Desain Rak Piring dan Cara Memilihnya Agar Bisa Dipakai Tahunan. Bahan Stainless Bukan Jaminan

Rak piring

Dari sekian banyak furnitur yang ada di dapur, salah satu perkakas wajib yang mesti ada ialah rak piring. Fungsinya memang terkesan sepele, tapi bukan berarti barang ini nggak penting. Selain membuat dapur kelihatan lebih ringkas karena piring maupun peralatan makan lain tertata rapi, penggunaan rak piring juga bisa menambah estetika dapur. Apalagi jika kamu menempatkan rak piring yang desain maupun materialnya sesuai dengan tema dapurnya.

Advertisement

Dari sekian banyak model rak piring sederhana yang ada di pasaran, ternyata tak semua bisa digunakan untuk dapurmu. Terlebih jika ditempatkan di dapur kotor alias bagian dapur yang digunakan untuk memasak. Sebelum membeli, baiknya pertimbangkan fungsi serta penempatan rak piring. Apakah nanti hanya dipakai untuk meniriskan piring basah dan ditaruh dekat wastafel atau memang digunakan menyimpan dalam jangka waktu lama di tempat kering.

Berikut tips menentukan dan memilih rak piring yang paling ideal untuk dapurmu. Meski cuma rak piring kecil, tapi furnitur ini lumayan berpengaruh pada aktivitas masakmu lo!

Tak cuma material saja, ada beberapa hal lain yang perlu diperhitungkan saat membeli rak piring. Jangan buru-buru memutuskan daripada nanti menyesal dan rak piring yang dibeli malah nggak sesuai harapan

Saking banyaknya model dan material rak piring, beberapa orang justru bingung untuk memilih yang mana. Berikut beberapa aspek yang bisa dijadikan pedoman dalam menentukan rak piring ideal.

1. LetakĀ  atau area di mana rak piring mau ditempatkan

tempat rak piring via www.cardinalkb.com

Hal ini sangat berpengaruh pada material rak piring yang akan dipakai. Terlebih jika rak piring akan ditempatkan di sudut dapur yang cukup lembap dan dekat dengan air. Pilihlah rak piring plastik jika kamu berencana menempatkannya dekat area wastafel. Selain gampang kering, rak piring ini juga nggak akan mudah keropos ataupun berkarat.

Advertisement

Sedang, jika kamu ingin meletakkan rak piring di area dapur yang cukup kering, material stainless maupun kayu bisa dijadikan pilihan. Selama perawatannya benar, rak piring kayu nggak akan mudah berjamur apalagi keropos. Makanya, mesti sering-sering dibersihkan dan jangan tempatkan piring basah langsung di atas rak supaya lebih awet.

2. Ukuran rak piring yang paling sesuai dengan dapur

ukuran rak via www.groupon.co.uk

Pertimbangkan tinggi rendah maupun luas dan panjang dari rak piring. Semakin kecil dapur yang kamu punya, lebar maupun panjang rak piring yang dipilih mestinya juga lebih kecil. Nah, untuk mengakali perkakas yang banyak, maka pilihlah rak piring yang agak tinggi. Jangan paksakan membeli rak piring yang terlalu besar karena justru mempersulit ruang gerakmu saat memasak nanti. Tapi jangan pula memilih rak piring yang terlalu kecil, terlebih jika kamu mau menempatkan peralatan makan lain seperti gelas maupun sendok di satu rak ini.

3. Pilih rak piring gantung untuk ditempatkan di dapur kecilmuĀ 

rak piring gantung via www.wayfair.com

Karena tak memakan area bawah dapur, penggunaan rak piring gantung justru bisa membuatmu lebih leluasa saat memasak. Namun, baiknya gunakan rak piring gantung dengan model sekat supaya perkakas yang akan ditaruh jauh lebih aman dan nggak rawan jatuh. Selain rak piring gantung, kamu juga dapat menggunakan rak piring bertingkat selama masih ada sedikit area yang bisa dimanfaatkan untuk menaruhnya.

4. Pada dapur modern dan minimalis, rak piring kaca justru lebih diunggulkanĀ 

rak piring kaca via id.pinterest.com

Model rak piring kaca memang tampak lebih elegan dan minimalis dibanding yang lain. Apalagi material ini cukup mudah dibersihkan. Karena model kacanya terbuka atau transparan, kamu juga bisa sekaligus memajang koleksi piring cantik sehingga bisa membuat dapur kelihatan lebih menarik. Namun, dibanding material lain, rak piring kaca lebih rentan pecah. Terlebih jika kamu menaruhnya di lantai dan dekat area masak.

Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan rak piring besi yang jauh lebih aman untuk ditempatkan di dapur minimalismu. Namun pastikan material besi yang dipilih bebas karat karena dapur biasanya lembap dan dekat dengan air.

5. Pemilihan warna rak piring juga mesti diperhitungkan

warna rak via www.remodelista.com

Dibanding warna-warna cerah, baiknya pilih rak piring berwarna netral saja, seperti putih, abu-abu, dan juga hitam. Selain lebih mudah dipadukan dengan dekorasi dapur lain, rak piring berwarna netral juga lebih aman jika sewaktu-waktu ingin menggunakannya untuk memajang koleksi perkakasmu. Tapi, yang paling penting daripada lainnya ialah memilih rak piring yang berkualitas dan kokoh sebab furnitur ini nantinya dipakai untuk menaruh barang pecah belah.

Berikut beberapa model rak piring yang bisa dijadikan referensi untuk mengisi dapur. Lihat-lihat dulu saja, barangkali ada yang sesuai dan pas desainnya dengan kebutuhan dapurmu

1. Model rak piring stainlessĀ dengan penampung air seperti ini cocok ditempatkan di sekitar wastafel. Selain karena ukurannya yang kecil, rak piring ini juga dapat membuat dapur terbebas dari genangan air yang bikin lembap dan bau

rak piring dengan penampung air via www.housetuff.net

2. Nggak cuma hemat tempat, rak piring wastafel juga lebih praktis karena bisa dimanfaatkan untuk meniriskan air bekas cucian langsung. Nah, karena langsung kena air, maka pilihlah material rak piring yang anti karatĀ 

rak piring wastafel via homyhomee.com

3. Rak piring dinding dengan material kayu seperti ini akan kelihatan cantik jika ditempatkan pada dapur bertema vintage maupun rustic. Selain membuat dapur kelihatan jadul, penataan serta desain yang menarik juga dapat menambah daya tarik area dapurmuĀ 

rak piring kayu via id.pinterest.com

4. Rak piring kayu seperti ini bisa ditempatkan di meja dapur atau juga ruang makan yang minimalis. Sayangnya, karena tak begitu besar, rak piring ini hanya dapat digunakan untuk menaruh beberapa perkakas sajaĀ 

rak piring minimalis via insinyurbangunan.com

5. Jika kamu berniat mencari rak berukuran besar, maka pilihlah rak piring minimalis tertutup yang digabung dengan kitchen setĀ seperti ini. Sudah pasti muat banyak~

rak piring minimalis via rumahpedia.info

Kalau sudah dapat model yang diinginkan, tengok beberapa rekomendasi model rak piring dan harganya berikut ini

1. Rak piring master

rak piring master via www.bukalapak.com

Meski terkesan jadul dan harganya pun terbilang murah, namun keawetan rak piring ini tak perlu dipertanyakan lagi. Selama nggak ditaruh dekat wastafel, rak piring Master bisa awet sampai 5 tahunan lo! Produknya bisa dibeli di sini.

2. Rovega Pladys Perspectiv

rak Rovega via bp-guide.id

Sebagai rak piring yang ukurannya tak begitu besar, produk ini lumayan lengkap tempat penataannya. Tak cuma untuk menaruh piring saja, tapi juga ada wadah yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan sendok dan juga gelas. Jika kamu mencari rak untuk ditempatkan di meja, produk seharga 350 ribu ini merupakan pilihan yang depat. Kamu dapat membeli rak piring ini di sini.

3. KrisChef Dish Rack

rak KrisChef via shopee.co.id

Rak sederhana dari KrisChef ini terbuat dari aluminium dan plastik berkualitas yang tahan karat dan kokoh. Selain sekat piring, di rak bagian bawahnya dapat digunakan untuk menaruh mangkuk maupun gelas kecil. Bahkan, di bagian samping rak piring ini juga disediakan tempat khusus yang bisa dipakai untuk menyimpan sendok, garpu, sumpit, dan alat makan lain. Produk ini bisa di beli di sini dengan harga 200 ribu.

Selain model di atas, ada juga rak piring aluminium mini yang sampai sekarang masih banyak digunakan para ibu rumah tangga. Meski terkesan kuno, namun harganya yang relatif lebih murah cukup menarik minat untuk memilikinya. Selama dirawat dan sering dibersihkan, rak piring aluminium juga bisa awet kok~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE