6 Mitos Perawatan Wajah yang Kerap Menyesatkan. Jangan Langsung Percaya ‘Katanya’

mitos perawatan wajah

Merawat kulit wajah memanglah penting. Terutama jika usianya sudah 20-an dan banyak aktivitas. Kamu pun nggak boleh sembarangan dalam melakukan beberapa perawatan wajah. Ada aturan yang sebaiknya kamu ikuti supaya wajahmu nggak makin bermasalah. Banyak mitos seputar perawatan wajah yang beredar dan lantas diikuti, padahal justru menyesatkan dan nggak sesuai.

Advertisement

Berikut beberapa mitos perawatan wajah menyesatkan yang terlanjur dianut oleh banyak orang. Setelah tahu ini, jangan mudah percaya lagi, ya!

1. Kamu pasti sering mendengar isu bahwa makeup bikin wajahmu rentan berjerawat. Ternyata keliru lo~

makeup bikin jerawatan via www.facetofeet.com

Sebetulnya, bukan makeup yang menimbulkan jerawat, namun produk makeup yang nggak cocok dengan kebutuhan kulit atau sudah kedaluwarsa itulah yang bisa menumbuhkan jerawat. Kalau kamu rutin menggunakan makeup, pilihlah produk yang sesuai dan jangan lupa untuk selalu memeriksa tanggal kedaluwarsanya. Dan, yang penting, bersihkan juga makeup kamu sebelum tidur.

2. Mitos lain yang masih dipercaya banyak orang ialah cara menyembuhkan jerawat dengan memencetnya

memencet jerawat via www.cnnindonesia.com

Ketika jerawatan, jangan sampai deh kamu memencetnya. Memencet jerawat bisa menyebarkan infeksi dan malah akan memperburuk jerawatmu. Lebih baik, biarkan jerawatmu mengering dan sembuh dengan sendirinya.

3. Meski klaimnya dapat mencegah kerutan, ternyata produk anti aging hanya bisa untuk melembapkan wajah

kerutan di wajah via www.popbela.com

Mencegah kerutan yang dimaksud oleh krim anti aging ialah dengan melembapkan wajah agar nggak kering. Karena biasanya wajah yang kering akan mudah berkerut, bukan? Jadi, produk anti aging nggak serta merta menghilangkan kerutan, namun untuk melembapkan dan mencegah agar kulit nggak kering.

4. Meski sedang hujan, kamu tetap harus menggunakan tabir surya lo. Jangan cuma pas panas saja

pakai sunscreen saat hujan via consent.yahoo.com

Tabir surya merupakan produk penting yang harus kamu pakai untuk merawat wajahmu. Kamu membutuhkan tabir surya untuk melindungi kulitmu sekali pun cuaca sedang hujan.

5. Dengan memakai tabir surya dengan SPF tinggi, bukan berarti perlindungan kulitmu juga jadi lebih terjaga

memakai sunscreen via www.allure.com

Meskipun SPF yang lebih tinggi lebih bermanfaat. Tapi nggak wajib juga kok kamu terapkan. Bagian penting dari tabir surya yang kamu pakai sebenarnya ialah yang ber-SPF 15 dan mengandung bahan-bahan seperti, ecamsule atau oxybenzone untuk perlindungan lengkap.

Advertisement

6. Jangan mudah percaya dengan iming-iming harga, nyatanya produk mahal belum tentu lebih baik kok~

mahal belum tentu bagus via media.iyaa.com

Nggak perlu mahal, beli produk yang cocok untuk kulitmu sebenarnya lebih tepat.  Produk mahal memang terasa lebih lembut di kulit, namun belum tentu berfungsi jika tidak cocok di kulitmu.

Ternyata beberapa perawatan wajah yang selama ini kita tahu nggak selamanya benar, ya? Nah, kalau sudah tahu faktanya, kamu perlu membenahi beberapa perawatan wajahmu supaya nggak makin bermasalah, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE