Metode Invisalign: Solusi Canggih Merapikan Gigi Tanpa Behel yang Nyaman dan Fleksibel

merapikan gigi tanpa behel

Memiliki gigi yang sehat dan rapi tentu menjadi keinginan banyak orang. Nggak sedikit orang yang kemudian melakukan perawatan untuk merapikan giginya. Jika selama ini kamu hanya mengenal behel sebagai metode untuk merapikan gigi, kini terdapat alternatif lain yang bisa membuat gigi rapi. Ada metode baru yang dikenal dengan nama invisalign. Prosedur invisalign diklaim dapat membuat gigi lebih rapi tanpa menganggu kenyamanan mulutmu lo!

Advertisement

Nah, buatmu yang tertarik ingin merapikan gigi tanpa behel, berikut Hipwee Tips rangkum ulasan mengenai metode invisalign yang saat ini sedang tren. Baca dengan baik, ya!

Pada dasarnya, fungsi invisalign sama dengan kawat gigi. Bedanya adalah menggunakan plastik yang fleksibel dan membentuk permukaan luar gigi

invasalign adalah via kawaiibeautyjapan.com

Invisalign menyediakan alternatif yang lebih mudah dipakai dan enak dilihat. Metode yang digunakan invisalign yaitu menggunakan serangkaian alat dari plastik bening yang dibuat secara khusus untuk setiap individu, dan dipakai 20 hingga 22 jam sehari.

Meski memiliki fungsi yang sama, namun cara kerja invisalign berbeda dengan kawat gigi

cara kerja invasalign via www.invisalign.co.id

Jika cara kerja kawat gigi adalah dengan menarik gigi ke posisi yang benar dengan menggunakan kawat, lain halnya dengan invisalign, yang dipasang di permukaan gigi untuk meratakan atau mengubah posisi gigi. Alih-alih menggunakan kawat untuk menarik gigi, invisalign akan dipasang di permukaan gigi untuk meratakan atau mengubah posisi gigi.

Advertisement
Selain itu, invisalign juga memiliki beberapa keunggulan lebih jika dibandingkan dengan kawat gigi atau behel

keunggulannya via gaya.tempo.co

Jika menggunakan invisalign, kamu nggak perlu lagi memakai perangkat logam yang besar dan nggak enak. Selain itu, kamu juga nggak perlu melakukan proses pengencangan kawat gigi yang membuatmu nggak nyaman. Bahkan perubahan posisi gigi pun terjadi secara perlahan dan hampir nggak memengaruhi aktivitas sehari-harimu lo!

Sebelum menggunakan invisalign, kamu wajib tahu beberapa perawatan yang benar saat menggunakannya

Cara membersihkannya via wap.mi.baca.co.id

Meski sisa makanan dalam mulut akan membuat invisalign menjadi kuning, namun kamu tetap nggak diperbolehkan untuk membersihkannya dengan pasta gigi lo. Lebih baik gunakan sabun antibakteri, sikat gigi, dan air yang mengalir saja. Selain itu, kamu juga diwajibkan untuk membersihkan gigi selama dua kali sehari agar nggak terjadi penumpukan kuman.

Meski dinilai lebih efektif daripada kawat gigi, ternyata nggak semua orang cocok menggunakan invisalign lo!

Advertisement

gigi gingsul nggak bisa via www.hipwee.com

Invisalign merupakan alternatif yang bisa dipilih jika kamu mengalami masalah seperti gigi bengkok, gigi kecil di atas, di bawah, atau pada celah pecah. Namun untuk masalah gigi yang terlalu besar seperti gingsul, akan lebih maksimal jika kamu tetap menggunakan kawat gigi. Prosedur perawatan gigi invisalign mungkin akan lebih kecil keberhasilannya untuk mengatasi kondisi gigi, seperti:

  • Gigi yang terlalu rapat lebih dari 5 milimeter.
  • Ekstrusi gigi (kondisi gigi yang keluar dari alveolus dan akarnya mengikuti mahkota gigi).
  • Gigi berujung tajam lebih dari 45 derajat.

Jika kamu tertarik untuk menjalani pemasangan invisalign, carilah penyedia invisalign di ada di dekat tempat tinggalmu. Namun, nggak semua dokter atau klinik gigi mendapatkan akreditasi dari invisalign, ya! Para dokter gigi harus menjalani pelatihan khusus dalam penggunaan dan pemasangan invisalign sebelum diakreditasi. Jadi, lebih baik konsultasikan dulu, jangan lalu mencoba-coba sendiri tanpa pengawasan dari ahlinya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE