6 Trik Supaya Nggak Gerah dan Kepanasan Saat Pakai Jilbab. Aktivitas Outdoor? Nggak Masalah!

Pakai jilbab bebas gerah

“Duh, kenapa sih panas banget? Kan jadi gampang keringatan kalau pakai jilbab gini.”

Advertisement

Ya, hal semacam ini memang jadi keluhan utama cewek-cewek yang pakai jilbab. Apalagi kalau mereka mesti banyak gerak dan beraktivitas di luar ruangan. Selain bikin jilbab jadi gampang bau apek, keringat di kepala juga bisa jadi salah satu penyebab utama ketombe. Bahkan, jika keringatnya sampai ke badan ini bisa menimbulkan gatal-gatal dan alergi.

Meski sulit dihindarkan, sebenarnya kamu bisa meminimalisir kegerahan dan kepanasan waktu lagi pakai jilbab. Coba deh lakukan beberapa cara ini biar nggak gerah lagi meski pakai jilbab di cuaca terik.

1. Pilihlah jilbab dan inner dengan bahan yang nggak bikin gerah

Gunakan jilbab berbahan katun, voil, atau spandek. Jika mau pakai bahan sifon, gunakan inner dari katun supaya bisa menyerap keringat. Hindari menggunakan jilbab berlapis apalagi kalau mau banyak beraktivitas di luar ruangan. Bukan cuma bikin ribet, jilbab berlapis juga akan membuatmu kepanasan.

Advertisement

2. Pastikan rambut sudah cukup kering sebelum mengenakan jilbab

rambut kering via parenting.orami.co.id

Selain memicu ketombe, memakai jilbab dalam keadaan rambut basah juga bisa bikin kulit kepala jadi mudah lembap dan memicu lebih banyak keringat. Nggak hanya itu, rambut pun jadi mudah gatal. Makanya, sebelum memakai jilbab, pastikan rambut benar-benar kering supaya nggak mengganggu aktivitas.

3. Pakailah topi jika harus beraktivitas di luar ruangan

pakai topi via www.grid.id

Kalau bahan jilbabmu cukup tipis, pakailah topi agar terlindung dari sinar matahari. Gunakan topi yang agak longgar supaya bentuk jilbab juga nggak rusak. Nah, kalau berniat mau pakai topi, pakai jilbab tipis juga boleh kok.

4. Jangan lupa juga untuk mengikat rambut dengan benar

cepol rambut via girlisme.com

Kalau rambutmu cukup panjang, mending cepol ke atas agar kulit di area sekitar leher dan punggung nggak kena rambutnya. Tapi kalau panjang rambutmu nanggung, mending gunakan jepit atau masukkan ke dalam ciput.

Advertisement

5. Cucilah wajahmu atau berwudu ketika mulai kegerahan

Cipratan air di kulit akan membuat wajah jadi lebih segar. Biar jilbabnya nggak ikut basah, lepas dulu inner dan jilbabmu. Nggak cuma waktu mau salat saja, kamu juga boleh berwudu ketika mulai merasa kegerahan. Tapi, hindari mencuci muka jika wajah baru kena sinar matahari. Nanti bisa gosong lo!

6. Usahakan buat nggak terlalu banyak gerak, ya!

jangan banyak gerak via hijab.dream.co.id

Nggak cuma memperhatikan gaya hijab saja, kamu pun perlu menghindari aktivitas berlebih yang memicu keluarnya banyak keringat dalam tubuh. Tapi jika memang aktivtasmu banyak, usahakan buat berhenti sejenak ketika suhu tubuh mulai naik dan kamu merasa kepanasan. Kalau kamu memang mau olahraga, baiknya pakai jilbab khusus yang digunakan untuk itu, ya!

Sebenarnya kunci biar nggak kegerahan meski pakai jilbab ialah dengan pintar-pintar memilih bahan dan gaya jilbab. Kalau kamu banyak aktivitas di luar ruangan, usahakan pakai jilbab minimalis saja. Nah, kamu juga bisa menaburkan bedak dingin di area leher supaya nggak kena biang keringat, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE