9+ Efek Merugi dari Kebiasaan Mengunyah di Satu Sisi, dari Gigi Menonjol Sampai Wajah Asimetris

Mengunyah satu sisi

Apakah selama ini kamu terbiasa mengunyah makanan hanya dengan satu sisi mulut saja?

Advertisement

Jika iya, ada baiknya kamu mulai menghindari kebiasaan ini. Ketua Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI), Prof. Eky S Soemantri menuturkan bahwa kebiasaan mengunyah menggunakan satu sisi mulut saja bisa menimbulkan efek yang merugikan, bahkan membahayakan. Selain menyebabkan migrain, kebiasaan ini juga bisa bikin wajahmu alami ganguan persendian lo.

Selain hal yang telah disebutkan di atas, ada beberapa bahaya lain yang bisa terjadi jika kamu terbiasa mengunyah dengan satu sisi mulut saja. Cek di sini kalau kamu melakukannya juga.

1. Mengunyah hanya dengan dengan satu sisi bisa menyebabkan asimetris pada wajah. Apalagi jika kamu memiliki maloklusi atau posisi gigi atas dan gigi bawah yang nggak sesuai, postur wajahmu yang nggak seimbang akan makin terlihat lo!

postur wajah asimetris via www.popsugar.co.uk

2. Nggak hanya wajah yang kena dampak, kebiasaan ini juga bisa menyebabkan tulang belakang melengkung dan tubuh  jadi nggak seimbang. Kelainan ini mungkin akan terlihat saat kamu sedang kecapekan

tulang belakang melengkuk via hellosehat.com

3. Kebiasaan buruk ini juga bisa menyebabkan dagu dan gigi atas menonjol ke depan

dagu menonjol via beautyinsider.sg

Terdapat beberapa pengklasifikasian kelas dari kelainan ini.

Advertisement

Kelas I: Gigi geraham tertutup sehingga gigi lain nggak memiliki ruang yang cukup untuk berada di tempat yang sama.

Kelas II: Rahang atas dan rahang bawah nggak sejajar satu sama lain, sehingga rahang atas tampak menonjol.

Kelas III: Geraham juga nggak sejajar, tapi rahang bawah menonjol.

Jadi jika seseorang memiliki maloklusi kelas II, gigi bagian atas yang akan akan menonjol. Tapi kalau kamu mengalami maloklusi kelas III, berarti kamu akan punya dagu besar yang menonjol.

4. Mengunyah dengan sebelah sisi juga bisa menyebabkan disfungsi pada sendi temporomandibular. Saat seorang mengalami ini, mereka akan mengalami nyeri pada persendian rahangnya

nyeri sendi rahang via www.klikdokter.com

5. Jika kamu memiliki protesa gigi atau gigi palsu, kebiasaan mengunyah dengan sebelah sisi juga bisa menyebabkan sakit kepala lo!

sakit kepala via health.detik.com

6. Enamel gigi juga akan jadi lemah jika kamu terus melakukan kebiasaan buruk ini. Selain itu, gigimu jadi lebih rentan terhadap bakteri lo!

enamel rusak via canacopegdl.com

7. Siapa sangka bahwa kebiasaan sepele ini juga bisa menyebabkan masalah pada bentuk wajah dan mempercepat penuaan dini? Waduh…

penuaan dini via www.kanal247.com

8. Karena kebiasaan ini, bisa jadi makanan yang kamu kunyah ternyata nggak halus dengan sempurna. Nah, jika ini terjadi kamu akan mengalami masalah pada pencernaan juga lo!

pencernaan terganggu via rodte.dowabb.se

9. Apalagi jika kamu nggak mengunyah dengan sempurna. Kebiasaan ini bisa sebabkan gigi jadi sensitif lo!

masalah pada gigi sensitif via www.klikdokter.com

10. Penelitian menunjukkan, orang yang sering mengunyah dengan satu sisi akan mengalami kesulitan mengucapkan beberapa vokal tertentu

pengucapan nggak jelas via www.idntimes.com

11. Seorang yang mengalami kebiasaan ini secara bawaan juga rentan terhadap penyakit yang berhubungan dengan pernapasan dan sistem kekebalan tubuh

masalah pernapasan via www.klikdokter.com

Rupanya mengunyah dengan satu sisi mulut secara berkepanjangan menimbulkan dampak serius yang merugikan bahkan membahayakan, ya. Meski penyebabnya mungkin karena salah satu gigi gerahammu berlubang atau bermasalah, baiknya segera datangi dokter dan perbaiki kerusakan gigimu deh. Biar bisa gantian mengunyah di sisi kiri maupun kanan dari mulutmu.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE