8 Cara Memutihkan Kulit Wajah Tanpa Krim atau Perawatan Mahal. Cuma Kebiasaan Sepele Padahal

Cara memutihkan kulit

Mayoritas cewek tentu ingin wajahnya bebas dari jerawat dan komedo, ada yang ingin wajahnya halus dan mulus, termasuk juga menginginkan wajah yang putih bersinar. Pergi ke klinik kecantikan menjadi salah satu cara memutihkan kulit dengan cepat. Memang, wajah yang putih dan bercahaya tampak lebih menarik dan memesona. Tapi, bukan berarti menggunakan perawatan intensif dari klinik kecantikan menjadi satu-satunya cara mencerahkan kulit dengan cepat atau bahkan permanen.

Advertisement

Cukup dengan mengubah sedikit kebiasaanmu sehari-hari, wajahmu bisa tampak lebih putih, bersih, dan sehat pula. Lalu, kebiasaan apa sajakah yang bisa dijadikan cara memutihkan kulit secara alami?

1. Biasakan membasuh wajah dengan air hangat tiga kali sehari, agar wajah senantiasa segar dan berseri

membasuh wajah dengan air hangat | credit: Nicodash via id.depositphotos.com

Air hangat akan memudahkan proses pengangkatan kotoran dan mengurangi minyak berlebih pada wajah. Selain itu, air hangat mempunyai efek yang dapat melemaskan otot dan memperlancar peredaran darah, sehingga wajah nggak mudah mengalami masalah kulit.

Kamu cukup membasuh wajah dengan air hangat tanpa sabun pencuci muka. Pastikan temperatur airnya hangat-hangat kuku, nggak terlalu dingin dan nggak terlalu panas. Setidaknya kamu harus membasuh wajahmu tiga kali dalam sehari, yaitu saat bangun tidur, setelah bepergian dan sebelum tidur. Cara memutihkan kulit wajah ini cukup simpel, bukan?

Advertisement

2. Mencuci wajah dengan sabun juga penting. Lakukan dua kali sehari secara rutin

cuci muka pakai sabun | credit: torwaiphoto via www.freepik.com

Membasuh wajah dengan air hangat saja belum cukup mengangkat kotoran yang menempel pada kulit dan pori-pori. Kamu harus menyempurnakannya dengan mencuci wajah menggunakan sabun. Sabun akan mengangkat dan membersihkan kotoran beserta kuman dan bakteri yang menempel di permukaan kulit wajahmu.

Pakailah produk sabun pencuci wajah yang memiliki manfaat untuk mengontrol wajah berminyak dan mampu mengangkat sel kulit mati. Cucilah wajahmu sebanyak dua kali sehari, pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.

3. Agar kulit wajahmu lebih cerah dan ayu, pakailah masker susu yang dikombinasikan dengan air mawar dua kali seminggu

Advertisement

mandi susu | credit: ArthurVerkhovetskiy via id.depositphotos.com

Salah satu cara memutihkan kulit secara alami dengan cepat dan permanen adalah menggunakan masker wajah yang terbuat dari campuran susu murni dan air mawar. Oleskan masker ini di wajah dan diamkan selama 10-20 menit. Untuk hasil terbaik, lakukan masker wajah ini dua kali seminggu. Kamu juga bisa mandi susu kalau ingin mendapatkan kulit glowing natural dengan cara yang aman.

Baca juga: Mengulik Salah Kaprah Kulit Glowing Bareng dr. Mita Sp.KK. Ternyata Belum Pasti Sehat!

4. Jika kamu ingin kulit wajah yang putih bersinar, jadilah penikmat setia jus lemon yang diracik tanpa gula

minum jus lemon | credit: azerbaijan_stockers via www.freepik.com

Tinggalkan kebiasaan minum soda dan minum-minuman instan lainnya. Jadikan minuman jus lemon segar sebagai minuman favoritmu yang baru. Lemon terkenal dengan kandungan vitamin C-nya yang sangat banyak, sehingga mampu menutrisi kulit dan membuatnya jadi lebih bersih dan cerah berseri. Tak hanya kulit wajah, rutin meminum jus lemon dua kali sehari ini juga menjadi cara memutihkan kulit badan secara keseluruhan.

5. Meski terdengar klise, banyak minum air putih nyatanya bisa membuat kulitmu jadi lebih bersih dan cerah, lho!

minum air putih | credit: pressfoto via www.freepik.com

Air putih punya fungsi untuk membuang zat-zat yang nggak diperlukan tubuh, termasuk kotoran-kotoran yang bersarang di wajahmu. Selain itu, air putih juga akan membantu melancarkan penyebaran nutrisi bagi tubuh dan melancarkan sistem metabolisme tubuh. Semakin lancar metabolisme tubuh, maka akan semakin sehat dan bersih juga kulitmu. Kamu nggak cukup hanya meminum air putih sebanyak 8 gelas saja perhari, minumlah air putih setidaknya sebanyak 15–20 gelas per hari.

6. Selain lewat minuman, kamu juga disarankan untuk memasukkan sayuran ke dalam menu makanan harianmu

makan sayuran | credit: senivpetro via www.freepik.com

Cara memutihkan kulit dengan bahan yang mudah didapat selanjutnya adalah mengonsumsi sayuran yang segar nggak hanya bagus untuk kesehatan tubuh tapi juga bagus sekali untuk mencerahkan kulitmu. Sayuran yang masih segar akan menyuplai nutrisi dan vitamin yang penting bagi tubuh, sehingga kulit akan terjaga kesegarannya. Makanlah secara teratur menu salad berupa kombinasi sayuran sehat yang baik untuk kulit seperti selada, tomat, kentang, wortel, mentimun, lobak dan sayuran segar lainnya.

7. Kurangi begadang sampai tengah malam, cukupkan kebutuhan tidurmu minimal 7-8 jam sehari

tidur cukup | credit: tirachardz via www.freepik.com

Usahakan kamu selalu mendapatkan jatah tidur yang cukup, minimal 7-8 jam dalam sehari. Pola tidur yang baik dapat berdampak baik bagi kesehatan kulitmu. Wajah akan senantiasa terlihat segar dan lebih bersih karena proses regenerasi kulit ketika tidur di malam hari nggak terganggu. Begadang atau tidur larut malam hanya akan membuat wajahmu tampak keriput, kusam dan menua.

8. Agar usaha memutihkan kulit wajah nggak sia-sia, rutin gunakan tabir surya atau pelembap saat ingin keluar rumah, ya!

pakai sunscreen | credit: freepik via www.freepik.com

Polusi mengandung berbagai macam zat beracun dan kotoran yang dapat mematikan sel kulit serta memicu timbulnya jerawat pada wajah. Sementara, sinar matahari dapat membakar dan merusak jaringan kulitmu. Penggunaan tabir surya akan menjaga dan melindungimu dari paparan polusi dan sengatan sinar ultraviolet dengan selalu memberikan perlindungan sebagai bentuk pencegahan awal. Memakai tabir curya ini termasuk salah satu cara memutihkan kulit belang juga lo!

Nah, dengan konsisten untuk menerapkan kebiasaan-kebiasaan sederhana di atas, kulit wajah yang bersih, putih, dan sehat bakal kamu dapatkan tanpa perawatan yang mahal. Yuk, coba buktikan!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE