Dalam urusan menata rambut, jepit memang punya fungsi yang nggak tergantikan. Hitam, pipih, dengan satu sisi bergelombang ini bernama bobby pin. Biasanya dipake untuk proses bikin konde atau kepang di kepala. Ternyata, bobby pin ini bisa digunakan untuk menyelamatkanmu di kala kepepet. Tak hanya buat jepit rambut saja, bobby pin  ini punya segudang manfaat lainnya.

Apa aja nih kegunaan ajaib dari jepit yang gampang hilang ini? Hipwee sudah merangkumnya kok. Kita simak bareng-bareng, yuk!

1. Nggak perlu khawatir jempol terluka saat memaku. Pakai jepit ini sebagai pengganti jempol untuk menahan paku.

Pegang jepitnya, paku deh

Pegang jepitnya, pukul pake palu deh via www.realsimple.com

Advertisement

Sudah berapa orang yang pernah menjadi korban kena palu ketika memasang paku? Udah banyak nih sepertinya. Supaya korban palu tidak bertambah banyak, kamu harus mencoba sebuah trik baru, yaitu dengan bobby pin. Caranya pun mudah. Jepitkan paku tengah-tengah jepit. Kamu hanya perlu memegang ujung jepit sambil mengetuk paku di tempat yang kamu inginkan. Nggak perlu khawatir jempol cedera gegara palu lagi!

2. Mau mempercantik kuku tapi belum punya alat nail art-nya? Pakai saja ujung jepit yang bulat untuk bisa bikin motif polkadot di kukumu!

Bikin kuku cantik

Bikin kuku cantik via www.cosmopolitan.com

Ketika punya waktu senggang, mungkin ada beberapa dari kamu yang tiba-tiba ingin mempercantik kuku. Memoleskan kuteks dengan warna-warna cerah pun kamu lakoni. Biar makin kuku makin cantik, kadang nail art diperlukan. Tapi, karena kamu nggak punya peralatan nail art yang lengkap, kamu bingung mau pake apa. Tenang, kamu bisa pakai ujung bobby pin yang bulat. Sekarang, bentuk polkadot bisa terukir dengan cantiknya. Tips yang brilian, kan?

3. Ketika kuas lem untuk bulu mata palsumu hilang, memakai ujung jepit hitam pipih ini bisa jadi alternatif.

Pengganti kuas lem

Pengganti kuas lem via www.cosmopolitan.com

Ketika kamu harus menghadiri acara resmi dan penting yang mengharuskan untuk memakai makeup paripurna, kadang eksistensi bulu mata palsu diperlukan. Ketika, kuas lem bulu matamu hilang, jangan khawatir. Ujung jepit hitam pipih ini bisa kamu jadikan solusi yang mujarab. Bulu mata pun tetap bisa menempel dengan sempurna!

4. Supaya pasta gigi tidak terbuang percuma, kamu bisa maksimalkan dengan jepit. Anak kos wajib tahu nih!

Andalan baru

Andalan baru via www.missmalini.com

Advertisement

Ketika di akhir bulan, segala persediaan untuk mandi juga harus dimaksimalkan. Dengan bantuan jepit hitman yang sebaguna ini, kamu bisa menghabiskan pasta gigimu sampai habis tuntas tak tersisa. Gulung pasta gigimu mulai dari ujung, lalu ganjal dengan bantuan bobby pin ini. Bermanfaat banget nih buat anak kosan!

5. Gantungan risleting rusak memang bikin khawatir. Memakai bobby pin sebagai penggantinya mampu usir kegusaranmu.

Problem solved

Problem solved via www.missmalini.com

Hampir sebagian besar barang yang praktis itu punya fitur zipper atau risleting. Jaket, tas, jas hujan, atau map banyak yang memakai risleting. Ketika kamu sedang menggunakan risleting, tiba-tiba gantungannya rusak dan copot, pasti panik kan. Selama kamu punya persediaan bobby pin di lemarimu, krisismu ini akan terselamatkan. Kamu bisa masukkan jepit ke dalam lubang gantungan. Risleting pun masih tetap bisa dipakai!

6. Wastafel lagi buntu sudah bukan masalah besar. Bobby pin bisa bantu untuk membersihkan kotoran yang menyumbat.

Biar ga buntu

Biar ga buntu via www.wisebread.com

Saluran air yang tersumbat memang sering terjadi. Bahkan, di rumahmu pun pernah mengalami hal menyebalkan ini. Kamu pun dibikin sebel karena air yang mengalir jadi lama masuk ke dalam. Biasanya hal ini disumbat oleh kotoran atau rambut-rambut. Nah, kamu bisa buat air menyumbat ini berhenti dengan bobby pin untuk membersihkan sumber kotoran. Tapi perlu diingat, kalau sudah selesai dibuat bersihin, segera dibuang ya!

7. Nggak bawa tusuk gigi buat nyicip kudapan? Jepit hitam ini bisa dipake kok, asal kebersihan tetap terjaga.

Penggantinya

Penggantinya tusuk gigi via toothpick.tumblr.com

Ketika kamu pergi untuk wisata kuliner dan pingin icip-icip kudapan tanpa pake garpu? Tusuk gigi bisa kamu pakai juga nih. Sekali pakai, bisa langsung dibuang. Tapi, kalau tusuk gigi kebetulan lagi habis, gimana dong? Jepit pipih ini bisa kamu jadikan pengganti. Tapi ingat, kalau jepitnya sudah nangkring di kepala, jangan dipake dibuat tusuk makanan ya. Kesehatanmu harus tetap dijaga, guys!

8. Supaya snackmu nggak gampang melempem, jepit hitam ini membantu kerenyahannya tetap terjaga.

Biar rapet

Biar rapet via id.pinterest.com

Kerenyahan yang ditawarkan oleh snack bungkusan memang tak bisa ditepis. Ketika kudapanmu tidak habis dalam sekali makan, kamu membungkus kembali. Jangan sering-sering pakai  karet gelang, karena rongga udara yang masih ada di dalam bisa bikin isinya melempem. Kamu bisa menggulung dari bagian atas yang terbuka, supaya rongga yang ada di dalam semakin sempit. Lalu, jepit dengan bobby pin agar tetap rapat. Kerenyahan yang ada di dalam tetap terjamin!

9. Pembatas buku juga bisa kamu kreasikan dengan sebuah jepit hitam ini. Nggak mudah lepas dan nggak gampang hilang.

Diberi batasan!

Diberi batasan! via ecowomen.wordpress.com

Pembatas buku bisa dikreasikan dari apa saja. Nggak melulu pakai kertas, ternyata dengan jepit hitam yang sering dipake buat sanggul juga bisa kamu manfaatkan sebagai pembatas buku. Bisa kamu selipkan diantara lembaran kertas, dijamin nggak gampang lepas dan hilang. Buat kamu yang suka baca buku, harus tau tips ini nih!

Setelah kamu menyimak beberapa manfaat tak terduga dari bobby pin ini, mana nih yang pingin kamu coba? Semoga bermanfaat buat kalian, guys!

Kredit Featured Image: http://www.goodhousekeeping.com/home/tips/a24237/bobby-pin-uses/

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya