Tips Perawatan Rambut Pria yang Baik dan Benar, Biar Terhindar dari Rambut Rusak dan Botak

Perawatan rambut pria

Kata ‘perawatan’ sepertinya identik dengan perempuan. Padahal merawat diri bukan soal gender. Semua orang harus merawat diri agar sehat. segar dan terlihat hidup. Salah satu yang mesti dirawat adalah rambut. Sebagai mahkota, rambut adalah salah satu aspek penting yang menunjang penampilan seseorang. Dengan alasan tersebut melakukan perawatan rambut sangat wajib dilakukan.

Advertisement

Nggak hanya perempuan, hari ini kaum laki-laki juga harus melakukan perawatan. Pasalnya masalah-masalah rambut seperti rontok, kering dan rusak juga menyerang pada rambut pria. Sedikit berbeda dengan perawatan perempuan, perawatarn rambut pria sedikit berbeda. Nah demi merawat penampilan, berikut ini adalah cara perawatan rambut pria alami yang bisa ampuh mengatasi beragam masalah. Daripada berlama-lama, yuk langsung aja simak selengkapnya di bawah ini!

1. Mengatur waktu keramas dengan sampo secara konsisten adalah hal dasar dari perawatan rambut cowok. Keramas dengan sampo yang terlalu berlebihan bisa menyebabkan kulit kepala kering dan gatal

Jangan menggunakan sampo berlebihan | Credit: belchonock via id.depositphotos.com

Hal pertama yang harus dilakukan untuk perawatan rambut pria terbaik adalah dengan tidak menggunakan sampo secara berlebihan. Singkatnya atur waktu keramas yang pasti dan konsisten. Penting untuk dicatat bahwa kebiasaan berkeramas setiap hari menggunakan sampo adalah hal keliru. Apalagi masih banyak para pria yang mencuci rambutnya dengan sampo dua kali sehari karena merasa gerah dan nggak nyaman jika tidak berkeramas.

Kenapa kita dianjurkan untuk tidak berkeramas setiap hari? Jika kita berkeramas terlalu sering, kulit kepala kita akan terlalu kering dan rambut akan kehilagnan kelembapan alaminya. Alih-alih sehat, kamu akan merasakan gatal jika terlalu sering berkeramas. Kandungan kimia dalam sampo membunuh minyak alami dari rambut dan mengurangi kesuburan pertumbuhan rambut. Sebenarnya nggak menggunakan sampo setiap hari merupakan cara merawat rambut pria agar lebat dan perawatan rambut pria agar cepat panjang sehingga cocok diterapkan sebagai perawatan rambut pria kering dan perawatan rambut pria gondrong. Oiya jika kamu punya rambut kering, maka gunakan lah shampo untuk rambut kering pria yang khusus

Advertisement

2. Kebiasaan mengeringkan rambut yang “cowok banget” alias dihanduki dengan menggosok keras-keras, harus dihindari. Lebih baik mengangin-anginkan rambut sambil ditepuk-tepuk dengan halus

Jangan kasar-kasar kalau lagi mengeringkan rambut | Credit: DmitryPoch via id.depositphotos.com

Selanjutnya ada kebiasaan cowok yang sangat sulit dihilangkan setelah berkeramas. Nggak seperti cewek yang lebih telaten mengurus rambut, cowok biasanya cukup asal saat mengeringkan rambut. Bahkan beberapa orang sering bepergian keluar dengan kondisi rambut yang masih basah sehingga rambut jadi lebih mudah kusut. Nah untuk menghindari rambut rusak dan kusut, keringkan rambut dengan cara yang lembut dengan cara menepuk-nepuk kepala dan dianginkan.

Jangan pernah mengeringkan rambut sehabis keramas dengan cara menggosok-gosok rambut meski memang terasa cepat kering. Menggosok-gosok rambut dengan handuk yang masih basah secara kasar menggunakan handuk bisa merusak lapisan terluar dari rambut. Selain menghindari gosokan handuk, hindari juga menggunakan pengering jika kamu sedang merawat rambut cowok kering.  Suhu yang panas akan membuat kulit kepala jadi kering yang menyebabkan gatal dan kerontokan.

3. Selain menggunakan sampo, gunakan juga conditioner untuk menambah volume ketebalan rambut sekaligus pelembab untuk menyeimbangkan efek kering dari sampo yang digunakan

Advertisement

Tak cukup hanya sampo, baik cowok atau cewek ya butuh conditioner | Photo by Mathilde Langevin via unsplash.com

Selain menggunakan sampo, sebagai cowok kita juga perlu loh menggunakan conditioner rambut pria. Penggunaan produk perawatan rambut pria seperti conditioner sangat diperkukan apalagi jika kamu sedang merawat rambut pria gondrong atau perawatan rambut pria panjang. Berbeda dengan cewek, para pria harus memilih conditioner yang mengandung protein dan mineral. Jangan ngasal!

Menurut banyak ahli, tekstur rambut pria biasanya lebih pendek dan lebih mudah menipis. Maka dari itu conditioner sangat penting untuk mengembalikan volume rambut pria sekaligus sebagai pelembab untuk menyeimbangkan efek sampo yang mengeringkan rambut. Cara menggunakan kondisioner juga harus diperhatikan. Setelah memakainya, kamu jangan langsung membilas, akan lebih baik menunggu conditioner terserap kulit kelapa dan menguatkan folikel rambut.

4. Jangan karena perawatan kita menggunakan produk rambut secara berlebihan. Penggunaan berlebihan justru bisa membuat rambut lebih berat dan menganggu kenyamanan. Selain itu tampilan rambut jadi terlihat nggak alami

Segala sesuatu yang berlebihan tuh pasti nggak bagus | Photo by delfina pan via unsplash.com

Bagi cowok, kesadaran untuk merawat rambut adalah sebuah prestasi tersendiri. Kendati begitu kita jangan terlalu berlebihan saat melakukan perawatan. Bukannya menjadi sehat, penggunaan produk untuk rambut yang berlebihan justru bisa merusak rambut lo. Sebenarnya kamu hanya perlu vitamin rambut pria dan rekomendasi produk perawatan rambut pria yang sesuai dengan kebutuhan. Contohnya jika kamu sedang pelakukan perawatan rambut pria ikal, maka pilih produk yang memang sesuai.

Menggunakan terlalu banyak produk seperti gel, semprotan rambut, pewarna, pomade dan lain-lain justru membuat tampilan luar rambut jadi nggak alami. Rambut juga akan lebih berat dan justru menganggu kenyamananmu sendiri. Jika ingin kamu bisa menggunakan vitamin sesekali, masker rambut dua minggu sekali dan jika menggunakan pomade, pakai produk yang water based karena diketahui lebih aman untuk rambut.

5. Selain menggunakan produk-produk perawatan rambut, kamu juga harus mengkonsumsi makanan alami yang memiliki kandungan zat besi, vitamin C, vitamin E dan protein

Konsumsi berbagai vitamin yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut | Photo by Ketut Subiyanto via www.pexels.com

Selain menggunakan bermacam-macam produk perawatan, nutrisi untuk rambut yang berasal dari makanan sehat dan alami juga diperlukan lo. Kamu bisa mengkonsumsi beragam makanan sesuai dengan kebutuhan. Ada makanan untuk rambut menebalkan rambut dan ada juga makanan untuk rambut rontok. Beberapa zat yang berfungsi baik untuk rambut antara lain protein, vitamin C, vitamin E dan zat besi.

Protein bisa mencegah rambut kusut dan rontok dan juga member kekuatan pada akar rambut. Kamu bisa mengkonsumsi putih telur, susu, keju, ikan salmon dan kacang kedelai. Sementara untuk menghindari rambut bercabang vitamin C dari jeruk, nanas, stroberi, bayam dan mangga sangat baik dikonsumsi. Selain itu folikel rambut yang membutuhkan oksigen untuk rambut sangat membutuhkan zat besi. Jika nggak ada zat besi, maka rambut nggak akan mendapat gizi maksimal. Zat ini bisa kamu temukan saat memakan sayuran hijau atau daging sapi tampa lemak. Lain lagi jika kamu butuh asupan untuk menebalkan rambut dan memacu produksi minyak alami di permukaan kulit kepala. Vitamin E akan berguna dan bisa kamu temukan di biji-bijian.

6. Terakhir adalah masalah yang kerap menyerang laki-laki yakni kebotakan. Cara untuk mencegah botak adalah dengan memperkuat folikel rambut dengan pijatan kulit kepala dan menggunakan minyak perangsang untuk menumbuhkan rambut

Meskipun rambutmu sekarang lebat, perhatikan tuh garis-garis rambut yang mulai menipis | Photo by SHTTEFAN via unsplash.com

Salah satu masalah yang paling sering dihadapi oleh cowok adalah kebotakan di usia muda. Ada banyak faktor yang menyebabkan kebotakan pada seseorang, dari mulai pola hidup nggak sehat sampai  stress. Meski terlihat sepele, penyesuaian sisir terhadap jenis rambut sangat berpengaruh dalam ketebalan rambut. Tata rambut dengan sisir yang tepat sampai rambut tampak memiliki volume.

Selain itu kebotakan juga dapat dicegah dengan sampo khusus yang mengandung vitamin dan asam amino yang menyehatkan kulit kepala sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut dari waktu ke waktu. Jadi sebelum memilih sampo, kamu harus teliti dan melihat kandungan yang ada di dalamnya. Selain menggunakan sampo khusus kamu juga bisa memberikan minyak perangsang alami seperti minyak kelapa, minyak jojoban dan minyak zaitun sambil memijat-mijat dengan lembut. Nggak hanya menenangkan kepala, memijat kepala juga berguna mengatasi kebotakan.

Terakhir jika bisa kamu harus mengindari beberapa obat tertentu yang bisa memicu kerontokan rambut. Beberapa obat tersebut antara lain antikogagulan alias obat pengencer darah, obat antdepresan, obat hipertensi, obat asam urat, obat jerawat dan obat jantung. Jika memungkinkan kamu bisa meminta pengganti obat kepada dokter.

Nah itu dia beberapa cara perawatan rambut cowok yang baik dan benar. Semua tips di atas bisa digunakan untuk segala jenis rambut. Dari mulai perawatan rambut cowok gondrong sampai perawatan rambut ikal, bergelombang dan pendek. Hal terpenting dari perawatan adalah tetap hidup sehat, mengatur jam tidur dan menghindari stress.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE