8 Minuman Terbaik Sebelum Sarapan yang Menyehatkan

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk mengkonsumsi asupan yang bermanfaat bagi tubuh untuk memulai aktivitas. Minuman adalah jawaban yang tepat. Perlu kita konsumsi minuman sebelum sarapan dengan khasiat yang baik untuk tubuh.

Advertisement

Kenapa? karena tubuh kita mengalami dehidrasi setelah beberapa jam lamanya nggak minum selama tidur. Selain itu, ginjal juga membutuhkan cairan supaya dapat melakukan tugasnya.

Nah, beberapa minuman ini disarankan untuk dikonsumsi sebelum sarapan guna menutrisi dan membuang racun serta zat sisa dalam tubuh. Penasaran?

1. Air putih

minuman sebelum sarapan

air putih via mastersalam.com

Air putih adalah minuman terbaik yang mampu membersihkan tubuh dan juga menggantikan cairan tubuh yang hilang. Minum air putih di pagi hari akan membuat sistem metabolisme tubuh bergerak lebih cepat hingga 25 persen dan membuat banyak racun dalam tubuh terbuang dengan baik. Para ahli menyarankan agar kita minum minimal dua gelas air putih di pagi hari setelah bangun tidur.

Advertisement

Medical Daily menyebutkan bahwa teratur minum air hangat terutama di pagi hari akan dapat menyegarkan tubuh karena air akan membantu pencernaan dan mencegah penuaan dini.

2. Air lemon

air hangat+lemon minuman sebelum sarapan

air hangat+lemon via greenblender.com

Minum air lemon hangat akan membersihkan saluran pencernaan dan menjaga sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin C yang terkandung dalam lemon juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menetralisir racun yang ada di dalam tubuh, membantu mengurangi kerutan dan menurunkan berat badan.

Advertisement

Studi yang dilakukan American Society for Clinical Nutrition menyebutkan, orang yang mengonsumsi lebih banyak vitamin C mempunyai risiko lebih rendah mengalami keriput atau kulit kering.

Lemon mengandung asam sitrat yang dapat merusak enamel gigi. Untuk mengurangi risiko ini, segera berkumur setelah minum air lemon hangat. Segera hentikan konsumsi air lemon ini jika memicu maag, ya!

3. Air madu hangat

air hangat+madu minuman sebelum sarapan

air hangat+madu via instiks.com

Minumlah madu yang dicampur dengan air hangat setiap pagi selepas bangun tidur. Seperti yang dilansir dari lifehack.orgmanfaat yang akan kamu dapatkan jika rutin meminum air madu hangat setiap pagi adalah meningkatkan kesehatan pencernaan, menstabilkan gula darah, melegakan tenggorokan, membantu menurunkan berat badan dan masih banyak khasiat lainnya.

4. Jus buah

jus buah minuman sebelum sarapan

jus buah dan sayuran via mumbabymagazine.com

Pagi hari adalah waktu yang paling tepat untuk minum jus buah atau sayuran, karena jus mengandung banyak air dan serat yang akan bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.

Bukan hanya mengandung nutrisi lengkap dan menggantikan cairan tubuh yang hilang, tapi juga bisa menjaga berat badan. Jus sayur juga sangat baik melancarkan pencernaan. Kamu bisa pilih buah atau sayuran apapun, tapi biar nggak sakit perut, hindari buah-buahan asam.

Pisang, pepaya, apel atau wortel bisa menjadi pilihan yang tepat untuk jus di pagi hari.

5. Jahe hangat

jahe hangat minuman sebelum sarapan

jahe hangat via naturemadagascar.com

Jahe hangat bisa menjadi minuman yang cocok diminum sebelum sarapan. Jahe kaya akan vitamin C dan magnesium yang mempunyai sifat anti-inflamasi, fungsinya untuk melancarkan peredaran darah dan membantu meredakan stres. Secangkir jahe hangat akan membuat kamu segar dan nggak mengantuk.

Selain itu, dilansir dari Livestrong.com, Jahe juga memiliki manfaat bisa melebarkan pembuluh darah dan juga lebih cepat dalam membakar kalori dan menjadikannya panas tubuh.

6. Susu sapi maupun susu kedelai

susu minuman sebelum sarapan

susu via www.eutom.eu

Kandungan susu antara lain ialah kalsium, vitamin, zat besi, di mana manfaatnya akan menetralisir racun, memperbaiki tekanan darah dan memberikan warna kulit yang cerah. Nggak hanya itu saja, susu pun dapat mencegah penuaan dini.

Manfaat susu kedelai juga nggak kalah penting untuk kesehatan tulang, menjaga kekebalan tubuh dan mengatur kadar gula darah. Susu kedelai rendah lemak, namun tinggi protein.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang meminum susu kedelai setiap hari memiliki risiko osteoporosis 56% lebih rendah dibandingkan dengan perempuan yang tidak meminumnya.

7. Air hangat yang dicampur dengan gerusan bawang putih

minuman sebelum sarapan

air hangat+bawang putih via simplehealthministries.files.wordpress.com

Dengan menghancurkan bawang putih dan mencampurnya ke dalam segelas air hangat, peredaran darah dan fungsi livermu akan berfungsi dengan baik. Ketika kamu meminumnya dalam kondisi perut kosong, kandungan antimikroba dalam air hangat plus bawang putih ini juga akan membantu menyembuhkan sistem tubuh yang nggak berjalan baik.

8. Teh hijau

minuman sebelum sarapan

teh hijau via fyiliving.com

Secangkir teh hijau yang kaya akan zat antioksidan dapat menolak racun, menurunkan kolesterol dan menjaga berat badan. Teh hijau juga mengandung vitamin E dan vitamin C yang bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh, kesehatan kulit, dan kesehatan rambut.

Selain teh hijau, teh hitam pun bisa diminum pagi tanpa gula, sangat baik membersihkan usus dan menghangatkan tubuh. Tapi minum teh hijau selagi perut masih kosong ini nggak disarankan buat kamu yang punya asam lambung, ya!

9. Air hangat plus kunyit

minuman sebelum sarapan

air hangat + kunyit via i.ytimg.com

Tambahkan sejumput kunyit pada segelas air hangat dan minum di pagi hari. Antioksidan dan sifat anti-kanker dalam kunyit akan bekerja dengan baik di pagi hari.

Antioksidannya ampuh membersihkan tubuh, meminimalkan kadar kolesterol dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

Jadi, selain air putih, kamu bisa minum minuman di atas untuk memulai hari yang segar. Pastikan kamu minum di pagi hari sebelum mulai sarapan, ya. Salam sehat! 🙂

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

Editor

Digital Marketing Enthusiast dan sedang belajar tentang Search Engine Optimization.

CLOSE