8 Manfaat Keren Mengisi TTS yang Sering Dianggap Kegiatan Sepele dan Kurang Kerjaan

manfaat mengisi tts

Apa yang kamu lakukan kalau lagi gabut alias nggak ada kerjaan?

Advertisement

Saat lagi nggak ada kerjaan, banyak aktivitas yang biasanya orang lakukan. Mulai dari menonton film, membaca buku, hingga mengisi TTS (Teka-Teki Silang). Iya, kegiatan mengisi TTS sering dianggap sepele dan dianggap kurang kerjaan (ya memang karena lagi nggak ada kerjaan, hehe), tapi ternyata kegiatan menyusun huruf menjadi kata ini punya manfaat lo!

Melansir dari beberapa sumber, berikut beberapa manfaat mengisi TTS yang mungkin belum kamu tahu. Semuanya berhubungan dengan otak, daya ingat, dan kesehatan mentalmu~

1. Kebiasaan mengisi TTS terbukti bisa mengurangi risiko pikun di usia muda

Saat bermain TTS, kamu dipaksa untuk mengingat kata-kata tertentu. Nah, hal inilah yang kemudian membuat daya ingatmu tetap kuat dan terjaga. Mau nggak mau, kan kamu harus berpikir keras untuk menemukan jawabannya, bukan?

Advertisement

2. TTS yang dikerjakan secara bersama-sama juga dipercaya dapat mempererat hubungan

mempererat hubungan via www.chronicle.com

Mengisi TTS bisa menjadi alternatif kegiatan yang dapat dilakukan bersama-sama. TTS yang diisi secara berkelompok dipercaya dapat meningkatkan kecepatan berpikir dan berbicara. Selain itu, ikatan sosial di antara kalian pun meningkat ketika bersama-sama memecahkan jawaban TTS.

3. Kebiasaan mengisi TTS juga dipercaya membuat pikiran jadi lebih fokus yang mana ini dapat membantu proses relaksasi

lebih rileks via amjadkhanche.com.au

Konsentrasi penuh pada TTS yang dikerjakan dapat membuat seseorang melupakan permasalahan yang ia miliki sejenak. Nah, jika kamu ingin lepas dari beban pikiranmu sementara, mengisi TTS bisa jadi alternatif yang patut dicoba.

4. TTS juga dapat membantumu mendisiplinkan diri lo!

melatih kedisiplinan via www.washingtontimes.com

Saat mengisi TTS, kamu mungkin butuh waktu sekitar satu jam untuk menyelesaikannya. Nah, dengan berdiam diri dan fokus mengerjakan TTS, nggak disadari kamu tengah melakukan komitmen pada diri sendiri untuk tekun menyelesaikan TTS. Jadi makin disiplin deh~

Advertisement

5. Sulitnya menemukan jawaban ketika mengerjakan TTS bisa membuatmu jadi lebih eksploratif

lebih eksploratif via www.businessinsider.nl

Jika terjebak pada satu pertanyaan di dalam TTS yang sedang dikerjakan, biasanya kamu akan bertanya kepada orang lain atau mencari jawaban melalui internet. Nah, kegiatan mencari jawaban inilah yang membuatmu jadi lebih eksploratif.

6. Jika kamu ingin memperbanyak kosakata, mengisi TTS bisa jadi alternatif kegiatan yang patut dicoba

menambah kosa kata via www.getold.com

Saat mengisi TTS, ada banyak kosa kata baru yang akan ditemui. Meski awalnya hanya sekadar iseng main, namun kosakata baru yang kamu temukan akan memperdalam literasimu lo. Wah, yang kerjaannya menulis bisa nih coba mengisi TTS jika ingin menambah kosakata mereka.

7. Saat kamu merasa kesepian, gelisah, dan bosan, cobalah untuk bermain TTS supaya perasaanmu lebih nyaman

mengatasi bosan via www.wellandgood.com

TTS dipercaya dapat membuat orang merasa lebih santai ketika dikerjakan. Nah, jika kamu sedang merasa sendiri, kesepian, gelisah, dan bosan, maka mengisi TTS bisa jadi alternatif. Bahkan, seseorang yang nggak begitu suka mengisi TTS pun akan dengan mudah larut dalam TTS setelah ia mencoba.

8. Khusus bagi mereka yang sudah lanjut usia, kebiasaan mengisi TTS bisa membuatnya terhindar dari alzheimer lo!

mencegah alzhemeir via www.mirror.co.uk

Dilansir dari laman Republika, Alzheimer’s Association mengatakan bahwa kegiatan  mengisi TTS setiap hari merupakan cara yang signifikan untuk menjaga otak tetap aktif dan jeli, khususnya bagi orang yang sudah lanjut usia.

Meskipun TTS memiliki manfaat yang begitu banyak, nggak berarti kamu boleh meninggalkan aktivitas sehari-harimu untuk bermain TTS sepanjang hari, ya. Permainan ini sangat cocok buatmu yang tengah menunggu sesuatu, sedang nggak ada kerjaan, atau para pensiunan yang lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah dan nggak banyak kegiatan. Jadi mulai sekarang, jangan lagi sepelekan TTS. Oke?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE