Kamu yang Sering Pakai Headset Kencang-kencang, Jaga Kesehatan Telingamu dengan 5 Cara ini, Ya!

Menjaga kesehatan telinga

Bagi sebagian orang, headset atau earphone jadi salah satu benda penting yang nggak boleh ketinggalan untuk dibawa. Termasuk yang nggak bisa konsentrasi kerja atau ngerjain tugas kalau nggak mendengarkan musik. Tapi hati-hati, terlalu sering pakai headset juga dampaknya nggak bagus buat kesehatan telinga. Apalagi dengan volume tinggi dan dibawa tidur sampai pagi.

Advertisement

Nah, sebelum terjadi sesuatu hal yang membahayakan alat pendengaranmu, lakukan beberapa cara ini untuk menjaga kesehatan telingamu. Hey, kamu yang sering banget pakai headset, camkan!

1. Bersihkan telinga dengan rutin, tapi hindari penggunaan cotton bud untuk telinga bagian dalam

bersihkan telinga via www.aliexpress.com

Penggunaan cotton bud justru bisa mendorong kotoran masuk. Untuk membersihkan bagian dalam telinga, lebih disarankan untuk pakai obat tetes yang dijual di apotek. Cotton bud hanya boleh kamu gunakan untuk menyeka bagian luar saja, ya!

2. Selain telinga, bersihkan juga headset-nya minimal seminggu sekali dengan alkohol atau air hangat

bersihkan headset via beatsbooster.com

Kamu hanya perlu menyeka headset dengan air hangat yang sudah ditetesi sedikit sabun. Atau, jika headset yang digunakan merupakan jenis earphone bersilikon, maka rendam dulu silikonnya dalam air sabun, lalu keringkan dengan lap bersih. Jika dirasa kurang bersih, kamu bisa menggunakan sikat gigi kering untuk menyikat headset-nya.

Advertisement

3. Meski sering dipakai, batasi penggunaan headset lo ya!

atur penggunaan via www.cnbc.com

Penggunaan headset dalam jangka waktu lama bisa meningkatkan risiko infeksi telinga. Apalagi kalau kamu pakai headset yang jarang dibersihkan. Untuk mengurangi risikonya, jangan gunakan headset lebih 60 menit dalam sekali pasang.

4. Kamu pun perlu menjaga dan mengatur volume agar nggak merusak telinga

atur volume via avantree.com

Pendengaran manusia hanya menoleransi suara hingga 60 desibel saja, padahal volume kencang headset bisa mencapai 95 hingga 105 desibel. Nah, coba bayangkan kalau suara kencang ini sering banget kamu dengar? Bisa-bisa kamu kehilangan pendengaran karena rambut halus di telinga rusak.

5. Terakhir, hindari meminjamkan headset atau earphone ke orang lain

Advertisement

pinjamkan ke orang lain via dissolve.com

Ternyata, headset merupakan salah satu benda yang paling cepat memindahkan kuman dan bakteri dari telinga kita ke orang lain. Makanya, jangan sekali-kali kamu meminjamkan atau menggunakan headset milik orang lain. Selain nggak boleh pakai sembarang headset, jangan juga meletakkannya di sembarang tempat, ya!

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa kamu gunakan supaya telinga tetap sehat meski sering pakai headset. Telinga itu salah satu aset masa depan, maka itu jagalah baik-baik biar kamu bisa mendengar dengan baik juga.

Gelombang resesi mulai menghampiri, bagaimana kalian mempersiapkan diri menghadapinya? Isi survei berikut ini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE