Berapa banyak sih takaran yang kamu pakai saat mengaplikasikan skincare?

Pasti banyak dari kamu yang beranggapan bahwa mengaplikasikan skincare terlalu banyak bisa memberikan efek yang lebih cepat. Sayangnya, anggapan ini justru nggak benar lo! Mengaplikasikan skincare terlalu banyak justru bikin kulit mengalami iritasi, apalagi jika produk skincare yang kamu gunakan berlapis-lapis.

Advertisement

Biar nggak terjadi iritasi dan breakout di kulit wajahmu, ketahui takaran penggunaan skincare yang benar sesuai anjuran berikut ini.

1. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu hanya perlu menggunakan face cleanser seukuran buah kersen

seukuran buah kersen via www.cyndaadissa.com

Meski makeup yang kamu aplikasikan di wajah terbilang cukup tebal, takaran sabun cuci muka yang digunakan pun tetap sama. Tapi, gunakan makeup remover terlebih dulu, ya. Selain boros, penggunaan sabun cuci muka yang terlalu banyak justru bikin kulitmu kering.

2. Untuk face scrub, kamu hanya perlu menggunakannya seukuran dengan buah anggur hijau

seukuran buah anggur via www.kompasiana.com

Bukannya makin halus, menggunakan face scrub yang terlalu banyak justru membuat produknya terbuang sia-sia. Untuk memaksimalkan penggunaannya, kamu bisa menotolkan face scrub ini di beberapa titik wajahmu.

3. Agar hasilnya maksimal, gunakan toner sebanyak tiga sampai empat tetes. Namun, untuk pengaplikasiannya nggak perlu pakai kapas, ya!

3-4 tetes via www.indiranyan.com

Advertisement

Kapas justru akan menyerap toner yang mana jika digunakan pada wajah kandungannya jadi nggak bisa bekerja maksimal. Untuk itu, gunakan toner sebanyak tiga sampai empat tetes saja yang diaplikasikan dengan menepuk-nepukkannya ke wajah.

4. Karena kandungnya yang paling aktif, kamu hanya perlu menggunakan serum sebesar satu biji kopi saja

sebiji kopi via www.ichafaaizah.com

Kalau serummu dikemas dalam pipet, kamu hanya perlu menggunakannya sebanyak satu tetes saja. Serum yang digunakan terlalu banyak, bisa membuat kulit wajah jadi gatal dan mengalami iritasi. Atau, setara dengan satu biji kopi.

5. Untuk menjaga kelembapan wajah, kamu perlu mengaplikasikan moisturizer seukuran kacang almon

seukuran kacang almon via kinansreview.com

Pelembap yang diaplikasikan terlalu banyak bisa membuat wajah jadi greasy atau terasa berminyak setelahnya. Agar kelembapan wajah tetap terjaga, pastikan semua produk skincare yang sebelumnya kamu pakai sudah terserap dulu, ya. Takarannya satu buah kacang almon untuk pelembap.

6. Gunakan eye cream seukuran biji bunga matahari untuk menjaga kelembapan area di sekitar matamu

seukuran biji bunga matahari via www.cosmeticnews.com

Eye cream yang digunakan terlalau banyak bisa menyebabkan beruntusan di area sekitar mata. Hal tersebut juga bisa membuat area sekitar mata jadi lebih hitam lo!

7. Agar terhindar dari bahaya sinar UV, gunakanlah sunscreen seukuran buah anggur merah

seukuran anggur via www.fimela.com

Pastikan untuk selalu menggunakan sunscreen meski kamu nggak keluar rumah sekalipun. Sebab, sinar UV tetap bisa menembus dinding-dinding rumahmu lo! Jangan lupa juga untuk selalu reapply sunscreen setiap tiga jam sekali.

Supaya produk perawatan wajah bisa bekerja maksimal, gunakan sesuai dengan takarannya. Produk skincare yang digunakan berlebihan justru bisa menyebabkan iritasi pada kulit dan membuat wajah jadi breakout. Jadi, jangan seenaknya, ya!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya