8 Trik Minum Kopi Pas Lagi Diet, Agar Berat Badan Nggak Malah Meroket

Katanya minum kopi bisa menekan nafsu makan, tapi....

Hampir semua orang suka mengonsumsi kopi di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Kandungan kafein dalam kopi dipercaya dapat mendorong untuk membangkitkan energi sepanjang hari. Bahkan mengonsumsi kopi dinilai dapat mencegah penyakit kardiovaskular hingga menjadi solusi terbaik dalam urusan penurunan berat badan.

Advertisement

Kebiasaan minum kopi ternyata dapat menekan nafsu makan, sehingga mencegah kenaikan berat badan lo, SoHip. Cocok banget sih buat SoHip yang sedang diet. Tetapi ada beberapa trik yang harus dilakukan agar berat badanmu bisa turun dan badan kembali langsing.

1. Makan dulu sebelum minum kopi dan jangan jadikan kopi sebagai pengganti makan

Minum kopi memang dapat menekan nafsu makan dan membuatmu melewatkan waktu makan. Namun jika ingin membangun kebiasaan minum kopi untuk menurunkan berat badan, jangan jadikan minum kopi pagi harimu sebagai pengganti sarapan, ya. Melewatkan sarapan akan berakibat fatal sebab dapat meningkatkan gairah untuk makan berlebihan di waktu makan berikutnya.

2. Minum secangkir kopi hitam atau espreso tanpa gula biar angka timbangan nggak bergeser ke kanan

minum kopi saat diet

Kopi hitam lebih baik daripada jenis kopi lain | Foto oleh Foodie Factor dari Pexels

Tidak hanya menghindari penggunaan gula, krimer, dan whipped cream dalam secangkir kopi, jika ingin menurunkan berat badan, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi kopi hitam atau espreso tanpa gula.

Advertisement

Kopi hitam memiliki 5 kalori per cangkir saja, sehingga aman bagi yang sedang menurunkan berat badan.

3. Batasi penggunaan krimer atau ganti krimer dengan susu

Menurut US National Library of Medicine, mengonsumsi krimer bisa memicu gangguan kesehatan, salah satunya lonjakan berat badan. Satu sendok krimer bisa mengandung 30 kalori.

Bayangkan saja, berapa sendok krimer yang dibutuhkan untuk menyajikan kopi yang tidak pahit. Tentu saja cukup banyak, sehingga Kasey Hademan, selaku ahli gizi, menyarankan untik membatasi penggunaan krimer atau mengganti krimer dengan susu yang lebih sedikit kalorinya.

Advertisement

4. Tambah madu sebagai pemanis alami

Madu sebagai pemanis alami

Madu sebagai pemanis alami | Foto oleh ROMAN ODINTSOV dari Pexels via www.pexels.com

Seseorang yang sedang diet tentu dituntut untuk menghindari penggunaan pemanis pada setiap olahan makanan dan minuman. Maka dari itu, jika kamu pecinta kopi yang manis dan sedang dalam proses diet, maka gunakan alternatif pemanis alami seperti madu untuk ditambahkan di cangkir kopi favoritmu. Tapi tetap perhatikan takarannya, biar berat badan tidak melonjak.

5. Oles kulit jeruk pada bibir cangkir kopi biar makin lezat tanpa pemanis

Melansir dari detikfood, salah satu trik yang bisa kamu lakukan agar kopi tetap nikmat tanpa pemanis adalah dengan menggosokkan kulit jeruk pada bibir cangkir kopi guna menambah aroma yang membantu rasa kopi menjadi lebih sempurna. Cara ini juga membantu kopi mengeluarkan rasa dan aroma aslinya secara maksimal sehingga kelezatan kopi akan jauh terasa kuat.

6. Pilih buah atau kacang sebagai camilan teman minum kopi, jangan camilan yang tinggi kalori

Aneka kacang dan buah kering sebagai camilan

Aneka kacang dan buah kering sebagai camilan | Foto oleh Lorena Galeano dari Pexels via www.pexels.com

Mengonsumsi kopi tanpa camilan pelengkap bukanlah sesuatu yang nikmat. Tetapi, agar cepat untuk menurunkan berat badan, perhatikan juga pilihan makanan pelengkapmu.

Jangan memilih camilan yang manis, tinggi gula, dan tinggi kalori seperti biskuit maupun jenis kue manis lainnya. Pilihlah buah atau kacang-kacangan sebagai camilan alternatif yang lebih sehat

7. Jangan tergoda sama menu yang ada di coffee shop

Cup kecil lebih cocok untuk kamu yang lagi diet

Cup kecil lebih cocok untuk kamu yang lagi diet | Foto oleh Pavel Danilyuk dari Pexels via www.pexels.com

Kak, mau upgrade cup-nya? Atau mau ditambah topping apa, kak?

Sesekali tidak ada salahnya untuk meneguk secangkir kopi di salah satu coffee shop ternama. Namun, jangan mudah tergoda ya, dengan penawaran kopi berukuran besar. Hindari pula penawaran tambahan whipped cream, cokelat, atau aneka topping lain yang tinggi kalori.

8. Hindari minum kopi di sore atau malam hari

Ngopi+senja = anak indie staterpack 

Minum kopi di sore hari sambil melepas penat setelah seharian lelah beraktivitas tentu sangat menggoda. Tapi, jika SoHip ingin cepat langsing, lebih baik kamu hindari untuk ngopi di sore atau malam hari sebab akan menganggu pola tidur dan menghilangkan kualitas tidur.

Hal ini justru bisa memicu penambahan berat badan. Sesekali boleh sih, tapi konsumsi kopi tanpa kafein, ya.

Meskipun boleh membantu proses diet biar cepat langsing, tetapi kamu harus tetap berhati-hati dalam mengonsumsinya. Sebab jika terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat menyebabkan kegelisahan, tekanan darah naik, dan masalah kesehatan lainnya. Disamping itu, tetap terapkan pola hidup sehat, berolahraga, dan tidur yang cukup, ya.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE