Saat merawat kulit wajah, sabun cuci muka menjadi salah satu item yang wajib dipakai. Meski fungsi utamanya ialah untuk membersihkan kotoran di wajah, namun kamu tetap harus menyesuaikan penggunaannya dengan jenis kulitmu. Sebab, jika sembarangan dipakai, bisa-bisa kulit wajah malah jadi berjerawat dan rusak.

Sebelum menetapkan pilihan pada satu sabun cuci muka, kamu wajib memperhatikan reaksinya pada kulit wajah lebih dulu. Jika mengalami hal-hal berikut ini, bisa jadi sabun cuci muka yang kamu pakai nggak cocok dengan kulit wajahmu. Segera ganti yang lain, ya!

1. Timbulnya jerawat menjadi salah satu tanda kalau sabun muka yang kamu pakai ternyata nggak cocok

jadi muncul jerawat via www.stylecraze.com

Advertisement

Munculnya jerawat di wajah bisa jadi karena adanya kandungan dalam sabun cuci muka yang membuat kulitmu jadi lebih sensitif. Pastikan untuk selalu mengecek kandungan dalam sabun cuci muka supaya nggak terjadi hal seperti ini.

2. Kulit juga akan jadi kasar dan kering jika kamu salah memilih sabun cuci muka

kulit jadi kering via www.thecosmeticclinic.co.nz

Tanda-tanda ini akan muncul akibat produk yang digunakan membuat kulit jadi dehidrasi. Jika dibiarkan terus-menerus, kulit jadi lebih kusam bahkan hingga mengelupas. Nah, kalau nggak mau hal ini terus terjadi, beralihlah ke sabun cuci muka yang berbasis air.

3. Tanda paling umum yang sering terjadi jika salah memilih sabun cuci muka ialah kulit jadi terasa lebih kencang (karena saking keringnya)

kulit terlalu kering hingga kencang via www.lorealparisusa.com

Hal ini disebabkan karena sabun cuci muka menyedot seluruh minyak yang terkandung dalam wajah dan membuat pH kulit jadi nggak seimbang. Nah, untuk membuatnya normal kembali, pilihan sabun cuci muka dengan kandungan ceramide atau hyaluronic acid. 

4. Kalau sabun cuci muka yang digunakan nggak cocok, bisa jadi kulit wajahmu juga akan lebih berminyak dari biasanya lo!

jadi berminyak via www.lorealparisusa.com

Advertisement

Kondisi kulit berminyak disebabkan oleh kandungan sabun cuci yang nggak terlalu bagus. Kalau dipakai terus-menurus, kulit wajahmu akan tampak lebih kusam dan menggelap. Selain itu, hal ini juga bisa menyebabkan kulit jadi beruntusan dan berjerawat.

5. Terasa perih dan kemerahan juga merupakan salah satu efek yang paling sering dialami jika sabun cuci muka yang digunakan nggak cocok

kulit iritasi via www.klikdokter.com

Biasanya ini disebabkan karena kandungan dalam sabun cuci muka terlalu keras. Baiknya, hindari sabun cuci muka dengan butiran scrub dan alkohol yang membuat kulit jadi lebih sensitif. Pilihlah produk yang memiliki kandungan lebih natural dan aman bagi kulit wajah, ya!

Jika kamu mengalami beberapa permasalahan di atas, baiknya segera ganti sabun cuci mukamu, karena kalau diteruskan kulitmu malah makin bermasalah. Untuk itu, sebelum membeli sabun cuci muka, perhatikan dulu kandungan di dalamnya lalu sesuaikan dengan jenis dan permasalahan kulitmu, ya!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya