Hormon testosteron merupakan salah satu hormon yang memiliki peranan penting bagi tubuh, terutama untuk pria. Selain untuk meningkatkan gairah seksual, hormon testosteron juga membantu proses metabolisme hingga pembentukan otot. Namun, dilansir dari laman Kompas, banyak cowok di kota besar yang mulai mengalami penurunan hormon testosteron bahkan sebelum usianya dewasa.

Tjokorda Gede Kerthyasa, praktisi kesehatan Holistik dan Homeopath menuturkan penyebab menurunnya hormon testosteron para cowok di kota besar yang oleh polusi udara, kegemaran mengonsumsi makanan cepat saji, stres, serta malas berolahraga. Padahal jika hormon testosteronmu menurun, kamu akan mengalami beberapa masalah kesehatan seperti menurunnya kekuatan otot, sistem reproduksi, dan kekuatan intelektual serta daya ingat. Duh!

Advertisement

Nah, untuk menghindari hal ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan supaya hormon testosteronmu kembali meningkat.

1. Cara pertama yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hormon testosteron ialah dengan melakukan aktivitas fisik

angkat beban via www.klikdokter.com

Aktivitas fisik dilakukan untuk memberikan tekanan pada bagian otot tubuh dan membantu kinerja jantung. Tapi, nggak semua aktivitas fisik bisa membantu, kamu perlu melalukan latihan fisik yang bersifat High Intensity Interval Training (HIIT), seperti angkat beban untuk meningkatkan hormon testosteron.

2. Jika kamu memiliki berat badan berlebih, sangat dianjurkan untuk melakukan diet untuk meningkatkan hormon testosteron

lakukan diet via funender.com

Lemak yang berlebihan bisa menurunkan kadar testosteron dalam tubuh. Bahkan studi menunjukkan, hampir 75% pria gemuk baik muda maupun tua memiliki hormon testosteron yang rendah. Kamu yang merasa berat badannya berlebih, segera lakukan diet dengan mengurangi konsumsi makanan berlemak dan memperbanyak sayuran hijau serta protein.

3. Jika ingin meningkatkan hormon testosteron, kamu perlu memperbanyak konsumsi lemak jenuh yang terdapat dalam kacang-kacangan

konsumsi kacang via funender.com

Advertisement

Penelitian menunjukkan, cowok yang rutin mengonsumsi kacang-kacangan memiliki kadar testosteron yang jauh lebih tinggi daripada yang nggak. Kamu bisa menambahkan segenggam kacang-kacangan seperti kacang tanah, almon, atau walnut di makananmu untuk dikonsumsi sehari-hari.

4. Kadar kolesterol baik yang tinggi atau HDL yang terkandung dalam kuning telur dipercaya dapat meningkatkan produksi testosteron

makan telur via www.klikdokter.com

Selain kaya kolesterol baik, kuning telur juga mengandung serat dengan kadar zink tinggi yang penting untuk meningkatkan produksi hormon testosteron. Nggak perlu khawatir kolesterol, kalau telur yang kamu konsumsi tiap hari nggak berlebihan, nilai gizinya juga akan seimbang kok.

5. Kandungan kafein yang terdapat pada kopi terbukti ampuh untuk meningkatkan testosteron dalam tubuh

Dengan mengonsumsi 170 gram kopi setiap hari selama sebulan, kamu dapat meningkatkan rasio testosteron terhadap estrogen hampir sebanyak 20%. Tapi, hal ini banyak berlaku pada cowok yang memiliki kelebihan berat badan, ya. Tetap seimbangkan konsumsi kafein dengan asupan nutrisi lain, misalnya dari sayuran dan buah-buahan.

6. Hormon testosteron berhubungan dengan metabolisme tubuh, jaga kualitas tidurmu supaya metabolisme tetap baik dan hormon ini meningkat

pola tidur via intisari.grid.id

Peneliti menunjukkan, kurang tidur selama satu minggu bisa menurunkan kadar testosteron hingga 15%. Makanya, penting untuk mencukupi kebutuhan tidur agar sistem metabolisme tubuh tetap aktif, sehingga mampu menunjang kinerja hormon testosteron.

7. Kurangi stres dengan hang out atau menonton tim favoritmu bertanding bareng teman-teman cowok lainnya

main game via www.pinterest.co.uk

Kadar kortisol yang tinggi karena stres akan menyebabkan penurunan kemampuan reproduksi. Penting untuk belajar mengelola stres dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan dan membangkitkan suasana hati. Para peneliti di University of Utah menemukan bahwa jika tim favoritmu baru saja menang dari sebuah kompetisi, maka testosteron akan meningkat sebanyak 20% lo!

Selain beberapa hal di atas, mengonsumsi suplemen vitamin D secara rutin juga ampuh meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh. Ubah gaya hidup mulai dari sekarang agar hormon testosteron tetap terjaga kadarnya dengan baik, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya