dari kulit yang terinfeksi. Setelah menggunting bagian kuku penyebab cantengan, perlahan kamu bisa mengeluarkan nanah dari kulit yang terinfeksi. Setelah itu, rendam kukumu dengan air hangat supaya nggak sakit dan bengkak.

6. Jika nyerinya cukup parah, segeralah pakai krim atau salep antibiotik

pakai salep via www.verywellfit.com

Salep ini bisa membantu proses penyembuhan sekaligus mencegah infeksi. Oleskan krim sebanyak tiga kali sehari dan pastikan kamu selalu membalut jari kaki dengan perban kasa. Gunakanlah sesuai petunjuk pemakaian di kemasan agar menghindari hal yang nggak diinginkan.

Kalau lagi cantengan, ada baiknya kamu pakai sepatu dan kaus kaki yang ukurannya pas dulu. Pakai sandal saja lebih bagus. Untuk mengurangi rasa sakitnya, minumlah obat pereda nyeri. Kalau cantengan masih nggak kunjung sembuh dan malah bernanah, baiknya segera periksa ke dokter, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE