Cara Menghilangkan Komedo yang Membandel di Hidung Hingga Pipi, Baik yang Hitam Maupun Putih

Cara menghilangkan komedo

Selain jerawat, salah satu masalah kulit wajah yang umum dikeluhkan ialah komedo. Meski cuma berupa bintik kecil berwarna hitam atau putih, komedo tetap saja menggangu penampilan, apalagi jika pori-porimu cukup besar. Umumnya, komedo akan muncul ketika pori-pori di kulit tersumbat oleh minyak alami atau sebum yang berlebihan. Tak heran, jika komedo akan lebih banyak ditemukan pada mereka yang punya kulit berminyak. Meski begitu, kemunculan komedo di wajah ini juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor lain, seperti penggunaan kosmetik berlebihan atau perubahan hormon.

Advertisement

Sebenarnya, pada wajah ada dua jenis komedo yang berbeda, yakni komedo putih dengan permukaan terbuka serta komedo hitam yang permukaan tertutup. Nah, karena perbedaan tersebutlah, maka cara menghilangkan komedo putih dan hitam ini pun tak sama. Meski umumnya agak sulit membuat wajah bersih dari komedo tapi setidaknya kamu bisa mencoba cara menghilangkan komedo ampuh berikut untuk meminimalisirnya.

Pemilik komedo hitam bisa sedikit lega. Sebab cara menghilangkan komedo hitam jauh lebih mudah daripada yang putih

Cara sederhana yang bisa kamu coba ialah dengan menekan kedua sisi yang berkomedo dengan tangan. Tapi selain itu, kamu bisa coba cara menghilangkan komedo dan wajah berminyak berikut ini:

1. Melakukan eksfoliasi dengan produk yang mengandung AHA atau BHA

Advertisement

eksfoliasi AHA BHA via www.dinithestories.com

Kedua kandungan skincare ini bisa bantu mengatasi kusam dengan cara mengelupas lapisan kulit atas dan membersihkan sebum di dalam pori-pori yang berpotensi memicu komedo. Namun jika melihat dari anjuran, seseorang hanya boleh melakukan eksfoliasi dengan AHA atau BHA maksimal dua kali seminggu.

2. Alternatif lain bisa dengan menggunakan clay mask, apalagi jika wajah berminyak cukup parah

Advertisement

pakai clay mask via www.facetofeet.com

Selain mengeluarkan kotoran dan minyak berlebih yang menyumbat pori-pori, beberapa clay mask juga dilengkapi dengan kandungan belerang yang bisa mengurangi sel kulit mati penyebab komedo. Supaya aman, gunakan clay mask sekali dalam seminggu di waktu kamu tak melakukan eksfoliasi.

3. Kamu juga boleh coba mengeluarkan komedo secara manual lo!

Untuk memastikan kehigienisannya, sangat dianjurkan untuk memakai alat pembersih khusus yang biasa digunakan para dokter di klinik kecantikan. Biar komedo gampang dikeluarkan, coba buka dulu pori-pori di sekitar area ekstraksi dengan menguapinya dengan air hangat. Umumnya, metode ini sering dipakai sebagai cara menghilangkan komedo hitam di hidung.

4. Atau, kamu bisa melakukan chemical peeling sebagai cara menghilangkan komedo dan jerawat

melakukan chemical peeling via blog.neuffa.com

Chemical peeling bisa menghilangkan sumbatan pada pori-pori dan membuang sel kulit mati yang bisa membuat wajahmu bersih dari komedo. Saat melakukan chemical peeling, dokter akan mengoleskan cairan langsung pada kulit lalu mengelupasnya untuk membersihkan lapisan teratas kulit.

Berikut cara menghilangkan komedo putih yang bisa kamu coba. Kudu lebih telaten, ya!

1. Gunakan skincare yang mengandung asam salisilat

skincare asam salisilat via parenting.orami.co.id

Asam salisilat mampu menurunkan produksi minyak serta menyingkirkan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Biasanya, asam salisilat ada pada toner astringen atau gel pelembap wajah.

2. Cara menghilangkan komedo di pipi bisa juga dengan menggunakan krim retinoid

pakai krim retinoid via www.alodokter.com

Berkat kandungan vitamin A di dalamnya, krim retinoid bisa bantu mengatasi komedo putih yang membandel. Umumnya, krim retionid ada pada produk skincare anti aging. Tapi perlu diingat kalau krim retinoid ini nggak boleh dipakai di bawah paparan sinar matahari langsung.

3. Cara paling mudah ialah dengan menggunakan pembersih wajah yang mengandung eksfoliator

scrub wajah via www.baldingbeards.com

Facial wash yang mengandung scrub bisa bantu membersihkan sel kulit mati yang menyumbat pori dan menyebabkan tumpukan komedo. Biar kulitmu nggak iritasi, gunakan pembersih muka yang scrub-nya cenderung kecil dan lembut. Jangan gunakan facial wash ini jika wajahmu sedang meradang.

4. Sesekali cobalah steam wajahmu menggunakan air hangat

steam wajah via www.medicalnewstoday.com

Kotoran yang menyumbat pori bisa dikeluarkan melalui metode uap ini lo! Cara penggunaannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan semangkuk air hangat lalu dekatkan ke wajah agar uapnya membuka pori dan mengeluarkan komedo putih. Kemudian bersihkan dan tutup pori wajah menggunakan es batu.

Selain komedo hitam dan putih, ketahui juga cara menghilangkan komedo di hidung

1. Angkat komedo di hidung dengan menggunakan pore strips

pakai pore strips via trustyreviewed.com

Ya, pore strips bisa dipakai jika kamu ingin mengangkat komedo secara instan. Tapi agar pore strips bekerja maksimal, cobalah buka pori-pori dulu dengan menghangatkan wajahmu — bisa cuci muka dengan air hangat atau steam. Sayangnya, pore strips tak bisa mencegah komedo datang lagi, malah penggunaannya justru dikhawatirkan bisa mengangkat rambut wajah dan lapisan penting di kulit, melansir laman Sehatq.

2. Atau kamu bisa menggunakan ekstraktor komedo

bersihkan pakai alat via www.intouchweekly.com

Ekstraktor bisa dibilang sebagai alat penyedot komedo yang bisa membersihkan sel kulit mati serta mengangkat kotoran dalam pori secara instan. Sebelum menggunakan ekstraktor komedo, baiknya kamu baca petunjuk pakainya atau berkonsultasi ke dokter dulu.

3. Jangan lupa cuci wajah setidaknya dua kali sehari agar kotoran nggak menumpuk dan menyumbat pori

rajin cuci muka via www.verywellhealth.com

Kunci utama agar komedo tak bersarang di wajah ialah dengan menjaga kebersihannya. Makanya, setidaknya kamu mesti cuci muka minimal dua kali sehari. Apalagi jika kamu sering melakukan aktivitas di luar ruangan.

Selain menggunakan produk skincare, cara menghilangkan komedo dengan bahan alami ini pun patut kamu coba

1. Cara menghilangkan komedo dengan baby oil

bersihkan pakai baby oil via www.beautynesia.id

Baby oil cukup sering digunakan untuk membersihkan komedo karena terbukti aman dan nggak bikin iritasi. Kamu bisa menggunakan baby oil saja atau mencampurkannya dengan lidah buaya, minyak zaitun, maupun yoghurt. Nah, begini cara pakainya:

Cuci wajahmu dan keringkan, oleskan baby oil di area yang berkomedo. Pijat pelan di area tersebut selama satu menit. Kemudian usap minyak yang ada di wajah dan bilas menggunakan air hangat.

2. Cara menghilangkan komedo dengan putih telur

pakai putih telur dan tisu via m.brilio.net

Putih telur ini bisa mengangkat komedo putih maupun hitam yang ada di wajahmu lo! Biar nggak begitu amis, kamu boleh mencampurkan putih telur dengan sedikit madu atau air mawar. Begini cara pemakainnya:

Pisahkan putih telur, kemudian kocok dan tambahkan sedikit madu. Jika sudah tercampur, aplikasikan putih telur ke seluruh wajah dengan menggunakan kuas. Tempel tisu kering di area yang diberi putih telur lalu diamkan hingga mengering. Kalau sudah mengering, tarik tisu dan komedo hitam akan terlihat menempel di sana.

3. Cara menghilangkan komedo dengan garam 

pakai garam dan gula via www.himedik.com

Sama dengan bahan lainnya, garam boleh kamu campur dengan air mawar, gula, madu, atau lemon. Agar komedo tak kembali, kamu bisa melakukan perawatan dengan garam ini minimal dua kali seminggu. Berikut cara menghilangkan komedo secara alami dan permanen dengan menggunakan garam:

Campur garam dan gula dengan perbandingan 1:1, kemudian tambahkan sedikit air mawar. Gunakan campuran ini untuk menggosok area yang ditinggali komedo, misalnya hidung atau dagu. Pijat pelan dengan gerakan melingkar selama lima menit, kemudian keringkan dan lap hidung atau dagu dengan menggunakan kapas atau kain bersih. Sama seperti scrub, jangan lakukan penggosokan ini jika wajahmu sedang meradang.

4. Cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi

pakai pasta gigi via flamingoid.com

Pasta gigi memang sering dipakai sebagai cara menghilangkan komedo dan mengecilkan pori-pori wajah. Namun, para ahli sebenarnya tak menyarankannya karena bisa menyebabkan iritasi, melansir laman Alodokter. Meski begitu, kamu sesekali kamu boleh menjajal cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi dan tisu berikut ini:

Oles sedikit pasta gigi yang sudah dicampur madu pada area wajah yang berkomedo, kemudian letakkan tisu di atasnya dan diamkan selama 10 menit. Setelah kering, angkat tisu secara perlahan dan secara otomatis komedo akan terangkat.

5. Cara menghilangkan komedo dengan tomat

pakai tomat via helenacesar.com

Kandungan asam alami pada tomat bisa bantu mengecilkan pori-pori serta mengangkat komedo yang membandel. Penggunaan tomat untuk menghilangkan komedo ini lebih direkomendasikan jika kulit wajahmu cukup kering.

Haluskan tomat yang sudah dicuci dengan menggunakan blender. Aplikasikan pada wajah terutama di area hidung. Cobalah berbaring dan diamkan masker selama 20 menit. Jika sudah mulai kering, cuci dan bersihkan wajah menggunakan air hangat.

Komedo umumnya tak bisa dihilangkan secara permanen, sebab sebum di dalam pori-pori kulit tetap akan keluar dan menghasilkan komedo. Yang bisa kamu lakukan adalah dengan meminimalisirnya dengan melakukan beberapa alternatif cara di atas. Sebelum melakukan perawatan, pastikan kulitmu nggak sedang meradang agar tak terjadi iritasi, ya!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE