7 Alternatif Obat Flu Alami yang Populer Sedari Bayi. Meriang Bablas Asal Istirahatnya Tertib

Obat flu alami

Saat flu menyerang, sebetulnya ada beberapa alternatif obat flu dan batuk alami selain mengonsumsi obat flu tablet di apotik. Meski tak bisa digunakan sebagai cara menyembuhkan flu dalam semalam, setidaknya obat flu alami ini akan mengurangi demam dan membuat pernapasanmu jauh lebih lega. Kalau dibarengi dengan istirahat yang cukup, obat flu tradisional untuk dewasa bisa meredakan pilek dalam seminggu meski tanpa obat kimia. Karena khasiatnya yang cukup manjur dan aman, wajar apabila obat flu alami ini juga digunakan oleh ibu hamil maupun anak-anak.

Advertisement

Selama nggak dibarengi dengan gejala lain, tak ada salahnya jika kamu menggunakan obat batuk pilek tradisional untuk dewasa. Berikut beberapa alternatif obat flu alami paling manjur yang aman digunakan orang dewasa, ibu hamil, maupun anak-anak. Tapi hati-hati ya saat pakai obat flu alami untuk anak, aturan pakainya mesti sesuai.

1. Berkumur air garam merupakan salah satu alternatif obat pilek ampuh untuk dewasa yang cukup praktis mengaplikasikannya

kumur air garam | credit: Deposit Photos via id.depositphotos.com

Air garam dapat menghilangkan lendir yang menyumbat hidung dan mengganggu tenggorokan. Kamu bisa melarutkan setengah sendok air garam ke dalam air hangat lalu gunakan untuk berkumur selama beberapa menit. Lakukan setidaknya 3 sampai 4 kali sehari agar lebih efektif dan flu cepat sembuhnya. Sekalipun aman, air garam tak dapat digunakan sebagai obat pilek anak karena takut tertelan.

2. Dengan menghirup uap hangat, pernapasan yang tersumbat akibat lendir flu akan sedikit membaik. Obat alami ini aman digunakan untuk anak maupun ibu hamil lo!

uap dengan air panas | credit: Medical News Today via www.medicalnewstoday.com

Uap hangat dapat mengencerkan lendir sekaligus melemaskan saluran hidung yang bengkak saat terserang flu. Berikut cara mudah menggunakan obat flu alami untuk ibu hamil ini.

Advertisement

Isi baskom dengan air panas lalu beri beberapa tetes minyak kayu putih atau minyak esensial. Tundukkan kepala tepat di atas permukaan air lalu tutupi dengan handuk lebar agar uap nggak menguap ke mana-mana. Hirup uap perlahan-lahan, sambil hembuskan napas sesekali dan lakukan selama beberapa menit.

3. Selain jadi obat pilek alami untuk bayi, obat flu alami bawang merah juga dapat digunakan oleh orang dewasa. Ramuan turun-temurun yang tokcer khasiatnya

balur bawang merah | credit: Simona Sergi via unsplash.com

Obat flu alami untuk anak ini ternyata sudah ada sejak abad ke-15. Banyak metode yang dapat digunakan agar khasiat bawang merah untuk flu benar-benar mujarab. Salah satu yang paling populer ialah dengan merajang bawang merah lalu dicampur dengan minyak kayu putih dan dibalurkan ke punggung maupun dada. Menaruh potongan bawang merah di sampingmu saat tidur juga bermanfaat untuk menyerap kuman dan bakteri yang ada di ruangan lo~

4. Kamu juga dapat memanfaatkan jahe sebagai obat batuk berdahak dan pilek untuk dewasa. Boleh dikonsumsi bahkan saat sedang menyusui ataupun hamil

Advertisement

rebusan jahe | credit: Silviarita via pixabay.com

Obat flu alami untuk ibu menyusui ini dapat melemaskan otot di saluran pernapasan sekaligus melegakan hidung tersumbat. Jahe juga dapat memicu sistem imun tubuh yang secara aktif dapat mempercepat proses pemulihan lo! Obat flu alami paling ampuh ini bisa dijadikan wedang jahe untuk dinikmati.

Geprek atau parut satu sampai dua ruas jahe yang sudah dicuci bersih kemudian rebus dengan air hingga mendidih. Saring air rebusan lalu minum selagi hangat. Bisa juga ditambahkan madu, gula merah, atau perasan lemon.

5. Madu dapat dijadikan obat pilek alami untuk anak dan dewasa. Tapi nggak disarankan untuk digunakan pada anak di bawah usia 1 tahun, ya~

minum madu | credit: Valeria Boltneva via www.pexels.com

Sifat antimikroba pada madu dapat membantu sistem imun tubuh jadi lebih efisien melawan peradangan akibat pilek. Kamu bisa langsung mengonsumsi satu sendok madu di pagi dan malam hari. Tapi kalau nggak terlalu suka manis, madu boleh dilarutkan dalam air hangat seperti teh maupun air lemon. Selain bisa digunakan jadi obat flu alami untuk anak 2 tahun, madu juga dapat mencegah dehidrasi lo!

6. Sajikan sup ayam hangat dengan kaldu bawang putih saat anak sedang demam. Kamu pun boleh menggunakannya sebagai obat flu alami untuk anak 1 tahun asal bumbu-bumbunya sudah disesuaikan

makan sup ayam | credit: Jason Goh via pixabay.com

Ayam dan bawang putih bisa jadi kombinasi tepat untuk menyembuhkan flu yang sedang diderita. Dalam daging ayam terkandung zat carnosine yang dapat mengurangi gejala flu seperti hidung tersumbat. Selain itu, uap hangat dari sup juga bisa membantu melegakan pernapasanmu. Nah, kaldu bawang putihnya akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga flu bisa sembuh lebih cepat.

7. Manfaatkan daun mint untuk melegakan pernapasan dan hidung tersumbat akibat flu

daun mint | credit: congerdesign via pixabay.com

Sensasi mentol dari daun mint dapat dimanfaatkan untuk mencairkan lendir penyebab hidung mampet serta melancarkan aliran udara ke pernapasan. Untuk menyembuhkan pilek, kamu dapat mencampur 5 batang daun mint dengan air panas, diamkan selama 10 menit dan tambahkan madu, kemudian minum. Atau bisa juga dengan menghirup uap hangat dari racikan air panas yang dicampur daun mint kering maupun segar.

Obat flu alami ini hanya bisa digunakan sebagai alternatif saja, ya. Kalau flu nggak kunjung membaik serta dibarengi gejala lain kamu tetap kudu periksa ke dokter dan minum obat. Semoga membantu!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE