7 Racikan Masker Tomat untuk Beragam Masalah Kulit. Bikin Cerah Wajah Hingga Kecilkan Pori

Masker tomat

Merawat kulit wajah tak melulu harus keluar banyak uang. Dengan memanfaatkan bahan alami pun kamu bisa mendapatkan kulit yang mulus berseri. Salah satu bahan yang bisa digunakan ialah tomat. Berdasarkan review masker tomat, bahan alami ini bisa digunakan untuk mengatasi banyak permasalahan kulit tanpa menimbulkan iritasi. Bahkan tak sedikit pula yang menyebut bahwa manfaat masker tomat setiap hari sama dengan penggunaan sheet mask secara rutin.

Advertisement

Untuk meminimalisir efek samping masker tomat, kamu mesti menggunakannya secara benar, termasuk ketika meraciknya. Berikut beberapa racikan masker tomat alami yang dapat difungsikan untuk mengatasi aneka masalah pada wajah, termasuk jerawat membandel, pori-pori, maupun tanda penuaan.

1. Campuran tomat dan madu dapat digunakan untuk menghidrasi sekaligus memperbaiki pertumbuhan sel kulit

tomat dan madu | credit: fab how via www.fabhow.com

Manfaat masker tomat dan madu ini didapat karena kedua bahan tersebut memiliki kandungan karotenoid, asam folat, dan vitamin C yang cukup banyak. Mencampur kedua bahan ini akan membantu menutrisi kulitmu.

Haluskan tomat yang sudah dicuci, campur dengan madu secukupnya. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Advertisement

2. Untuk memaksimalkan manfaat masker tomat di malam hari, kamu dapat mencampurkannya dengan putih telur

tomat dan madu | credit: starbiz via starbiz.com

Campuran masker tomat dan putih telur dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit yang erat kaitannya dengan pori-pori wajah. Baik tampilan pori-pori yang besar hingga tumpukan minyak dalam pori-pori yang memicu jerawat. Manfaatnya memang banyak, hanya saja membuat masker tomat dan putih telur lebih butuh effort daripada cara membuat masker tomat tanpa campuran. Penyebabnya karena aroma putih telur yang agak amis, tapi jangan khawatir, bisa diatasi kok.

Haluskan satu buah tomat, campur dengan putih telur secukupnya — tuang pelan-pelan. Balurkan secara merata ke wajah dan diamkan sampai mengering, kemudian bilas dengan air hangat.

3. Masker tomat dan gula bisa digunakan layaknya scrub wajah yang umum dipakai untuk membantu eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati

Advertisement

tomat dan gula | credit: projectvanity via www.projectvanity.com

Manfaat masker tomat dan gula sebagai scrub wajah sangatlah banyak. Salah satu yang paling kelihatan ialah berkurangnya komedo dan kulit terasa lebih halus. Berikut cara membuat masker tomat dan gula pasir beserta langkah menggunakannya.

Campur satu sendok teh gula dengan satu buah tomat yang sudah diambil dagingnya. Oleskan pada wajah dengan gerakan memutar. Lakukan pijatan selama 5 menit lalu dinginkan. Bilas menggunakan air hangat dan segera aplikasikan hydrating toner.

4. Sama halnya dengan gula, masker tomat dan kopi pun digunakan sebagai scrub wajah. Tapi karena bahan campurannya berbeda, khasiatnya tentu nggak sama

tomat dan kopi | credit: nutritiouslife via nutritiouslife.com

Tomat mengandung senyawa likopen yang mampu menangkal radikal bebas dan membuat wajah lebih cerah dan berseri. Tak cuma itu, tomat pun bisa digunakan sebagai tabir surya alami untuk mengurangi kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet dari matahari. Begini cara menggunakannya.

Haluskan tomat, tambahkan dua sendok makan bubuk kopi, aduk hingga menjadi adonan pasta. Gosok pelan pada wajah dengan gerakan memutar. Lakukan selama kurang lebih satu menit hingga semua sel kulit mati terangkat. Bilas dan lakukan setidaknya tiga kali dalam seminggu untuk hasil maksimal.

5. Racikan masker tomat dan tepung beras mungkin masih jarang terdengar. Tapi kedua bahan ini efektif untuk mencerahkan dan meratakan warna kulitmu

tomat dan tepung beras | credit: mirzamlk via br.depositphotos.com

Tomat dipercaya bisa mengecilkan pori-pori dan menghilangkan komedo. Jika dicampur dengan tepung beras, manfaatnya akan bertambah, seperti mencerahkan serta meratakan warna kulit. Bahkan racikan bahan ini pun bisa bantu mengatasi masalah beruntusan lo! Berikut cara mudah menggunakan masker tomat untuk bruntusan:

Blender tepung beras dan tomat sampai menjadi adonan pasta. Aplikasikan pada wajah yang sudah dibersihkan dan diamkan 15 menit. Setelah itu, gosok dengan gerakan melingkar, lalu bilas menggunakan air bersih.

6. Tambahkan perasan lemon demi mendapatkan manfaat masker tomat untuk wajah yang lebih optimal. Khususnya jika kamu ingin meredakan beruntusan sekaligus mencerahkan wajah

tomat dan lemon | credit: naukrinama via www.naukrinama.com

Berkat kandungan vitamin C-nya, kedua bahan ini dapat dimanfaatkan untuk mengatasi beruntusan, mencerahkan wajah, serta mengurangi bekas jerawat. Tapi karena dua-duanya mengandung acid, baiknya gunakan maksimal dua kali dalam seminggu saja. Jangan khawatir, walau nggak digunakan setiap hari, manfaat masker tomat untuk jerawat tetap bisa maksimal kok. Tapi pastikan kamu sudah menggunakannya dengan benar.

Haluskan tomat dan beri perasan lemon secukupnya. Aplikasikan pada wajah dengan menggunakan kapas, diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat dan akhiri dengan air dingin.

7. Jika kulitmu kering, tambahkan olive oil pada masker tomat untuk mengembalikan kelembapannya

tomat dan zaitun | credit: Kazmulka via www.dreamstime.com

Kulit kering yang tak diatasi dapat memicu gatal serta pengelupasan yang mengganggu. Sebelum terlambat, segera lakukan pertolongan pertama dengan memanfaatkan masker tomat.

Haluskan tomat secara kasar dan beri sedikit minyak zaitun kemudian aplikasikan pada wajah selama 20 menit, lalu bilas seperti biasa.

Beneran nggak mahal, kan? Racikannya pun bisa pakai bahan-bahan dapur lainnya. Praktis, murah, sekaligus bermanfaat. Gih sekali-kali coba bikin masker tomat yang bermanfaat. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE