Setelah lebaran, perutmu biasanya akan semakin besar saja karena terlalu banyak makan makanan yang berlemak. Bagaimana tidak, kemanapun kamu pergi suguhan yang datang tidak pernah jauh-jauh dari opor ayam, lontong, dan olahan daging lainnya seperti empal dan rendang. Akibatnya berat badanmu melaju kencang dan tidak terkontrol.

Demi bisa berkumpul dan bersenang-senang dengan keluarga mungkin tidak ada salahnya, tapi kini sudah saatnya kamu kembali ke realita. Yuk balikin lagi perut ratamu yang seksi dengan gerakan-gerakan sederhana ini!

1. Coba latih keseimbangan dan kekuatan tubuhmu sekaligus dalam satu gerakan

mau kayak gini? via abs-fast.com

Posisi badan menghadap ke samping dengan posisi tubuh agak terangkat serta posisi tangan dan kaki kiri di bagian bawah. Lalu angkat tangan dan kaki kanan selama beberapa detik. Lakukan bergantian dan berulang-ulang.

2. Berolahraga tak harus pergi kemana-mana, duduk di rumah saja pun bisa

gerakan duduk via dailymotion.com

Advertisement

Duduklah di kursi dengan posisi miring 45 derajat. Posisi kedua tangan lurus berada di samping badan. Kemudian angkatlah salah satu kaki dan cobalah menjaga keseimbangan. Tahan selama beberapa detik lalu ganti dengan kaki satunya.

3. Demi perut yang rata, menggerakan kaki seperti ini harus sudah jadi biasa

satu..dua..satu..dua.. via flatstomach.co.za

Letakkan kedua tanganmu di tengkuk kemudian angkat kedua kakimu. Kaki kanan diangkat lurus dan kaki kiri sedikit ditekuk, lalu lakukan bergantian dengan kaki yang lainnya.

4. Nggak cuma rata, gerakan ini juga bisa bikin perutmu kencang mempesona

nyampe nggak tangannya? via howtoloseweightfast.de

Angkat kaki kiri  dengan kemiringan 45 derajat dan kaki kanan ditekuk. Lalu sentuhkan tangan kanan ke ujung kaki kiri. Dan gunakan tangan kiri untuk menahan kaki yang sedang diangkat. Ganti dengan kaki dan tangan yang satunya.

5. Malas melakukan gerakan-gerakan yang sulit? cobalah berlari ringan saja

lariii… via lifestyle4boomers.com

Kalau kamu kesulitan melakukan gerakan-gerakan yang mirip yoga dan merasa tidak akan berhasil melakukannya dengan sempurna cobalah rutin berlari. Olahraga mudah ini sudah dipastikan besar manfaatnya bagi tubuh, lho.

6. Push-up emang nggak pernah gagal sih buat meratakan perut buncit dan mengencangkannya

push-up via listcrux.com

Lakukan gerakan ini secara rutin setiap hari, banyaknya bisa kamu atur sendiri. Kamu yang cewek-cewek juga boleh lho, kan ada tuh push-up yang khusus buat cewek. Selamat mencoba ya!

7. Latih juga ketahanan ototmu, biar perut rata idamanmu bisa terwujud dengan sempurna

angkat kakinya via popsugar.com

Gerakan ini mungkin terlihat sulit, tapi tidak ada kata tidak bisa kalau belum mencoba dan berlatih terus-menerus. Gunakan tanganmu untuk menahan tubuhmu dan dua kaki yang terangkat. Merasa tertantang?

8. Pernah belajar melakukan gerakan sikap lilin pas di sekolah? Yuk coba lagi sekarang!

Diangkat mas-mas kakinya via amillionlives.net

Lebarkan tanganmu saat menyentuh lantai lalu angkat kakimu lurus ke atas. Untuk pertama kalinya, cobalah minta bantuan orang lain untuk memegangi kakimu terlebih dulu.

9. Ini nih yang paling populer, getaran pembakaran lemak langsung terasa begitu kamu melakukannya

Perut rata oh perut rata via verywell.com

Tekuk kakimu dengan telapak kaki rapat dan lurus ke depan. Lalu turunkan badanmu sambil meluruskan tangan ke depan. Terus turunkan badanmu hingga perutmu terasa bergetar. Lemak-lemakmu sedang dibakar dan sebentar lagi perut rata akan kamu dapatkan.

10. Masih ingin mencoba berbagai macam gerakan lainnya? Pilih gerakan favoritmu disini

Gerakan yang harus dilakukan via mensfitness.com

Pilih gerakan yang mana? via tayjooann.com

satu…dua…tiga… via youtube.com

Pilih salah satu atau beberapa gerakan favorit yang memang bisa kamu lakukan dengan sempurna. Lakukan rutin setiap harinya agar perut rata yang kamu inginkan benar-benar bisa kamu dapatkan.

11. Kalau masih malas berolahraga, coba ajak dia untuk melakukannya bersama, mungkin kamu bisa jadi semangat lagi

Semangat mas via verywell.com

Namanya juga olahraga bareng dia yang tersayang, malu dong kalau kelihatan cuma main-main. Daripada cuma buang-buang uang makan sana-sini mending pacarannya olahraga bareng aja.

Gimana, guys? Mau coba yang mana dulu nih?