Sama-sama Menghangatkan Tubuh, Minyak Telon dan Minyak Kayu Putih Sebetulnya Bagus Mana sih?

Minyak telon dan minyak kayu putih

Saat perut terasa sakit dan nggak enak, minyak telon atau minyak kayu putih jadi benda penyelamat yang pertama kali dicari. Kedua minyak ini bisa membuat tubuh jadi lebih hangat dan meredakan sakitnya. Namun, antara minyak telon dan minyak kayu putih, sebenarnya manakah yang paling efektif untuk meredakan sakit?

Advertisement

Setelah melansir dari beberapa sumber, berikut Hipwee Tips berikan ulasannya untukmu.

Dari segi komposisi, keduanya terbuat dari bahan yang jelas berbeda

bahan pembuatnya berbeda via docplayer.info

Biasanya, minyak telon terbuat dari campuran minyak kelapa, minyak adas, dan minyak eucalyptus dengan kadar yang berbeda. Sementara, minyak kayu putih terbuat dari hasil penyulingan daun dan ranting kayu putih, yakni pohon jenis Melaleuca leucadendra atau Melaleuca cajuputi.

Minyak telon dan kayu putih juga memiliki aroma serta tekstur yang berbeda

teksturnya berbeda via www.fimela.com

Selain aromanya yang lebih kuat, minyak kayu putih juga memiliki sensasi hangat yang lebih tinggi daripada minyak telon. Tesktur dari kedua minyak ini pun berbeda. Minyak kayu putih cenderung memiliki tekstur yang nggak licin dan cepat meresap ke kulit. Sedangkan, minyak telon terasa lebih kental dan lama meresap ke kulit.

Advertisement

Karena bahan yang digunakan berbeda, kedua minyak ini pun memiliki kegunaan yang berbeda pula

kegunaan berbeda via hellosehat.com

Minyak kayu putih sering digunakan untuk melegakan hidung tersumbat akibat flu. Sedangkan, minyak telon lebih sering digunakan untuk melegakan pernapasan. Minyak telon juga bisa digunakan untuk mengusir nyamuk karena mengandung adas.

Lantas, di antara kedua minyak ini, manakah yang paling efektif untuk meredakan sakit?

Efektif mana? via nyonyareview.wordpress.com

Meski sebenarnya nggak ada yang paling efektif, namun karena lebih hangat, minyak kayu putih lebih bisa digunakan untuk meredakan sakit bagi orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak, kamu disarankan untuk menggunakan minyak telon saja. Kedua minyak ini sama-sama bisa kamu gunakan untuk menghangatkan tubuh kok.

Meski kedua minyak ini aman untuk digunakan, namun kamu tetap nggak boleh mengoleskannya pada kulit yang terluka. Hindari juga penggunaan minyak di sekitar area mata dan mulut, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE