6 Kebiasaan Penyebab Pori-pori Wajah Tersumbat. Bikin Teksturnya Jadi Kasar dan Nggak Rata

Penyebab pori tersumbat

Pori-pori di wajah itu fungsinya menghasilkan sebum atau minyak alami wajah sekaligus membantu penyerapan produk skincare. Tapi, kalau nggak dirawat dengan benar, pori-pori bisa tersumbat dan menyebabkan beberapa masalah serius pada kulit wajah, seperti tekstur kulit jadi nggak rata atau wajah jadi rentan berjerawat.

Advertisement

Nah, untuk meminimalisir hal ini, baiknya kamu mulai menghindari beberapa kebiasaan sepele yang secara nggak sadar justru jadi penyebab tersumbatnya pori-pori wajah.

1. Keseringan menyentuh wajah dengan tangan yang kotor

pegang wajah via www.bustle.com

Kita nggak pernah tahu berapa banyak kuman yang menempel di tangan. Meski tak terlihat, bakteri pada tangan bisa berpindah ke wajah dan membuat pori-porinya tersumbat lo! Makanya, jangan pegang-pegang wajah apalagi belum cuci tangan.

2. Jarang membersihkan dan sering menempelkan layar ponsel di wajah

menempelkan hp via jooinn.com

Layar ponsel juga dihuni kuman yang lebih banyak ketimbang yang di tangan, apalagi kalau jarang dibersihkan. Kalau mau lebih aman, mending pakai earphone aja waktu terima telepon masuk, atau boleh ditempel tapi ke kuping aja.

Advertisement

3. Tidur menyamping dengan kondisi seprai dan sarung bantal kotor pun jarang diganti

tidur menyamping via www.mirror.co.uk

Kondisi wajah yang lebih sensitif kulitnya akan bereaksi ketika menempel pada bantal dan seprai yang jarang diganti, termasuk menyumbat pori. Makanya, rajin-rajinlah mencuci seprai, setidaknya seminggu sekali.

4. Memang awet sih, tapi pakai alas bedak waterproof justru makin membuat pori tersumbat

pakai alas bedak via dailyvanity.sg

Karena tahan air, biasanya alas bedak waterproof memiliki kandungan bahan kimia dan minyak yang lebih banyak. Padahal kalau menempel di lapisan kulit atas, pori-pori jadi engap dan sulit mendapatkan udara yang cukup, tersumbat, dan akhirnya memicu jerawat.

5. Apalagi, kalau kamu masih pakai make-up saat tidur

tidur pakai make-up via www.insider.com

Saat tidur, wajah memproduksi sebum yang bisa menjaga kelembapan. Tapi jika wajahmu masih ditutup dengan make-up, maka produksi sebum pun akan terganggu, efeknya kamu bakal jerawatan keesokan paginya.

Advertisement

6. Jarang eksfoliasi? Pantesan pori-porinya tersumbat~

jarang eksfoliasi via orogolddaymoisturizer.com

Meski banyak yang bilang kalau eksfoliasi bisa menipiskan lapisan kulit, namun cara ini dianggap paling ampuh untuk membebaskan sumbatan pori-pori dan membuat kulit wajahmu bernapas dengan lega.

Di samping keenam hal di atas, memencet jerawat maupun komedo juga bisa membuat pori-pori tersumbat dan malah menimbulkan bekas yang sulit hilang. Bahkan, konon menurut beberapa ahli, sumbatan pori-pori lebih berisiko daripada pori-pori yang melebar lo!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE