8 Jenis Obat yang Nggak Membatalkan Puasa. Kalau Memang untuk Kesehatan, Bisa Dipertimbangkan

Obat yang tidak membatalkan puasa

” Ih, kok pakai tetes mata sih, kan puasa. Nanti batal lo!”

Advertisement

Penggunaan obat saat berpuasa terkadang membingungkan. Khawatirnya, pengobatan yang dilakukan dengan memasukkan cairan atau jenis obat tertentu ke dalam tubuh justru bisa membatalkan puasa. Hal ini sering membuat beberapa orang jadi ragu untuk mengonsumsi atau menggunakan obat-obatan, padahal sebenarnya diperlukan untuk upaya penyembuhan.

Ternyata saat berpuasa, tak semua obat dilarang penggunaannya. Ada jenis obat-obatan tertentu yang tetap bisa kamu gunakan tanpa harus membatalkan puasa. Berikut jenis-jenis obat tersebut yang Hipwee Tips lansir dari laman media sosial BBPOM Yogyakarta.

1. Obat-obatan jenis oles nggak akan membatalkan puasamu

obat oles seperti salep via www.honestdocs.id

Karena diserap oleh kulit, maka jenis obat ini tak akan membuat puasamu batal. Obat oles pun banyak bentuk dan jenisnya, ada yang berupa gel, krim, salep, minyak maupun plester. Biasanya obat jenis ini sering dipakai untuk mengatasi gatal, luka, atau pegal-pegal.

Advertisement

2. Jenis obat yang ditempatkan di bawah lidah nggak membuat puasa batal

obat di bawah lidah via carifree.com

Sekalipun dimasukkan ke dalam mulut, jenis obat ini nggak bikin puasamu batal. Salah satu jenis obat ini ialah nitrogliserin yang umum dikonsumsi penderita angin duduk.

3. Ahli kesehatan menyebut kalau obat tetes tak akan membatalkan puasa seseorang

obat tetes mata nggak bikin batal via hellosehat.com

Sejauh ini, baru obat tetes mata saja yang diklaim nggak membatalkan puasa karena tak ada saluran yang jadi penghubung antara mata dan perut, melansir laman Liputan 6. Untuk obat tetes hidung dan telinga masih jadi perdebatan di antara ulama dan pakar kesehatan. Tapi, jika mengutip dari laman Islam NU, meneteskan obat ke dalam telinga dan hidung dapat membatalkan puasa, karena keduanya merupakan lubang terbuka melihat dari perkataan Imam Syafi’i.

4. Penggunaan suntik ternyata tak membuat puasa batal

suntik juga boleh kok via hellosehat.com

Meski suntik obat berarti memasukkan cairan ke dalam tubuh, hal ini nggak membatalkan puasamu. Namun, lain halnya jika kamu menyuntikkan nutrisi makanan lewat pembuluh darah melalui infus intravena.

Advertisement

5. Selama nggak tertelan, obat kumur masih boleh digunakan

penggunaan obat kumur via www.medicalnewstoday.com

Tapi jika obat kumur meninggalkan bau, kamu harus segera menetralkannya dengan berkumur pakai air biasa. Biar nggak tertelan, berkumurlah pelan-pelan.

6. Jika cuma dihirup, inhaler nggak akan membatalkan puasamu

inhaler kalau dihirup saja nggak masalah via www.medicalnewstoday.com

Inhaler sering digunakan oleh penderita asma untuk mengurangi gangguan saluran pernapasan.  Menurut pakar kesehatan, obat ini memang tak membatalkan puasa, tapi ada ulama yang berpendapat lain. Menurut mereka, inhaler terutama yang disemprotkan ke dalam mulut tetap bisa membatalkan puasa seseorang karena masuk ke lubang utama.

7. Baik ulama dan ahli kesehatan sepakat, kalau menghirup oksigen tak akan membatalkan puasa seseorang

menggunakan oksigen via www.freepik.com

Meski selang oksigen ditempelkan pada hidung, hal ini tetap nggak akan membatalkan puasamu. Kecuali jika oksigen sudah dicampurkan dengan obat-obatan lain.

8. Pengobatan suppositoria juga nggak bikin puasa batal

obat yang dimasukkan ke anus via www.liputan6.com

Suppositoria ialah metode pengobatan dengan memasukkan obat ke dalam rectum atau anus. Biasanya, ini diberikan kepada mereka yang mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit. Walau dimasukkan dalam anus, ini nggak akan bikin puasamu batal.

Meski masih ada beberapa hal yang jadi perdebatan antara ulama dan pakar kesehatan, namun beberapa pengobatan di atas bisa kamu pertimbangkan. Jika ragu, kamu bisa berkonsultasi dulu ke dokter. Biasanya di kondisi tertentu, dokter malah akan menyarankanmu untuk membatalkan puasa agar kesehatanmu nggak terganggu.

Yuk, terus tambah kebaikanmu di bulan ramadan ini bersama Hipwee! Jangan lupa kunjungi halaman #RamadanDirumah ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE